Bagaimanakah peran pengalaman dan pemahaman psikologi dalam menunjang Self-Improvement?

unnamed
بسم الله الرحمن الرحيم

Pengertian

Dalam KBBI
peng·a·lam·an n yang pernah dialami (dijalani, dirasai, ditanggung, dan sebagainya): ia suka menceritakan ~ nya semasa revolusi fisik; psi·ko·lo·gi n ilmu yang berkaitan dengan proses mental, baik normal maupun abnormal dan pengaruhnya pada perilaku; ilmu pengetahuan tentang gejala dan kegiatan jiwa;

Pengalaman adalah peristiwa yang dialami dalam hidup seseorang atau diri kita sendiri. Tentunya setiap manusia pasti mempunyai pengalaman psikologis dalam hidupnya. Dan tentunya pengalaman tersebut berbeda-beda. Ada yang bisa dibilang positif, ada pula yang negatif. Kedua hal tersebut pun memiliki impact yang berbeda tergantung dari cara kita menanggapi hal tersebut.

Psikologi adalah disiplin ilmu yang mempelajari lebih dalam mengenai mental, pikiran, dan perilaku manusia. Sedangkan Pengertian Psikologi menurut Wundt yaitu ilmu yang mempelajari tentang pengalaman-pengalaman yang muncul pada manusia. Dalam ilmu psikologi sendiri terdapat pengetahuan tentang bagaimana cara kita lebih mengenal diri sendiri yang nantinya dapat kita gunakan untuk menemukan versi terbaik diri.

“Experience without theory is blind, but theory without experience is mere intellectual play.” -Immanuel Kant

Sejatinya manusia harus memiliki kesadaran diri yang dimulai dari kesadaran pribadi diantara segala kesadaran terhadap segala sesuatu. Kesadaran diri tersebut meliputi kesadaran akan peran pengalaman dan pemahaman psikologis untuk menemukan versi terbaik diri, khususnya kesadaran akan potensi-potensi pribadi yang menjadi dasar bagi Self-Improvement. Self-Improvement adalah upaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas diri agar menjadi orang yang lebih baik. Ini bisa meliputi pengembangan bakat dan potensi dalam mewujudkan impian, meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan, serta meningkatkan kesadaran dan identitas diri.

Berdasarkan paparan diatas, apakah bisa disimpulkan bahwa pengalaman dan pemahaman psikologi itu memiliki peran penting yang tidak dapat dipisahkan dalam menunjang Self-Improvement? Nah, menurut pembaca sendiri bagaimana sih peran pengalaman dan pemahaman psikologis dalam menunjang Self-Improvement diri pembaca?

2 Likes

izin berpendapat, saya setuju jika pengalaman dan pemahaman psikologis menunjang self-improvent, hal ini dikarenakan dengan pengalaman kita dapat mengetahui apa yang kita bisa dan apa yang seharusnya dilakukan untuk mengembangkan diri. Selanjutnya untuk pemahaman psikologis juga mempengaruhi karena dengan faham mengenai psikologis, kita bisa tahu untuk melakukan hal-hal yang kita sukai untuk mengembangkan diri kita tanpa merasa tidak percaya diri artinya kita bisa melakukan segala hal yang kita sukai dengan penuh kepercayaan diri sehingga kita dapat mengembangkan potensi kita, terimakasih.

Mari kita sederhanakan bentar. Dalam 2 konteks pengalaman dan pemahaman psikologi tentu itu merupakan satu bentuk wawasan, jadi dalam self-improvement pastinya bakal jadi modul pengasahan seseorang. Intinya, iya, pengalaman dan pemahaman psikologi berperan menunjang self-improvement.

1 Like

Saya msh dapat sedikit poin dari tulisan ini, secara keseluruhan tulisannya masih membahas pengertian dari masing-masing subjek. Pengalaman memang berperan penting dalam menunjang Self-improvement kajian dalam psikologisnya yg bagaimana saya belom faham. Jika ada yg bisa menjelaskan tolong di komen. Terimakasih :heart: