Bagaimanakah perbandingan cerita Cinderella dan Bawang Merang dan Bawang Putih?

image
Baik Cinderella maupun bawang merah dan bawang putih, kedua cerita memiliki kesamaan sama-sama disiksa oleh ibu tiri.

Kedua cerita tersebut, dapat kita lihat terdapat beberapa kesamaan unsur-unsur penunjuang cerita, diantaranya terjadi kesamaan penokohan, adanya kesamaan beberapa tokoh, kesamaan dalam tema cerita dan kesamaan amanat yang terkandung dalam cerita. Kesamaan yang ada di dalam kedua cerita rakyat bukan dikarenakan kesengajaan dalam pembuatan cerita tersebut, namun kesamaan yang terjadi di dalam kedua cerita tersebut disebabkan oleh adanya persamaan kebudayaan, nilai dan norma yang terkandung di dalam diri masyarakat pada zaman kedua cerita rakyat tersebut sedang berkembang.

Unsur persamaan dalam kedua cerita tersebut di jelaskan dengan tersirat atau tanpa ada penjelasan lebih lengkap dari penulis. Cara ini sering digunakan penulis untuk menyembunyikan unsur-unsur cerita yang ingin digunakan namun telah dipakai oleh penulis lain. Contohnya adalah unsur tokoh. Dalam cerita bawang merah dan bawang putih, tokoh utama yaitu bawang putih diceritakan memiliki watak yang baik, dan selalu menuruti perintah orang tua. Hal itu tidak berbeda jauh dengan watak yang dimiliki oleh cinderella di dalam cerita Cinderella. Tidak hanya itu, kesamaan unsur cerita yang lain juga terdapat di dalam unsur amanat cerita. Cerita yang hampir sama, mengakibatkan adanya kesamaan amanat cerita. Bila kita melihat kembali cerita-cerita rakyat diatas, terlihat adanya kesamaan garis besar cerita. Di dalam cerita bawang putih dan bawang merah, garis besar ceritanya adalah ibu dari bawang putih meninggal lalu ayah bawang putih menikah dengan ibu dari bawang merah kemudian bawang putih disiksa oleh ibu tirinya, akhirnya bawang putih menikah dengan pangeran. Kesamaan alur cerita tersebut hampir sama dengan cerita cinderella.

sumber : https://www.kompasiana.com/bleszkland_arlan_clovis/membandingkan-cerita-rakyat-cinderella-dengan-bawang-merah-dan-bawang-putih_54f3b8de745513a32b6c7da5