Bagaimanakah sinopsis film Das Boot?

image
Sutradara
Wolfgang Petersen
Penulis Skenario
Wolfgang Petersen, Lothar G. Buchheim
Bintang Film
Jürgen Prochnow, Herbert Grönemeyer, Klaus Wennemann, Hubertus Bengsch
Genre
Adventure, Drama, Thriller

Sinopsis film das boot bercerita tentang kehidupan para tentara yang menjalankan tugas khusus di u-boat ketika perang dunia ii berkecamuk di atlantik. Sebelum keberangkatan, seluruh awak u-boat berpesta ria dan melakukan semua kesenangan sepuasnya sebelum akhirnya mereka pergi berpatroli kelautan lepas. Hal ini mereka lakukan seakan-akan mereka tak akan pernah kembali lagi. Di u-boat, para kru menerima seorang korespondent perang yang begitu berambisi meskipun tak memiliki pengalaman yang cukup di medan perang. Yang ia punyai adalah tekat dan juga semangat yang tinggi. Nama koresponden perang tersebut adalah leutnant werner (herbert gronemeyer). Tujuan awal werner untuk ikut di kapal ini adalah untuk mendapatkan materi artikelnya serta mendapatkan pengalaman perang yang sesungguhnya.

Di dalam kapal u-boat tersebut werner mulai akrab dengan para kru, termasuk sang kapten yang dijuluki ‘orang tua kapal’. Meski usianya masih muda namun ia orang yang kompeten dan bias diandalkan. Kru lain lagi yang dikenal werner adalah kepala insinyur (klaus wenneman) yang bertanggung jawab penuh pada fungsi dan kinerja kapal, joanna (erwin leder) seorang mekanik yang begitu jenius. Awalnya, hari-hari werner di kapal u-boat bersama kru berjalan dengan menyenangkan. Kegiatan yang mereka lakukan hanyalah mengintai kalau-kalau ada kapal yang nyelonong yang mereka lihat dari periskop. hari-hari itu mereka isi dengan gurauan dan candaan tanpa tahu bahaya apa yang akan terjadi esok hari. Namun semua tak berlangsung lama, karena psikis mereka mulai tak stabil karena berada diruangan yang pengap dan tertutup. Namun mereka harus bias bertahan di sana demi tugas yang dijalankan.

Mereka mengalami gangguan yang disebut klaustrofobia, dimana timbul rasa takut berlebihan di ruang sempit. Mereka tak bias tidur dengan layak dimana mereka harus bergantian dalam shift untuk bias tidur. Dan lagi, di sana tak ada cukup toilet untuk semua orang. Hidup berdesakan dalam kapal u-boat membuat trauma tersendiri bagi mereka. Bukan itu saja, persediaan makanan mereka juga makin menipis. Sedikit jumlah makanan yang masih layak makan, karena banyak yang sudah ditumbuhi jamur dan berbau.

Masalah lain dating menghinggapi kapal u-boat, ada serangan dari kapal musuh yang mendekat. Serangan bom dating tiba-tiba. Riuh rusuh terjadi di dalam kapal yang sempit itu. Kapal mengalami kerusakan dan terjadi kebocoran dihampir setiap bagian kapal. Ketegangan yang terjadi di u-boat sangat mencekam hingga werner tak akan bias melupakannya.