Bagaimanakah praktik mengatasi ketahanan pangan berdasarkan manajemen resiko?

Penyebaran perkotaan yang tidak merata dapat mempengaruhi ketahanan pangan. Tanah yang sangat produktif akan mengalami laju konversi tertinggi. Janis pertanian khusus sering dilakukan di pinggiran kota seperti buah buahan, sayuran, unggas, dan telur apabila terjadi kehilangan maka akan berdampak pada kehilangan jenis makanan bergizi. Cina mengalami kehilangan produksi biji-bijian sebesar 30 Jt dari tahun 1998 hingga 2003 yang disebabkan oleh urbanisasi. Bagaimanakah praktik mengatasi ketahanan pangan berdasarkan manajemen resiko?

Diversifikasi mata penaharian juga berkaitan dengan peningkatan kesejahteran dan pendapat serta penurunan tingkat kemiskinan di beberapa negara. Hal ini akan membawa dampak baik pada keamanan pangan yang besar. Namun hal ini masih terbatas perhitungan secara global.

Penggunaan benih local juga dapatmemberikan manfaat yang besar bagi ketahanan pangan karena peningkatan kemampuan petani untuk menghidupkan dan memperkuat sistem pangan local. Wanita khususnya dapat memperoleh manfaat dari bank benih untuk menanam tanaman yang bernilai rendah dan bergizi. Pendekatan manajemen resiko bencana dapat berdampak penting pada pengurangan kerawanan pangan. Sistem peringatan kekeringan dan badai secara dini dapapt membantu petani memanen tanaman sebelum kejadian datang. Hal ini membantu petani dalam membuat keputusan pertanian untuk menghadapi kejadian buruk dan berdampak positif pada ketahanan pangan. Sistem peringatan dini kelaparan pada Sahel Afrika untuk mendeteksi kelaparan memiliki dampak positif untuk memperingatkan pihak berwenang pada kekurangan pangan yang akan datang sehingga pengadaan pangan dan transportasi luar Kawasan dapat dimulai. Manajemen resiko dapat ditujukan untuk mempersiapkan persediaan makanan. Dengan demikian maka kemungkinan besar dapat berdampak baik pada ketahanan pangan.

Reference

Smith, P, Calvin, K, Nkem, J, et al. Which practices co‐deliver food security, climate change mitigation and adaptation, and combat land degradation and desertification? Glob Change Biol . 2020; 26: 1532– 1575.