Bagaimanakah penggunaan teknologi untuk pendidikan di Indonesia?

Teknologi merupakan hal yang tidak lepas dari kehidupan setiap manusia saat ini. Termasuk juga aspek pendidikan, namun seperti apakah praktik nyata dari pemanfaatan teknologi untuk pendidikan di Indonesia?

Bagi orang awam penggunaan teknologi pada bidang pendidikan hanya dianggap sebatas menggunakan computer untuk mengetik tulisan, namun teknologi lebih dari itu khususnya teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Meskipun kurikulum terbaru telah mengahapus mata pelajaran TIK bukan berarti teknologi telah benar benar dihapus dari system pendidikan di Indonesia.

Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi sendiri sangat bermanfaat untuk memajukan pendidikan di Indonesia, bahkan pemerintah saat ini mengupayakan internet dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat bahkan hingga ke pelosok. Hal itu tentu saja untuk memudahkan dalam mencari informasi dan pengetahuan khususnya untuk para pelajar agar mendapat ilmu sebanyak mungkin dari adanya teknologi.

Kecanggihan yang ditawarkan oleh teknologi informasi dalam dunia pendidikan sangatlah banyak mulai dari perpustakaan online, laboratorium virtual, forum diskusi online, aplikasi materi, soal dan pembahasan hingga kelas online, dan masih banyak lagi.

Bagi pengajar adanya teknologi informasi dan komunikasi memiliki berbagai manfaat pertama, menggali informasi yang lebih dalam tentang materi yang akan disampaikan . kedua, dengan teknologi informasi dan komunikasi pengajar dapat memberikan stimulus kepada siswa untuk belajar dan menciptakan kelas yang kondusif dan terkontrol. Dengan memanfaatkan berbagai media yang ada dapat memberikan efek tidak monoton sehingga peserta didik tidak terpaku pada penjelasan guru saja namun juga memberi ruang bagi peserta didik untuk a menggunakan rasa, dan mencoba melakukan kegiatan yang akan membentuk pengalaman-pengalaman belajar. Jika peserta didik telah terstimulus maka minat belajar akan meningkat.

Bagi pelajar sendiri tentunya manfaat yang didapat juga tak kalah besar. Lewat teknologi informasi dan komunikasi semua hal sangat mungkin untuk dipelajari dan tentunya dengan berbagai media yang menarik dapat meningkatkan semangat belajar. Bukan tak mungkin wawasan yang dimiliki oleh pelajar sangatlah luas karena mereka bisa mendapatkan informasi secara global. Memahami materi pun menjadi lebih mudah dilakukan, hal itu tak lepas pula dari semakin banyaknya aplikasi yang memfasilitasi materi hingga contoh soal dan penyelesaian. Bahkan, tidak perlu menunggu guru untuk menjelaskan mereka bisa dengan mudah memahami materi terlebih dahulu.

Nah, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa penggunaan teknologi dalam sektor pendidikan secara tepat akan sangat membantu memajukan pendidikan di Indonesia.

Sumber :


Pada saat ini semua hal pasti selalu berkaitan dengan adanya teknologi yang dapat memudahkan pekerjaan manusia. Begitu pula di dalam bidang pendidikan, peran teknologi bagi kemajuan pendidikan di Indonesia saat ini memang sangatlah laur biasa pengaruhnya. Karena teknologi dapat ditemukan dimana saja dan tujuan ditemukannya teknologi juga untuk membantu memecahkan masalah yang terjadi pada manusia. Makin maju suatu masyarakat makin banyak juga teknologi yang dikembangkan dan digunakan.

Pendidikan adalah faktor penting dalam menentukan majunya suatu bangsa. Untuk dapat mewujudkan Indonesia menjadi bangsa yang lebih baik, semua elemen masyarakat harus bersama-sama berkontribusi untuk pendidikan yang lebih baik. Teknologi informasi memegang peranan penting untuk terselenggaranya pendidikan lebih baik dengan berbagai kemudahan dan skalabilitasnya.

Salah satu contoh pemanfaatan teknologi untuk pendidikan adalah penggunaan Google apps for Education yang bisa berkolaborasi, realtime, dan mempermudah proses belajar mengajar secara offline maupun online.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa website yang digunakan untuk membantu majukan dan memudahkan jalannya pendidikan di Indonesia melalui peran teknologi yang kini sedang berkembang pesat di dunia ini.

IDcloudHost melalui program Ekabima memberikan fasilitas Wesbsite dan Google for Education GRATIS untuk seluruh sekolah yang ada di Indonesia. Program ini sudah diikuti oleh lebih 300 sekolah di Indonesia.

Program Ekabima (Edukasi Bangun Indonesia Maju) merupakan salah satu program Donasi memberikan Website (termasuk paket Domain .sch.id dan hosting) GRATIS serta bantuan SetUp Google for Education untuk sekolah-sekolah yang ada di Seluruh Indonesia.

