Bagaimanakah cara mengurangi dampak Lingkungan Industri Perikanan ?

industri perikanan

Industri perikanan mempengaruhi sejumlah isu konservasi laut, termasuk: populasi ikan, polusi air, dan degradasi habitat. Beberapa periset telah mengklaim bahwa ukuran industri perikanan perlu mengalami penurunan yang signifikan untuk menjaga lingkungan laut yang sehat di seluruh dunia. Gagasan ini bertentangan langsung dengan individu yang mengandalkan perikanan sebagai sumber pendapatan utama. Namun, penelitian tersebut mengindikasikan bahwa jika industri perikanan terus berlanjut seperti, makanan laut yang ditangkap secara liar tidak akan ada pada tahun 2048.

Bagaimanakah cara mengurangi dampak Lingkungan Industri Perikanan ?

Sebagai tanggapan terhadap bahaya lingkungan dari industri perikanan, beberapa pemerintah dan organisasi internasional di seluruh dunia telah bekerja sama untuk menciptakan dan menerapkan kebijakan dan strategi yang dirancang untuk mengurangi dampaknya. Kebijakan pengelolaan perikanan ini ditujukan untuk konservasi kehidupan laut dan didasarkan pada sains perikanan. Pengelolaan perikanan berusaha untuk mencapai pemanfaatan sumber daya kelautan dan perikanan secara berkelanjutan. Idenya adalah membatasi tindakan manusia yang mengakibatkan populasi nelayan yang tidak dieksploitasi dan degradasi habitat laut. Selain itu, kebijakan pengelolaan perikanan yang dirancang untuk memaksimalkan biomassa dan hasil ekonomi yang berkelanjutan, meningkatkan jumlah lapangan kerja, dan meningkatkan nilai ekspor.

Untuk mencapai tujuan konservasi laut, kebijakan baru ini telah menerapkan undang-undang yang: menentukan batas penangkapan ikan per spesies setiap hari, membatasi jumlah hari di laut, memberi batas pada jumlah kapal nelayan yang diperbolehkan di satu area, melarang tombak dan umpan, tetapkan ukuran mesh minimum, dan batasan tempat berdasarkan musim. Efektivitas studi telah menunjukkan bahwa jenis kuota dan batasan ini mencegah penangkapan berlebih dan membantu memulihkan ekosistem yang sebelumnya rusak ke keadaan yang lebih sehat.

Selain itu, beberapa ahli telah menyarankan agar budidaya ikan bisa menjadi solusi tepat untuk masalah yang disebabkan oleh industri penangkapan ikan liar. Peneliti lain, bagaimanapun, telah menetapkan bahwa peternakan ikan menyajikan dampak lingkungan negatif baru pada populasi ikan liar di sekitarnya. Peternakan ini juga membutuhkan makanan yang bisa terdiri dari bahan-bahan dari hasil tangkapan ikan liar.

Sumber: