Bagaimanakah membangun mindset seorang pemula untuk melakukan analisis biaya dan manfaat dalam merancang business case?

Bagaimanakah membangun mindset seorang pemula untuk melakukan analisis biaya dan manfaat dalam merancang business case?

1 Like

Melakukan analisis biaya dan manfaat dalam merancang bisnis case merupakan suatu kewajiban dan hal yang krusial untuk dilakukan agar bisnis dapat berjalan sesuai dengan skenario yang telah dibuat dan menghasilkan output yang sesuai dengan tujuan semula.

Pencapaian tersebut tidak akan berhasil jika dalam melakukan pembiayaan saja mengalami kendala,sehingga diperlukanlah sebuah usaha untuk menganalisa biaya demi tercapainya tujuan.

Oleh karena itu,penanaman mindset seseorang terutama pemula dalam dunia bisnis dalam melakukan analisa biaya dan manfaat sangat lah penting,lalu bagaimana menanamkannya?Yakni dengan memberikan rumus bahwa Manajemen dari hasil analisa biaya yang baik mampu memberikan keuntungan dalam pembiayaan bisnis organisasi tersebut.

Manfaat dari analisis manfaat-biaya antara lain*

  1. Membantu proses pengambilan keputusan khususnya dalam penilaian setiap alternatif keputusan yang ada.
  2. Mendorong munculnya ide baru terkait alternatif keputusan.
  3. Mengantisipasi timbulnya biaya yang tidak efektif dari suatu alternatif keputusan.

Jika kita membahas mengenai manfaat dan analisa biaya tentu dapat kita peroleh dari beberapa sumber di internet,saya akan merujuk pada Membangun mindset seorang pemula untuk melakukan analisis biaya dan manfaat.

Langkah-langkah yang mungkin dapat kita tempuh yakni:

  1. Menanamkan suatu budaya bahwa membuat analisis biaya dan manfaat sangat menguntungkan bagi bisnis dalam organisasi
    Dengan menanamkan hal semacam ini akan membuat mereka merasa bahwa hal tersebut merupakan keseharusan secara tidak langsung dan membuat mereka merasa nyaman dengan apa yang mereka buat tersebut(bukan suatu tuntutan melainkan rutinitas dalam suatu bisnis)

  2. Memberikan sebuah reward khusus bagi kesesuain analisis biaya dan manfaat yang telah dijadikan ekspetasi bisnis organisasi
    Dengan memberikan hadiah khusus tentu ini akan memberikan sebuah motivasi tersendiri dari mereka untuk memiliki suatu keinginan khusus dalam membuat analisa biaya dan manfaat tersebut

  3. Memberikan pengetahuan lebih mengenai bisnis skill,sehingga dia akan tahu bahwa analisis itu merupakan hal yang penting untuk dilakukan
    Dengan bertambahnya ilmu yang mereka memiliki membuat mereka akan merasa mampu dan percaya diri dengan apa yang akan mereka buat sehingga untuk kedepannya akan lebih mudah dan cepat dalam pembuatan analisis tersebut.

  4. Memberikan kemudahan dalam data yang di butuhkan ketika melakukan analisis biaya dan manfaat
    Mereka akan merasa nyaman dalam menganalisa data dan tidak perlu repot-repot mencari data yang diperlukan dan bahkan dapat mengakses data penting yang memang diperlukan.

  5. Penyajian data analisis biaya dan manfaat yang sederhana dan mudah di mengerti
    Dengan bentuk penyajian yang sederhana,membuat pembuatan analisis meresa tidak ada tekanan dalam melakukan pekerjaan dan memberikan hasil yang maksimal.

  6. Mengurangi tahapan-tahapan yang dirasa tidak perlu dalam perancangan tersebut
    Memangkas cycle pembuatan analisis akan memberikan performancy yang jauh lebih cepat dan memberikan dorongan bagi pembuatan untuk lebih menyenangkan dalam melakukan nya

  7. Meningkatkan skill bisnis pada diri mereka,dan memberikan pengetahuan lebih mengenai bisnis case
    Dengan memberikan pengetahuan lebih tentu akan memberikan dampak yang positif dalam segi performa individu ketika mereka mencoba membuat analisis biaya dan manfaat,dikarenakan mereka memiliki ilmu yang lebih dan mendalam sehingga dalam melakukan hal tersebut akan membuat mereka merasa percaya diri.

Dari ke-tujuh langkah-langkah tersebut, akan memberikan dampak yang postif kepada system analyst untuk melakukan atau membuat analisa biaya dan manfaat tersebut. Kenapa demikian? dikarenakan dengan memberikan beberap informasi penting dan kemudahan membuat mereka meresa nyaman dan sangat di butuh kan dalam membuat analisis tersebut.

Setelah motivasi-motivasi tersebut tertanam dan dilakukan secara terus menerus membuat para sumber daya manusia dari turunan sebelumnya membuat sesuatu analisis biaya dan manfaat menjadi sesuatu yang wajib dan menjadi keseharusan yang harus dilakukan demi tercapainya anilisa data keungan dan manfaat yang akan di capai kedepannya.

Referensi