Bagaimanakan kisah Siti Hajar istri Nabi Ibrahim As ?

Bagaimanakan kisah Siti Hajar istri Nabi Ibrahim As ?

Hajar seorang budak perempuan Mesir yang setelah melalui beberapa peristiwa dihadiahkan kepada Sarah. Hajar adalah pelayan Sarah. Kira-kira berdasarkan seluruh laporan sejarah, budak perempuan ini awalnya adalah penduduk Mesir.

Dengan berlalunya beberapa tahun, Sarah tidak melahirkan seorang anak pun untuk Nabi Ibrahim oleh itu ia menghadiahkan Hajar kepada Nabi Ibrahim supaya ia memiliki anak darinya dan keturunannya tidak terputus.

Setelah beberapa lama, Hajar melahirkan Nabi Ismail As. Kemudian setelah itu Sarah mencemburui mantan pelayannya itu dan pada akhirnya meminta Ibrahim untuk membawa Hajar ke tempat lain. Allah Swt juga memerintahkan kepada Nabi Ibrahim untuk membawanya ke Mekkah dan meninggalkannya di sebuah padang yang tandus dan kering, tanpa ilalang dan air. Nabi Ibrahim As melaksanakan perintah Allah Swt ini dengan kuatir, namun bukan hanya Hajar dan Ismail berhasil selamat dari kematian berkat mukjizat, bahkan kehadiran mereka di tanah suci itu menjadi cikal-bakal pembangunan kembali rumah Allah Swt di tempat itu.

Sebagian literatur mengutip sebuah kisah yang menyebutkan bahwa Nabi Ibrahim As tatkala masuk ke negeri Mesir, istrinya Sarah diperkenalkan sebagai saudara Nabi Ibrahim dan raja Mesir yang memiliki niat buruk terhadap Sarah mendapatkan hukuman Allah dan kemudian diampuni. Raja itu, setelah melihat tanda-tanda kekuasaan Allah Swt, tidak lagi mengusik Sarah dan di samping menyerahkan hadiah-hadiah, ia juga menghadiahkan seorang budak perempuan (kaniz) kepada Sarah. Nama budak perempuan itu adalah Hajar.