Bagaimana cara mendapatkan hasil yang bagus untuk foto produk?

Fotografi produk sebenarnya bukan hanya berbicara mengenai keindahan/kecantikan suatu produk/barang tapi juga sebagai promosi dan penjualan. Karena dengan menampilkan foto produk anda yang berkualitas tinggi di setiap situs ternama ataupun juga melalui sebuah pameran yang dapat dilihat oleh banyak orang, maka hal tersebut akan membantu anda dalam menghasilkan keuntungan yang besar.

Foto produk yang baik harus bisa menggambarkan suatu produk dengan jelas dan dan menggambarkan fungsi-fungsi produk tersebut. Bagaimanakah cara foto produk dengan hasil terbaik ?

Berikut cara mendapatkan hasil yang bagus untuk foto produk:

1. Gunakan Sumber Cahaya yang Baik

Detail produk kamu akan terlihat jelas jika menggunakan cahaya yang pas. Cahaya yang terlalu terang akan membuat produk kamu menjadi tidak jelas dan terlalu putih. Begitu juga jika sumber cahaya yang digunakan terlalu sedikit, maka hasil foto produk kamu akan gelap dan terlihat tidak menarik.

2. Foto Produk dari Berbagai Sudut

Ketika kamu ingin mengambil gambar produk yang ingin dijual, ada baiknya jika kamu memfoto dari berbagai sudut. Foto dari berbagai sudut ini dilakukan untuk memperlihatkan produk secara detail agar calon pembeli semakin yakin untuk membeli produk kamu. Foto dari bagian depan, samping, atas, dan bawah dianjurkan untuk detail yang ingin diperlihatkan.

3. Buat Studio Mini dan Sederhana

Kamu tidak perlu menyewa studio untuk mendapatkan foto produk yang bagus. Kamu bisa memanfaatkan rumah atau kamar kamu untuk dijadikan studio mini yang sederhana. Peralatan yang dibutuhkan juga tidak terlalu mahal dan mudah didapat. Kamu hanya memerlukan lampu sorot, background, dan perlengkapan lainnya. Jika produk kamu berukuran kecil, kamu bisa menggunakan kardus, kertas karton atau kain putih untuk background nya, dan lampu belajar untuk sumber cahayanya.

4. Gunakan Model

Jika produk yang kamu jual berupa baju, ada baiknya kamu menggunakan model untuk memperagakan produk kamu. Dengan adanya model, calon pembeli akan mengetahui seperti apa produk yang ingin dibeli jika dipakai di badan si Model. Produk yang kamu jual dan terlihat pas di badan si model bisa jadi nilai plus di mata calon pembeli.

5. Edit dan Gunakan Efek Sesuai Kebutuhan

Jika foto produk kamu butuh untuk diedit, editlah sesuai kebutuhan dan jangan berlebihan. Pengeditan yang berlebihan bisa merubah keaslian dari produk yang dijual. Jangan sampai pembeli kecewa dengan barang yang tidak sesuai dengan apa yang ada di foto.