Bagaimanakah Buku The Empire Writes Back Membahas Teori Postkolonial?


Pada The Empire Writes Back (1989) suntingan Bill Ashcroft, Gareth Griffiths, dan Helen Tiffin terdapat sejumlah tema-tema terkait dengan kajian poskolonial.

Bagaimanakah buku The Empire Writes Back membahas teori postkolonial?

Buku ini terdiri atas lima bab yang diawali dengan sebuah pendahuluan dan diakhiri dengan sebuah kesimpulan. Ada dua hal yang dilakukan dalam buku ini yaitu:

  • Mengindentifikasi cakupan dan sifat-sifat dasar teks-teks poskolonial
  • Mendeskripsikan beragam teori yang hingga kini telah banyak muncul untuk menjelaskannya.

Kedua hal ini dibicarakan dalam bab 1 hingga bab 3. Sementara itu, buku ini juga bertujuan untuk:

  • Menjelaskan sifat dasar teori-teori poskolonial yang ada
  • Cara bagaimana teori-teori tersebut berinteraksi dengan dan membongkar asumsi-asumsi yang dibangun teori-teori Eropa.

Kedua hal ini dibicarakan pada bab 4 dan bab 5 buku ini.

Secara keseluruhan, kelima bab buku ini terdiri atas:

  1. “Mengurai Dasar-Dasar Pijakan: Model-Model Kritis Kajian Kesusastraan Poskolonial” (menguraikan perkembangan model-model deskriptif yang ada dalam kajian karya-karya poskolonial);
  2. “Menempatkan Kembali Bahasa: Strategi-Strategi Tekstual Tulisan Poskolonial” (membahas proses bagaimana bahasa sengaja diserap untuk menciptakan suatu praktik diskursif yang baru dan berbeda);
  3. Menempatkan Kembali Teks: Pembebasan Tulisan Poskolonial” (membahas pembacaan simptomatik terhadap teks-teks poskolonial, tulisan poskolonial berkaitan erat dengan praktik-praktik sosial dan material kolonialisme);
  4. “Teori di Persimpangan Jalan: Teori-Teori Pribumi dan Pembacaan Poskolonial” (menguraikan persoalan-persoalan dalam perkembangan teori-teori poskolonial pribumi);
  5. “Menempatkan Kembali Teori: Tulisan Poskolonial dan Teori Kesusastraan” (membicarakan implikasi-implikasi lebih luas poskolonial terhadap teori sastra dan analisis sosial politik).

BAB 1

Karya-karya poskolonial memiliki karakteristik yang khas sehingga para kritikus akhirnya mengembangkan model-model kajian yang secara garis besar dibedakan atas empat model. Model-model kajian poskolonial inilah yang menjadi topik bab 1 buku ini. Keempat model kajian yang dimaksud yaitu:

  • Model ‘nasional’ atau regional yang menekankan pada pendeskripsian berbeda akan berbagai hal yang berkaitan dengan kebudayaan nasional atau regional;
  • Model berbasis ras yang mengidentifikasi ciri-ciri tertentu yang sama-sama terdapat pada berbagai kesusastraan nasional, seperti warisan rasial yang biasa ditemukan dalam karya sastra diaspora Afrika yang dikenal dengan model ‘Black Writing’;
  • Model perbandingan yang menjelaskan ciri-ciri linguistik, historis, dan kebudayaan tertentu yang melintasi dua atau lebih kesusastraan poskolonial dengan cara memperbandingkannya;
  • Model perbandingan yang lebih luas, yang lebih menonjolkan pada aspek-aspek hibriditas dan sinkretisitas sebagai elemen pembentuk utama keseluruhan kesusastraan poskolonial.

BAB 2

Dalam bab 2 buku ini, “Menempatkan Kembali Bahasa: Strategi-Strategi Tekstual Tulisan Poskolonial” tercakup hal-hal yang berkaitan dengan:

  1. Abrogasi dan apropriasi,
  2. Bahasa dan abrogasi,
  3. Kontinum kreole,
  4. Fungsi metonimik perbedaan bahasa,
  5. Strategi-strategi apropriasi dalam tulisan poskolonial.

