Bagaimanakah Bayangan Kalian Mengenai Dunia 50 - 100 Tahun Ke Depan?

Bumi kita terus berevolusi dari masa ke masa sejak pembentukannya sekitar 4,5 milyar tahun yang lalu. Dahulu kala, bumi belum menjadi planet yang layak untuk kehidupan karena suhu yang panas yang kemudian perlahan berevolusi menjadi sebuah tempat yang layak huni bagi mahluk hidup mulai dari protozoa - protozoa kecil hingga ke manusia. Selain bumi kita yang terus berevolusi, kehidupan manusia pun juga mengalami evolusi mulai dari masa purba hingga ke masa modern seperti sekarang ini yang dimana kehidupan manusia sudah mengalami kemudahan dari segala sisi, terutama kemajuan teknologi dan juga globalisasi.

Saat ini kita semua hidup di tahun 2021 dan seperti yang sudah saya katakan sebelumya, kehidupan kita sebagai manusia sudah mengalami banyak evolusi dari masa ke masa. Di tahun 2021 ini, kita menikmati berbagai macam hal dan juga sudah mengalami banyak hal, seperti peperangan, masalah lingkungan, dan lain sebagainya. Saat ini juga, sudah banyak orang - orang dari kalangan akademisi, ilmuwan, dan peneliti yang melakukan serangkaian prediksi mengenai bagaimana dunia kita dalam 50 - 100 tahun ke depan dan banyak juga film - film yang mengadaptasi prediksi - prediksi tersebut. Ada yang mengatakan jika kelak penjelajahan luar angkasa akan semakin masif jumlahnya dan akan semakin jauh, perkembangan teknologi AI yang akan semakin pesat, hingga warning masalah lingkungan dan iklim seperti potensi naiknya air laut yang akan menenggelamkan beberapa wilayah di dunia.

Selain itu, ada juga yang berpendapat jika tatanan sosial juga akan berubah dalam 50 - 100 tahun ke depan. Walaupun sifatnya hanya prediksi, tetapi beberapa prediksi kemungkinan akan terjadi seperti misalnya apabila isu lingkungan dan iklim tidak mendapatkan penyelesaian yang konkrit.

Nah, menurut pandangan dan opini youdics sekalian, apa yang kalian bayangkan mengenai dunia kita dalam 50 - 100 tahun kedepan ?

Bayangan saya seperti ini:

  1. 100 Tahun kedepan kemungkinan sudah ada perumahan atau tempat tinggal dalam laut. Kita perlu tahu bahwa permukaan laut semakin lama semakin naik akibat melelehnya es di kutub utara dan selatan. Mau tidak mau beberapa kota, kemungkinan jakarta dan sekitarnya tenggelam karena sudah berada dibawah titik permukaan laut terlalu jauh. Kita sebagai manusia tertekan dengan isu ini sehingga terpaksa membuat inovasi radikal seperti perumahan dalam laut. Ini mungkin saja terjadi, tidak ada yang mustahil karena memang sekarang sudah ada penelitian tentang tempat huni dalam laut.
  2. Manusia lebih individualis dan jarang keluar rumah karena semua sudah bisa dilakukan tanpa keluar rumah. Pekerjaan yang lebih mengutamakan fisik juga sudah banyak berkurang dan digantikan oleh robot serta komputer. Manusia lebih banyak bekerja pada sektor teknologi dan kantoran, bisa saja juga bekerja langsung dari rumah.
  3. Uang fisik sudah tidak banyak digunakan sebagai metode pembayaran, ini disebabkan metode pembayaran digital dengan mata uang digital lebih praktis digunakan dan tidak memakan tempat. Bank yang memproduksi uang pun sudah mulai berganti menjadi produksi mata uang digital tersertifikasi atau lisensi resmi, mungkin malah menggunakan cryptocurrency sebagai metode pembayaran utama.

Sangat sulit dibayangkan. Banyak sekali film yang menampilkan bayangan dimasa depan dan yang paling saya harapkan terjadi ialah teknologi yang semakin berkembang, alam yang terjaga, dan semua hidup makmur. Mungkin terlihat tidak mungkin apalagi jika teknologi semakin berkembang saya yakin semakin banyak orang yang menjadi individualis dan mungkin kejahatan akan semakin meningkat. Kalau khayalan mungkin saya membayangkan hal yang penuh dengan tantangan seperti film divergent.

Ini adalah hal yang sangat sulit dibayangkan. Perkembangan teknologi dewasa ini begitu pesat. Jika orang dari awal 2000-an bisa melihat masa kini, mungkin ia akan bingung melihat orang-orang memegangi layar sentuh persegi panjang kecil yang disebut “telepon pintar”. Orang dari 100 tahun yang lalu mungkin tidak akan mengira bahwa kita akan bisa berkomunikasi dengan orang dari jauh dengan mudah.

Demikian juga kita, jika kita membayangkan apa yang akan terjadi sampai 100 tahun kedepan. Dengan perkembangan teknologi, sosial dan budaya yang dinamis akan sangat sulit memprediksinya.

Mungkin yang cukup jelas, masa depan kendaraan berbahan bakar minyak akan musnah digantikan oleh kendaraan listrik yang akan menjadi hal normal. Perkembangan AI akan semakin pesat bahkan mungkin melampaui manusia. Dengan kemajuan teknologi sains, di masa depan adalah hal yang mungkin untuk membeli organ tubuh baru buatan laboratorium seperti halnya suku cadang kendaraan. Mungkin saja dengan majunya medis, harapan hidup manusia bisa meningkat. Mungkin perjalanan luar angkasa akan jadi hal yang biasa, dan manusia akan membuat koloni di planet lain.

Sangat banyak kemungkinan-kemungkinan gila yang dapat terjadi.