Bagaimanakah sinopsis Liar Liar?

Sutradara Tom Shadyac
Penulis Skenario Paul Guay, Stephen Mazur
Bintang Film Jim Carrey, Maura Tierney, Justin Cooper
Genre Comedy, Fantasy

Film liar liar mengisahkan tentang seorang pemuda cerdas bernama fletcher reede (jim carrey). Namun sayangnya, fletcher sering kali menggunakan kecerdasan yang ia miliki demi kepentingannya sendiri. Terutama kecerdasannya dalam bersilat lidah bahkan berbohong. Hampir seluruh hidup dari fletcher digunakan untuk berbohong demi kepentingan karirnya. Yaitu karir fletcher sebagai seorang pengacara yang dikenal luas oleh publik.

Keterkenalan tersebut karena fletcher selalu berhasil menyelesaikan pekerjaan yang ia miliki dengan sukses gemilang. Sehingga tidak heran apabila banyak orang yang menggunakan jasa dari fletcher reede untuk menjadi pengacara mereka. Hal tersebut dimanfaatkan oleh fletcher reede untuk menaikan komisi sekaligus pamornya sebagai pengacara yang handal.

Namun ternyata kesuksesan karir yang dimiliki oleh fletcher reede tidak dibarengi dengan kesuksesan dengan keluarganya. Karena ternyata rumah tangga yang dibangun oleh fletcher reede sudah lama menjadi berantakan. Hal tersebut tidak lepas karena sifat kebohongan yang dimiliki oleh fletcher. Sehingga ia dikenal sebagai pribadi yang tidak pernah bisa menepati janjinya dan tidak bisa menjadi kepala keluarga.

Semua keburukan tersebut membuat istri dari fletcher reede memutuskan untuk berpisah dengannya. Tidak hanya itu saja, istrinya juga mendapatkan hak asuh dari anak mereka. Hal tersebut dikarenakan sifat tidak bisa dipercayai yang dimiliki oleh fletcher reede. Putranya sendiri yaitu max memang menyesali sifat pembohong yang dimiliki oleh ayahnya tersebut. Namun max tetap berharap bahwa suatu saat nanti sifat ayahnya bisa berubah lebih baik.

Hingga pada ulang tahunnya, max berdoa kepada tuhan bahwa dia hanya ingin satu kado. Kado tersebut adalah bahwa dia ingin melihat ayahnya tidak berbohong selama satu hari penuh. Tak pernah ada yang menyangka, bahwa doa dari max benar-benar menjadi kenyataan. Fletcher kehilangan semua kemampuannya dalam bersilat lidah terutama dalam berbohong. Padahal pada hari tersebut, fletcher akan mengurus sebuah kasus besar.

Kasus tersebut adalah permintaan harta gono-gini dari seorang perempuan kepada mantan suaminya. Dimana untuk bisa mewujudkan hal tersebut maka fletcher harus berbohong dan menggunakan keahliannya dalam bersilat lidah. Namun hari tersebut, fletcher tidak bisa berbohong dan hanya bisa mengatakan kejujuran. Hal tersebut tentu saja membuat karirnya menjadi berantakan namun disisi lain kejujuran tersebut membuat fletcher mendapatkan kembali cinta dari orang-orang terdekatnya.