Bagaimanakah pengambilan keputusan dalam permainan catur dengan cara berpikir logis?

Catur

Catur merupakan sebuah cabang olahraga yang berfokus pada olahraga otak. Dalam permainan catur terdapat dua orang yang berusaha saling mengalahkan dengan mengatur bidak-bidak yang ada di papan catur. Mereka saling beradu mental dan beradu strategi. Keputusan merupakan hal vital dalam olahraga ini karena kemenangan dalam permainan catur ditentukan oleh penerapan strategi dan pengambilan keputusan. Banyak hal yang bisa memengaruhi seseorang dalam mengambil sebuah keputusan misalnya dengan cara berpikir logis. Oleh karena itu, Bagaimanakah pengambilan keputusan dalam permainan catur dengan cara berpikir logis ?

Dalam berpikir logis kita dituntut untuk bisa berpikir dengan analisis berkelanjutan, mempertimbangkan semua opsi yang tersedia, dan setelah mempertimbangkan keputusan yang terbaik dari semua opsi yang tersedia barulah kita mengeksekusi keputusan tersebut dan mengevaluasinya. Dalam sebuah permainan dan pertandingan catur berpikir logis tentu menjadi hal yang sangat penting karena inti dari pertandingan catur adalah pengambilan keputusan.

Seorang yang memiliki gelar tertinggi dalam dunia catur dinamakan Grandmaster. Pengambilan keputusan dengan berpikir logis yang harus dilakukan seorang Grandmaster adalah:

  1. Hindari gerakan yang menguntungkan hanya dalam jangka pendek
    Pemain catur pemula kadang termakan oleh strategi jebakan oleh musuh dan melangkahkan bidaknya untuk maju dan memakan bidak musuh padahal itu ditujukan untuk menghancurkan pertahanannya. disinilah peran penting berpikir logis, dengan penerapan berpikir logis kita diharuskan untuk memperhitungkan semua opsi yang ada dan menyusun skala sesuai keuntungan dan kerugian yang didapat. Dengan berpikir logis kita bisa terhindar dari hal tersebut.

  2. Evaluasi dari pertandingan - pertandingan sebelumnya
    Seperti dalam hal nya berpikir logis, dalam sebuah pertandingan catur diperlukan evaluasi dari hasil - hasil pertandingan sebelumnya. Dari pengalaman - pengalaman tersebut kita bisa terus melatih dan mengasah cara berpikir logis kita.

  3. Emosi dan Kepercayaan diri
    Dalam bermain catur dan berpikir logis, diperlukan kepercayaan diri dan menghilangkan semua emosi kita. Karena dalam berpikir logis syarat utamanya adalah tidak memakai perasaan dan emosi.

Sumber:

  1. https://thechessworld.com/articles/training-techniques/5-ways-to-start-thinking-like-a-grandmaster/
  2. https://www.cleverism.com/skills-and-tools/logical-thinking/

Dalam berpikir logis kita di tuntut berpikir mempertimbangkan semua kemungkinan dan mengambil keputusan yang terbaik adalah inti dari permainan catur.Jika kita tidak berpikir logis kita akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan atau untuk menyamakan permainan (jika berada dalam posisi yang lebih buruk). Oleh karena itu, menjadi sangat penting untuk memahami posisi kritis dan bagaimana mengidentifikasi satu-persatu.


image


Apa saja yang perlu kita lakukan dalam mengambil keputusan yang baik dalam permainan catur

  1. Mengevaluasi pergerakan musuh
    untuk melihat pergerakan musuh dan melihat perubahan apa yang dia lakukan.Kita harus dahulu memusatkan perhatian pada ancaman yang mungkin dapat dilakukan oleh langkah ini.
  2. Memiliki rencana
    Memiliki rencana sangat penting bagi keberhasilan catur. Setelah melihat langkah lawan dan melihat posisi catur, kita harus memiliki ide tentang bagaimana melanjutkan permainan. Tidak cukup dengan hanya tahu apa yang akan kita lakukan selanjutnya.
  3. Mengelola waktu dengan baik
    Kita bisa kehilangan permainan catur jika kehabisan waktu. Oleh karena itu, manajemen waktu menjadi bagian penting dari persaingan.Ide dasar pengelolaan catur yang efisien terletak pada satu peraturan sederhana : jangan menghabiskan terlalu banyak waktu di tempat yang tidak perlu dihabiskan.

Sumber :