Bagaimanakah fungsi sosial dalam seni yang kamu ketahui?

Fungsi Sosial artinya dapat dinikmati dan bermanfaat bagi kepentingan orang banyak dalam waktu relatif bersamaan.

Terdapat beberapa macam fungsi seni sebagai fungsi sosial, yaitu sebagai berikut :

  • Fungsi Rekreasi
    Untuk memenuhi kebutuhan fisik maupun kebutuhan emosional seseorang atau masyarakat dapat diperoleh melalui tepat tempat rekreasi. Penampilan dalam bentuk fisik pada tempat tempat rekreasi dapat dilihat pada pintu gerbang masuk yang penuh dengan hiasan ber ukir, penataan taman mini yang dapat memberikan kesan indah dan nyaman, hadirnya patung patung dan relief dinding yang sekaligus sebagai penghias, serta bangunan bangunan yang artistik, danau batuah yang indah, dan lain sebagainya.

  • Fungsi Komunikasi
    Karya seni yang disajikan pada masyarakat untuk dinikmati, dapat diartikan suatu bentuk komunikasi. Karya seni merupakan rekaman bahasa seniman untuk berkomunikasi dengan para penikmatnya. Rekaman bahasa seniman tersebut dapat ditampilkan melalui karya seni rupa, seni musik, seni tari, teater, sastra, maupun seni film. Secara fisik dapat diperhatikan wujud penampilannya. Semua itu ditampilkan guna memberikan kenikmatan dan kepuasan batin atau emosional pada penikmat.

  • Fungsi Rohani (Agama)
    Fungsi sosial seni juga dapat diterapkan dalam bidang agama. Sebagai bukti fisik dapat dilihat dalam bentuk bangunan tempat beribadah yang penggarapanya tidak lepas dari unsur unsur artistik dan memiliki gaya yang khas. Gaya bangunan tempat ibadah banyak ditentukan oleh pandangan agama masing masing. Demikian pula kebutuhan batin dapat diperoleh melalui ceramah agama, mendengarkan seni baca Al-Qur’an, dan lain sebagainya.

  • Fungsi Pendidikan
    Dalam memenuhi kebutuhan fisik maupun emosional dapat pula diperoleh melalui bidang pendidikan. Baik itu pendidikan formal maupun informal. Secara fisik dapat diwujudkan dalam bentuk peralatan yang menunjang pendidikan tersebut. Sedangkan kebutuhan emosional dapat diperoleh melalui pengetahuan, pengajaran, pengalaman, dan sebagainya.

Sumber :