Pengertian abrogasi itu sendiri menyaran pada penolakan terhadap hak-hak istimewa yang diklaim ‘bahasa Ingggris’ (dengan /I/ kapital yang melambangkan bahasa kolonial), termasuk penolakan terhadap kekuasaan metropolitan yang tertanam melalui sarana-sarana komunikasi. Sementara pengertian apropriasi yaitu pembentukan kembali bahasa pusat metropolitan tersebut. Proses ini mencakup penerapan dan pembentukan ulang bahasa tersebut ke dalam bentuk-bentuk pemakaian baru yang sekaligus menunjukkan perpisahannya dari status privilese kolonial.

Pendukung gerakan Rastafaria di Jamaika berusaha ‘merekonstruksi’ apa yang mereka sebut sebagai struktur kekuasaan bahasa Inggris, yakni struktur-struktur yang di dalamnya bersarang kontrol metonimik hegemonik yang dipraktikkan orang Inggris atas warga kulit hitam sepanjang sejarah Karibia dan Afrika. Kaum Rastafaria, menurut Joseph Owens, mengadopsi bermacam-macam strategi yang dapat digunakan untuk ‘membebaskan’ bahasa dari dalam. Meski basis ujaran Rasta adalah kreole Jamaika, secara sengaja ia telah diubah menjadi sejumlah cara ujaran. Kaum Rastrafarian menekankan penggunaan kata ‘saya’ dalam bahasa Inggris, ‘I’, untuk kata ganti personal dalam semua posisi seperti ‘I-and-I’ untuk kata ‘we’, juga untuk kata ‘my’ atau ‘I-self’, ‘I-n-I self’ untuk kata ganti personal refleksif’, dan khususnya kata ‘me’ yang terkesan merendahkan diri.

Novel-novel Tutuola membongkar asumsi yang telah diterima secara luas bahwa pandangan-pandangan dunia asing akan menjadi semakin dekat jika struktur-struktur linguistik mereka dikacaukan. Gambaran ini tampak lebih jelas dan lebih disadari dalam karya Gabriel Okara, The Voice. Ia berupaya mengawinkan sintaksis bahasa sukunya (Ijaw) dengan bentuk-bentuk leksikal bahasa Inggris.

Meski dianggap sebagai materi linguistik yang kurang jelas, penggabungan sintaksis menjadi hal yang umum dalam tulisan-tulisan poskolonial. Masyarakat multilingual seperti Papua Nugini, misalnya, menyediakan sumber yang sangat kaya bagi usaha penciptaan variasi sintaksis.

BAB 3

“Menempatkan Kembali Teks: Pembebasan Tulisan Poskolonial”, membicarakan sejumlah karya-karya dari penulis poskolonial dalam kaitannya dengan sejumlah topik. The Conquest of America (1974) karangan Tzvetan Todorov merupakan contoh yang paling tepat tentang analisis wacana yang secara langsung dapat menunjukkan fungsi dan kekuatan tulisan dalam situasi kolonial. Gagasan revolusioner buku Todorov ini terletak pada penjelasannya bahwa kontrol kolonial sebenarnya terjadi melalui kontrol atas sarana-sarana komunikasi, ketimbang melalui penguasaan terhadap hak hidup, hak milik, maupun bahasa itu sendiri. Rahasia kesuksesan tentara Cortez menaklukkan bangsa Aztec di Amerika Tengah terletak pada keberhasilan orang-orang Spanyol itu menguasai sarana komunikasi bangsa Aztec sejak awal.

Novel Mating Birds (1986) karya Lewis Nkosi merupakan contoh yang baik guna menunjukkan persepsi poskolonial tentang hubungan antara pengetahuan dan kontrol kekuasaan. Meski menempatkan dirinya dalam wacana resistensi dan abrogasi, novel ini sekaligus memberikan gambaran yang tepat tentang kebungkaman atau kebisuan masyarakat, yang kepadanya masyarakat sebenarnya diarahkan, baik oleh kondisikondisi kultural Afrika Selatan sendiri maupun negara atas sarana-sarana komunikasi yang ada. Novel tersebut bercerita tentang cobaan berat yang harus ditanggung seorang lelaki kulit hitam Afrika Selatan karena kasus pemerkosaan yang dilakukannya terhadap seorang wanita kulit putih.

Penulis Trinidad, V.S. Naipaul, sering mengamati dilema yang harus dihadapi para penulis poskolonial dalam karya-karyanya, khususnya dalam The Mimic Men (1967). Naipaul merasa pesimis bisa keluar dari situasi ini. Dia melihat mimikri yang implisit dalam kondisi poskolonial, dan dengan demikian, dalam teks-teks kesusastraannya, sebagai hal yang akan terus mengganggu. Hal ini disebabkan karena konsep ketidakteraturan dan ketidakotentikan yang terus menerus dipaksakan oleh pusat pada wilayah-wilayah pinggiran atau marjinal.