Program website Ekabima ini bertujuan untuk bisa memperkenalkan sekolah-sekaloh tersebut kepada semua masyarakat yang ada di seluruh dunia, sebagai sumber informasi untuk calon siswa dan orangtua siswa, dan sebagai Sumber informasi yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun.

Google Apps for Education adalah seperangkat aplikasi produktifitas untuk proses pembelajaran yang kolaboratif. Terdiri dari aplikasi Gmail, Google Drive, Google Classroom yang didesain khusus untuk institusi pendidikan. Semua fasilitas tersebut dapat digunakan untuk lebih memudahkan sekolahan tersebut dalam melakukan segala urusan di dalam masalah pendidikan agar menjadi lebih efisien dan efektif.

Karena dengan adanya bantuan teknologi Informasi dapat mempemudah semua pekerjaan yang dilakukan oleh karena itu kontribusi terbesar yang ingin dilakukan IDcloudHost adalah memberikan sarana teknologi informasi untuk Indonesia yang lebih baik.

Perkembangan teknologi informasi memiliki salah satu manfaat yaitu untuk menambah ilmu pengetahuan bagi para penggunanya. Hal ini yang sering digunakan oleh para pengajar kepada murid - murid nya untuk selalu menggunakan teknologi informasi dalam proses mengajar mereka. Terlebih lagi anak - anak muda jaman sekarang lahir pada generasi moderen, yang tentunya mereka lebih mudah menerima pendidikan yang berbasis digital daripada berbasis papan tulis.

Pemerintah pun baru - baru ini juga mulai menerapkan ujian akhir nasional dengan menggunakan komputer atau yang sering disebut CBT (Computer Based Test). Dengan penerapan ujian ini, para pengajar dari sekolah dasar (SD), hingga sekolah menengah atas (SMA) mulai mengembangkan pengajaran mereka dengan penggunaan kemajuan teknologi informasi. Contohnya saja PR berbasis online, Ujian harian berbasis online, tugas - tugas dibuat dengan menggunakan presentasi,dan masih banyak lagi metode - metode baru yang digunakan para pengajar.

Tidak hanya pengajar SD, SMP, dan SMA saja yang menggunakan perkembangan teknologi informasi sebagai metode pembelajaran mereka. Dosen Universitas pun banyak yang menggunakan perkembangan teknologi informasi ini sebagai metode pemantauan dan pengajaran bagi para mahasiswa nya. Contohnya saja, sekarang para mahasiswa selain bisa menggambar sebuah denah atau blueprint dari sebuah rancangan mereka juga diwajibkan harus menguasai cara menggambar blueprint tersebut menggunakan aplikasi komputer.

Manfaat yang di dapatkan dari menggunakan teknologi informasi sangatlah banyak, tidak hanya mempermudah para pengajar dalam penyampaian pelajaran saja namun pelajar pun mendapatkan manfaatnya. Mereka menjadi lebih kreatif, inovatif, haus akan informasi, dan lain - lain. Jika perkembangan teknologi informasi masih terus berkembang serta pelajar dan pengajar dapat memanfaatkannya dengan sebaik mungkin maka peranan teknologi informsi pada pendidikan di Indonesia menjadi sangat penting.

Sumber :

Pendidikan adalah hal yang sangat penting bagi suatu negara. Tolok ukur suatu negara dikatakan maju adalah dari kualitas para pemudanya dan untuk meningkatkan kualitas adalah dengan meningkatkan mutu Pendidikan. Salah satu cara meningkatkan kualitas adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi yang ada saat ini. Hal ini sudah terbukti di negara- negara lain yang memiliki sumber daya manusia yang tinggi seperti Jerman dan Amerika. Indonesia sudah saatnya untuk mengikuti jejak negara-negara tersebut agar bisa mencetak generasi muda yang memiliki daya saing di dunia global diluar sana.

Banyak aspek yang dapat dijadikan sebagai alasan untuk mendukung pengembangan teknologi informasi untuk pendidikan dalam kaitannya dengan peningkatan kualitas pendidikan nasional Indonesia. Salah satu aspeknya ialah kondisi geografis Indonesia dengan sekian banyaknya pulau yang terpencar-pencar, bisa menjadi alasan untuk melakukan pengembangan dan penerapan Teknologi Informasi untuk pendidikan.

Teknologi Informasi sangatlah potensial untuk mengatasi masalah pemerataan untuk meratakan pendidikan di bumi Nusantara, sebab Teknologi informasi yang mengandalkan kemampuan pembelajaran jarak jauhnya yang tidak terpisah oleh ruang, jarak dan waktu. Demi penggapaian daerah-daerah yang sulit tentunya diharapkan penerapan ini agar dilakukan sesegera mungkin di Indonesia. Saya harap pemerintah segera merealisasikannya karena menurut saya ini mungkin bisa menjadikan negara Indonesia tercinta kita, menjadi lebih bisa bersaing dengan negara-negara maju di dunia.

Sumber :