Bagaimanakah anatomi rambut manusia?

Rambut

Rambut atau sering disebut bulu adalah organ seperti benang yang tumbuh di kulit hewan dan manusia, terutama mamalia. Rambut muncul dari epidermis (kulit luar), walaupun berasal dari folikel rambut yang berada jauh di bawah dermis. Struktur mirip rambut, yang disebut trikoma, juga ditemukan pada tumbuhan.

Bagaimanakah anatomi rambut manusia?

Rambut merupakan salah satu adneksa kulit yang terdapat pada seluruh tubuh kecuali telapak tangan, telapak kaki, kuku, dan bibir. Rambut terdiri atas bagian yang terbenam dalam kulit (akar rambut) dan bagian yang berada di luar kulit (batang rambut).

Ada 2 macam tipe rambut yaitu rambut velus yaitu rambut halus yang sedikit mengandung pigmen dan rambut terminal yaitu rambut kasar yang mengandung banyak pigmen (Djuanda,2007).

Anatomi rambut

Rambut terdiri dari batang dan akar rambut. Batang rambut adalah Bagian rambut yang ada di luar kulit. Jika batang rambut kita potong melintang, maka terlihat tiga lapisan dari luar ke dalam, yaitu:

  • Kutikula yang terdiri dari sel-sel saling keratin yang datar (pipih) dan saling bertumpuk. Lapisan ini keras dan berfungsi melindungi dari kekeringan dan masuknya senyawa-senyawa asing dari luar ke dalam rambut.

  • Korteks rambut adalah lapisan yang lebih dalam, terdiri dari serabut polipeptida yang memanjang, tersusun rapat. Lapisan ini sebagian besar terdiri dari pigmen rambut dan rongga- rongga udara. Struktur korteks menentukan tipe rambut: lurus, berombak, atau keriting.

  • Medulla rambut dapat disamakan dengan sumsum rambut. Ia terdiri dari tiga atau empat lapis sel kubus, berisi keratohyalin, butir-butir lemak, dan rongga udara. Rambut velus tidak memiliki medulla.

  • Akar rambut atau folikel rambut terletak di dalam lapisan dermis kulit. Folikel rambut dikelilingi oleh pembuluh- pembuluh darah yang memberikan makanan.

    Akar rambut terdiri dari dua bagian, yaitu :

    • Umbi rambut adalah bagian rambut yang akan terbawa jika rambut kita cabut.
    • Papil rambut adalah baigan yang akan tertinggal di dalam kulit meskipun rambut dicabut sampai ke akar-akarnya, sehingga akan terjadi pertumbuhan rambut baru kecuali jika papil rambut itu dirusak, misalnya dengan bahan kimia atau arus listrik (Djuanda,2007).

Gambar Anatomi Rambut

Siklus pertumbuhan rambut

Rambut tumbuh secara siklik. Siklus pertumbuhan rambut secara normal adalah sebagai berikut :

  • Fase anagen : disebut juga sebagai fase pertumbuhan dimana sel-sel matriks melalui mitosis membentuk sel-sel baru mendorong sel-sel yang lebih tua ke atas. Lamanya fase ini adalah 2-6 tahun dengan kecepatan tumbuh 0,35mm per hari.

  • Fase katagen : merupakan masa peralihan yang didahului oleh penebalan jaringan ikat di sekitar folikel rambut. Bagian tengah akar rambut menyempit dan bagian di bawahnya melebar dan mengalami pertandukan sehingga terbentuk gada (club). Masa ini berlangsung 2-3 minggu.

  • Masa telogen : merupakan masa istirahat dimulai dengan memendeknya sel epitel dan berbentuk tunas kecil yang membuat rambut baru sehingga rambut gada akan terdorong keluar.
    Lama masa anagen adalah berkisar 1000 hari sedangkan masa telogen sekitar 100 hari. Jumlah folikel rambut pada kepala manusia berkisar 100.000 dengan jumlah rambut yang rontok perhari sekitar 100 helai (Djuanda,2007).