Bagaimanakah Keterampilan Menutup Pelajaran yang Harus Dimiliki Guru?


Keterampilan menutup pelajaran merupakan kegiatan mengakhiri kegiatan inti pembelajaran. Dalam mengakhiri pelajaran ini, kegiatan yang dilakukan adalah memberikan gambaran menyeluruh tentang semua materi yang telah dipelajari, mengetahui tingkat penyerapan siswa terhadap materi dan mengetahui tingkat keberhasilan guru dalam proses pembelaajaran. Kegiatan ini cukup berarti bagi siswa, namun banyak guru tidak sempat melakukan atau mungkin sengaja tidak melakukan.

Bagaimanakah keterampilan menutup pelajaran yang harus dimiliki guru?

Menutup pelajaran tidak hanya dilakukan pada akhir pelajaran, tetapi juga pada akhir penggalan pelajaran. Menutup pelajaran dilakukan untuk memperoleh gambaran yang utuh tentang pokokpokok materi yang dipelajari. Menurut Helmiati (2013: 49-50) cara-cara yang dilakukan dalam menutup pelajaran antara lain sebagai berikut:

  1. Meninjau kembali

Setiap akhir pelajaran atau pada akhir penggal kegiatan guru melakukan peninjauan kembali. Apakah inti pelajaran yang dipelajari siswa sudah dikuasai atau belum oleh siswa. Peninjauan terdiri dari dua aspek, yaitu:

  • Merangkum inti pokok pelajaran.
  • Mengkonsolidasikan perhatian siswa pada masalah pokok pembahasan agar informasi yang diterimanya dapat membangkitkan minat dan kemampuannya terhadap pelajaran selanjutnya.
  1. Mengevaluasi

Salah satu cara untuk mengetahui apakah siswa mendapatkan gambaran yang utuh tentang suatu konsep yang diajarakan adalah dengan penilaian, Yang dapat dilakukan guru dengan memberi pertanyaan-pertanyaan atau tugas-tugas. Evaluasi dapat dilakukan dengan berbagai bentuk, antara lain sebagai berikut:

  • Mendemonstrasikan keterampilan.
  • Mengaplikasikan ide baru.
  • Mengekspresikan pendapat.
  • Memberi soal-soal.