Bagaimanakah Sifat dari Logam Nikel dan Aplikasinya?

Bagaimanakah Sifat dari Logam Nikel dan Aplikasinya?
image
Nikel adalah unsur dengan dengan nomor atom 28 serta memiliki lambang Ni. Nikel merupakan unsur yang termasuk dalam logam transisi, berbentuk padat (solid) saat temperatur kamar. Nikel memiliki ketahanan korosi pada atmosfer yang tinggi. Nikel juga tahan pada sebagian besar asam. Bahkan nikel tahan terhadap serangan asam yang mengoksidasi nikel seperti asam nitrit. Ore nikel merupakan nikel sulfida dan oksida nikel. Nikel digunakan dalam beberapa pembuatan paduan yang popular. Nikel digunakan dalam stainless steel, alloy steel, dan logam non- ferrous.

Nikel dikomersilkan dengan berbagai bentuk, yaitu ferronikel dan nikel 99%. Nikel juga digunakan pada material elektronik, material aerospace, chemical processing equipment, dan food processing equipment. Nikel pada material elektronik digunakan sebagai anoda, katoda dan current collector. Nikel juga merupakan material umum yang digunakan sebagai coating materials. Biasanya diaplikasikan pada material logam lainnya dan sebagian plastic. Pada pengaplikasiannya, digunakan dengan cara electroplating .Nikel adalah unsur penstabil yang kuat. Paduan nikel dan kromium digunakan dalam paduan stainless steel tipe 300. Stainless steel ini merupakan stainless steel austenitik yang nonmagnetik. Nikel pada paduan ini berperan sebaga penahan korosi namun fungsi utamanya adalah pembentuk dan penstabil austenit.

Sumber :
Brady, G. S. 2002. Materials Handbook. New York: McGraww-Hil.
Schwartz, M. 2002. Encyclopedia of Materials Parts and Finishes. Florida: CRC Press.

Kegunaan nikel

  1. Penutup barang barang yang dibuat dari besi atau baja: alat-alat laboratorium Fisika dan kimia yang digunakan dalam bentuk paduan atau campuran untuk pembuatan instalasi proses penghilangan garam untuk mengubah air laut menjadi air segar,

  2. Membuat uang koin

  3. Nikel yang sangat halus di gunakan sebagai katalis untuk menghidrogenasi minyak sayur (menjadikan padat) , Electroplating (lapisan listrik), sebagai bahan tahan asam dan campuran magnetik serta pita magnetik:

  4. untuk pembedahan dan protesa pasta gigi dan untuk pigmen cat

Sumber: Titiek Berniyanti. 2018, Biomarker Toksisitas: Paparan Logam Tingkat Molekuler, Surabaya: Airlangga