Bagaimanakah kacamata yang cocok untuk orang Indonesia?

Hidung yang kita miliki tentu berbeda dengan tulang hidung yang tinggi seperti sebagian besar orang barat. Hidung orang Indonesia memiliki banyak variasi, bagaimanakah memilih kacamata untuk orang berhidung pesek?

Sebagian bentuk hidung orang Indonesia identik dengan nose bridge-nya yang pendek atau biasa disebut dengan pesek. Memiliki model hidung seperti ini terkadang mempersulit kita dalam memilih kacamata. Sering kali mengalami kacamata terangkat karena tulang pipi? Hal ini bisa menjadi pertanda bahwa kacamata yang dipilih tidak tepat untuk anda. Berikut adalah tips bagaimana memilih kacamata yang tepat untuk anda yang berhidung pesek:

  • Lebar nose pad / bridge tidak besar
    Salah satu yang perlu dipertimbangkan ketika memilih kacamata untuk Anda yang berhidung kecil dan pesek adalah kacamata dengan bantalan hidung yang bisa disetel ulang posisinya, sehingga bisa disesuaikan dengan hidung Anda. Pastikan bahwa lebar bridge tersebut tidak terlalu besar. Terlalu lebar akan membuat kacamata Anda melorot. Ukuran yang direkomendasikan adalah 1,5 hingga 1,6 cm.

22781_10203589806409779_459231977456536959_n

  • Memiliki dudukan eksternal
    Berikutnya, usahakan kacamata yang Anda pilih adalah yang memiliki dudukan eksternal. Tidak hanya itu, dudukan eksternal tersebut harus diusahakan tidak terbuat dari plastik. Untuk menyetel ulang bantalan hidung, Anda bisa menggunakan tang ukuran kecil. Untuk lebih jelas, Anda yang berkacamata mungkin sudah tahu bahwa bantalan hidung ada yang menyatu dengan bingkai, juga ada yang terpisah. Nah, bantalan yang terpisah inilah yang dinamakan dudukan eksternal. Biasanya, dudukan eksternal ini sifatnya fleksibel sehingga bisa diatur sebagaimana ukuran Anda.

eyeglass-nose-pads-removable

  • Dudukan nose pad yang bisa disuntik
    Inovasi terbaru dari kacamata adalah bantalan hidung bisa disuntik dengan silikon. Selain membuatnya lebih nyaman di hidung Anda, juga memudahkan Anda menyetel posisi bantalan hidung dengan hidung Anda. Tapi sayangnya, belum seluruh toko kacamata atau optik yang menyediakan penyuntikan silikon ini. Kalaupun ada, harganya juga masih cukup mahal.

Sumber: