Bagaimanakah sinopsis film Birthday Girl


Sutradara
Jez Butterworth
Penulis Skenario
Jez Butterworth, Tom Butterworth
Bintang Film
Nicole Kidman, Ben Chaplin, Vincent Cassel, Mathieu Kassovitz
Genre
Comedy, Crime, Thriller

Sinopsis film birthday girl bercerita tentang kebersamaan yang dialami oleh dua orang yang asing satu dengan lainnya. Karena sesuatu hal menjadikan mereka harus bersatu demi penyelamatan pada hidup mereka sendiri. Dua orang yang terpaksa bersatu itu adalah seorang pria bernama john (ben chaplin) dan seorang wanita bernama nadia (nicole kidman).

John adalah seorang pria yang kaya raya yang telah bekerja selama 10 tahun sebagai pegawai sebuah bank. Kini ia pun telah menjadi orang kepercayaan karena pengabdian yang telah ia lakukan selama 10 tahun. Kesendiriannya yang sudah lama dialaminya membuatnya merasa kurang percaya diri dengan kehidupannya. Meskipun ia orang kaya, tapi ia sulit dalam mendapatkan teman hidup maupun menemukan pasangan hidupnya karena sifatnya yang pendiam.

Kemudian dengan keberaniannya yang tiba – tiba datang begitu saja, ia pun memesan seorang wanita yang berasal dari rusia untuk diajaknya berkencan dan menjadikannya sebagai pasangan hidupnya. Ketika hari pertemuan tiba, ia pun menjemput wanita yang dipesannya tersebut di bandara london. Setelah bertemu dengan wanita rusia yang dipesannya itu ia pun sulit dalam melakukan komunikasi dikarenakan wanita tersebut tidak bisa berbicara dengan menggunakan bahasa inggris. Tapi disisi lain john pun tidak tega memulangkan wanita tersebut ke negara asalnya. John pun tetap membiarkan wanita tersebut tinggal bersamanya.

Keanehan pun mulai dirasakan oleh john ketika wanita yang bernama nadia tersebut merayakan ulang tahunnya. Ketika acara tersebut berlangsung, tiba – tiba dua pria dari rusia datang. Pria yang satu nya tampak berandalan, sedangkan yang satunya lagi adalah sebagai penerjemahnya. Ternyata tanpa diduga dua pria tersebut langsung menyandera nadia dan memaksa john untuk memberi mereka uang tebusan. Mereka menyuruh john untuk mengambil uang tebusannya dari bank tempat ia bekerja. John pun melakukan perintah mereka dalam keadaan yang terpaksa. Akibat kejahatan yang dilakukan oleh john tersebut ia pun menjadi buronan polisi.

Nadia yang disandera itu ternyata bekerjasama dengan dua pria dari rusia itu untuk menipu john. John pun merasa hidupnya semakin hancur. Konflik pun terjadi ketika nadia dan john terpaksa untuk tetap bersatu demi menyelamatkan kehidupan keduanya. Awalnya john merasa sangat kecewa karena telah ditipu oleh nadia. Namun, seiring berjalannya waktu benih – benih cinta pun muncul di hati keduanya.

Film birthday girl disutradarai oleh jez butterworth dan naskahnya ditulis oleh tom butterworth dan jez butterworth. Birthday girl adalah sebuah film bergenre komedi yang dirilis pada tahun 2001.