Bagaimanakah Model dari Efek Komunikasi Massa?

Komunikasi adalah “suatu proses di mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain”.

Bagaimanakah model dari efek komunikasi massa ?

Menurut Saverin dan Tankard Jr ada tiga macam model dan efek komunikasi massa, yaitu:

  1. The Powerfull Effect Model

    Model ini berkaitan dengan instinctive S.R (stimulasi respon) yaitu media penyiaran stimulasi (pasangan) dengan perkasa + seragam diperhatikan untuk massa yang tidak berdaya ditembaki untuk stimulasi media massa sehingga terlihat perkasanya media massa mempengaruhi kita.

  2. The Limited Effect Model
    Media massa memiliki lebih banyak fungsi mempengaruhi khalayak yang membantu keyakinan, khalayak bukan tubuh yang positif karena khalayak akan menyaring informasi melalui proses yang disebut persepsi selektif.

  3. The Moderat Effect Model
    Khalayak aktif menggunakan media untuk memenuhi kebutuhan karena penggunaan media massa adalah salah satu cara memperoleh pemenuhan kebutuhan bagi dirinya terpenuhi media massa memang tidak sepenuhnya dapat merubah sikap seseorang secara yang difikirkan orang.