Timothy Findley dalam karyanya yang berjudul Not Wanted on the Voyage membicarakan tentang ke-lain-an (otherness) yang radikal dan hibriditas. Pengarang Kanada ini merujuk pada sumber-sumber sejumlah praktik Barat yang krusial dalam kolonialisme dan imperialisme, hal-hal yang oleh Gayatri Spivak disebut dengan istilah ’othering’. Hal ini mencakup asumsi tentang otoritas, ‘suara’, dan kontrol atas ‘kata’, yakni perampasan dan penguasaan sarana-sarana interpretasi dan komunikasi. Dalam banyak teks poskolonial, hal di atas dilakukan dengan cara ‘menuliskan kembali’ ceritacerita kanonik.

Findley memperluas metode ‘penulisan kembali’ pusat kekuasaan ini melalui penulisan ulang cerita biblikal, Noah dan Banjir Besar, mitos utama dalam peradaban Barat tentang pengrusakan dan penyelamatan—pengrusakan mayoritas dan penyelamatan sedikit pihak. Ketahanan atau keselamatan suatu sistem, peradaban atau tradisi semacam itu sebagai hal yang otoritatif telah menghalangi perkembangan ‘si lain’. Munculnya kebudayaan juga melibatkan penindasan dan atau peniadaan secara aktif terhadap bentuk-bentuk ‘otherness’. Ia mematikan bentuk-bentuk atau mode-mode alternatif lainnya. Dalam interogasi Findley yang radikal tentang kisah banjir tersebut, mitos besar tentang penyelamatan berubah menjadi sebuah kisah pengrusakan atas nama kebenaran minoritas dan penyebarluasan kekuasaan yang picik.

Pada bagian lain bab ini juga diuraikan konsep apropriasi marjinalitas seperti yang terdapat dalam novel The Edge of Alphabet karya Janet Frame yang berkisah perjalanan tiga orang anak manusia yang bertemu di sebuah kapal yang berlayar dari Selandia Baru ke London, ketiganya membentuk suatu persilangan wacana-wacana marjinalitas yang berbeda. Selain itu, juga dibicarakan novel The Vendor of the Sweet karya R.K. Narayan dalam topik apropriasi kerangka kekuasaan.

Pembahasan atas sejumlah karya-karya poskolonial dengan beragam latar belakang seperti dipaparkan dalam bab 3 ini merupakan pembacaan simptomatik yang memfokuskan perhatian pada sentralitas bahasa dan beragam proses bagaimana binerisme pusat—pinggiran itu sendiri diruntuhkan oleh proses-proses abrogasi dan apropriasi yang saling melengkapi satu sama lain.

BAB 4

“Teori di Persimpangan Jalan: Teori Pribumi dan Bacaan Poskolonial”, menguraikan sejumlah kasus negara-negara ‘poskolonial’ yang pernah atau bahkan masih memiliki elemen-elemen kebudayaan ‘asli’-nya:

  1. Teori-teori kesusastraan India (dan negara sekitarnya yang memiliki pengaruh bahasa Sanskerta);
  2. Teori-teori kesusastraan Afrika (baik negara-negara Anglophone atau jajahan Inggris maupun negara-negara Francophone atau jajahan Prancis);
  3. Daerah-daerah koloni hunian seperti Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Selandia Baru;
  4. Teori-teori Karibia. Ada pertanyaan menarik ketika Bill Aschroft memasukkan karya-karya pengarang Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Selandia Baru atau negara lain yang berkulit putih dalam konteks poskolonial.

BAB 5

“Menempatkan Kembali Teori: Tulisan Poskolonial dan Teori Kesusastraan”, mengaitkan teori poskolonial dalam kaitannya dengan berbagai bidang kajian lainnya seperti dengan posmodernisme, new criticism, teori wacana, teori ideologi, marxisme, feminisme, dan lainnya. Selain itu juga dibicarakan mengenai rekonstruksi poskolonial atas kesusastraan, makna, dan nilai, serta poskolonial sebagai strategi pembacaan.

Ringkasan

http://staffnew.uny.ac.id/upload/132236129/penelitian/POSKOLONIAL+SEBUAH+PEMBAHASAN.pdf