Bagaimanakah sejarah dari resleting?

Penggunaan resleting telah mempermudah kita dalam menggunakan pakaian kita hingga saat ini. Bagaimakah sejarah dari resleting dan penerapannya dalam dunia fashion hingga saat ini?

Ritsleting, zip, fly, atau zip fasterner adalah perangkat yang biasa digunakan untuk mengikat tepi bukaan kain atau bahan fleksibel lainnya, seperti pada pakaian atau tas. Ritsleting digunakan dalam pakaian, koper dan tas lainnya, barang olahraga, perlengkapan berkemah, dan barang-barang lainnya. Resleting memiliki berbagai ukuran, bentuk, dan warna.

Whitcomb L. Judson adalah seorang penemu Amerika dari Chicago yang menemukan dan membuat ritsleting yang kita gunakan saat ini. Metode yang digunakan adalah berdasarkan pada gigi yang saling mengunci. Awalnya, itu disebut “pengikat tanpa kait” dan kemudian didesain ulang untuk menjadi lebih dapat diandalkan.

Pada tahun 1893, Whitcomb Judson menciptakan Universal Fastener Company bersama dukungan dana dari Kolonel Lewis Walker yang menjadi tempat lahirnya ritsleting seperti yg ada kini pada Desember 1913.

Sumber :