Bagaimanakah pemanfaatan teknologi informasi yang baik bagi remaja?

Remaja pada zaman sekarang merupakan generasi yang lahir di zaman teknologi informasi dan dibesarkan di lingkungan yang banyak teknologi. Karena hal ini remaja pada zaman sekarang lebih mudah mengerti dan lebih senang menggunakan teknologi yang paling baru. Hal tersebut akan menimbulkan banyak hal yang bagus dan hal yang buruk juga.

Pada generasi sekarang, remaja terutama mahasiswa telah menggunakan teknologi dalam kehidupan sehari - harinya. Teknologi tersebut bisa digunakan untuk bermain, membaca, dan belajar. Namun, kebanyakan remaja menggunakan teknologi tersebut untuk bermain dan bersosialisasi saja. Sehingga pemanfaatan teknologi tidak terjadi secara penuh. Pemanfaatan teknologi untuk bermain dan bersosialisasi bukanlah hal yang buruk. Namun, jika hanya digunakan untuk itu saja maka para remaja tidak akan merasakan mudahnya mencari informasi dan menambah wawasan pada era sekarang.

Cara pertama untuk pemanfaatan teknologi informasi yang baik adalah dengan melihat kesempatan untuk menghasilkan uang melalui teknologi. Adanya keterbukaan dunia lewat internet dan ketersediaan koneksi internet, di mana saja dan kapan saja, membuka peluang para pengguna internet untuk ngeblog, bahkan sampai mendapatkan uang. Ini adalah hal yang sangat mungkin dilakukan oleh semua orang, termasuk remaja dan mahasiswa. Tidak hanya menghasilkan uang dengan cara ini para remaja akan menuangkan semangat dan waktunya untuk melihat usaha mereka berkemang dan sukses.

Selain untuk mencari uang teknologi informasi juga dapat dimanfaatkan untuk membantu dalam memudahkan mencari ilmu. Kebanyakan mahasiswa enggan untuk membeli buku dan merawat buku tersebut. Namun dengan adanya teknologi informasi, mahasiswa dapat mendownload dan membaca E - Book dimana saja dan kapan saja. Sedangkan, jika menggunakan buku para remaja akan malas membawanya karena berat dan mungkin malu dilihat membaca buku sekolah di tempat publik.

Sumber :


Dunia informasi saat ini seakan tidak bisa terlepas dari teknologi.Penggunaan teknologi oleh masyarakat menjadikan dunia teknologi semakin lama semakin canggih.Komunikasi yang dulunya memerlukan waktu yang lama dalam penyampaiannya, kini dengan teknologi segalanya menjadi sangat cepat dan seakan tanpa jarak.

Dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat ini disebabkan karena semakin cepatnya akses informasi dalam kehidupan sehari-hari. Kita bisa mengetahui peristiwa yang sedang terjadi di daerah lain atau bahkan di negara lain, misalnya Amerika Serikat walaupun kita berada di Aceh.

Di kalangan remaja, menggunakan teknologi komunikasi, sebagai alat multifungsi, karena multifungsinya tersebut para remaja dapat menggunakan teknologi ini secara positif ataupun negatif tergantung setiap individu. Contoh positif dari penggunaan teknologi komunikasi adalah memanfaatkan teknologi tersebut untuk membantu mereka dalam proses pembelajaran. Sedangkan sisi negative misalnya, menggunakan handphone dalam proses belajar mengajar untuk sms-an dengan pacar atau menggunakan fasilitas internet untuk mengakses situs-situs porno, dan lain-lain sebagainya.

Sebagai remaja yang baik seharusnya kita hanya memanfaatkan sisi positif dari penggunaan teknologi saja, oleh karena itu pengawasan oleh orangtua sangat diperlukan dan juga penanaman mental atau kebiasaan untuk menghindari hal-hal negative sejak dini harus dilakukan.

source :

Ruspandi. 2014, Pengaruh Kemajuan Teknologi Komunikasi Terhadap Remaja (online),

http://bpad.babelprov.go.id/perpus/artikel/260-pengaruh-kemajuan-teknologi-terhadap-minat-baca-anak.html

Teknologi Informasi berperan sangat banyak dalam Pertumbuhan remaja saat ini. Hampir seluruh hal yang dapat dilakukan telah dimanjakan, dimudahkan karena adanya Teknologi Informasi. Bagaimana tidak?, jika kita ingin mencari Informasi kita tidak perlu jalan ke perpus dan mencari buku yang ingin kita baca. Namun kita cukup mencarinya saja di Search Engine dan akan muncul banyak jawaban yang “mungkin” kita perlukan.

Pemanfaatan Teknologi Informasi yang baik bagi Remaja adalah Permanfaatan yang “cukup”. “Cukup” disini adalah relatif, tergantung dari banyak hal. Contoh, seorang Programmer mungkin lebih banyak membutuhkan bantuan Teknologi Informasi dibandingkan dengan seorang Petani.

Research mengatakan bahjwa seiring berjalannnya waktu, Generasi muda semakin lama semakin tergantung kepada Teknologi Informasi. Hal ini membuat terjadinya perubahan kebiasaan remaja pada zaman dulu dan zaman sekarang. Oke, kok jadi keluar topik yuk kita bahas lagi tentang pertanyaan.

Jadi, Pemanfaatan Teknologi Informasi yang baik bagi remaja adalah Pemanfaatan yang Teknologi yang bijak. yang dimaksud bijak adalah Pemanfaatan Teknologi yang berguna, bukan hanya sekedar menghabiskan waktu bersenang - senang dengan Teknologi Informasi. Walaupun Bersenang - senang dalam Teknologi Informasi juga diperlukan.

Dan juga, Pemanfaatan Teknologi Informasi yang baik dipengaruhi pada Kategori yang memakainya. Jika yang memakai adalah kategori anak- anak menuju Remaja, maka Teknologi Informasi dapat membantu pencarian Jati diri mereka agar mereka dapat memfokuskan hal yang mereka inginkan dan itu Positif. bila yang memakai adalah kategori Remaja menuju dewasa , maka dapat menggunakan Teknologi Informasi untuk mencari Informasi,menambah wawasan tentang hal yang mereka sukai seperti olahraga,seni, ataupun Organisasi.

Intinya Pemanfaatan Teknologi Informasi yang baik bagi remaja adalah dapat menggunakannya dengan bijak, secara cukup , dan sesuai Kategorinya.

“Jika kita bisa mengendalikan Barang tersebut, kenapa kita harus dikendalikan olehnya?”-anon