Bagaimana Uranus Ditemukan?

Uranus, planet yang ditemukan dari ketidaksengajaan.

Uranus ditemukan oleh Herschel. Pada tanggal 13 Maret 1781 Herchel melakukan pengamatan bintang-bintang dalam rasi bintang Gemini. Saat itu Herschel menemukan sebuah bintang berbentuk cakram. Herschel menemukan kejanggalan karena semua bintang, kecuali Matahari, hanya tampak sebagai titik-titik cahaya meskipun diamati dengan teleskop yang paling kuat. Selama beberapa malam Herschel melakukan pengamatan terhadap bintang itu dan mendapatinya sebagai bintang bergerak. Herschel menyimpulkan benda itu sebagai komet.

Para ahli astronomi melanjutkan pengamatan Herschel terhadap benda yang diduga komet itu. Dari hasil pengamatan, mereka menemukan benda itu bergerak mengikuti orbit yang hampir bulat. Seiring dengan perjalanan waktu, akhirnya mereka mengetahui bahwa benda itu adalah sebuah planet dan menobatkan Herschel sebagai penemunya. Herschel memberi nama planet itu Georgium Sidus (Bintang George), sesuai dengan nama raja yang berkuasa pada waktu itu –George III–. Johann Elert Bode, ahli astronomi Jerman, menamai planet itu Uranus karena planet-planet dinamai dengan nama dewa-dewa kuno.

Gerakan dan tubuh planet uranus Uranus merupakan planet ke tujuh dari Matahari dalam sistem tata surya. Jarak rata-rata Uranus dari Matahari adalah 2.870 juta km. Planet yang berdiameter 51.488 km ini membutuhkan waktu selama 84,01 tahun Bumi untuk satu kali mengorbit Matahari. Untuk satu kali rotasi, Uranus membutuhkan waktu 24 jam.

Uranus masuk ke dalam empat planet terbesar dalam sistem tata surya dan memiliki massa sebesar 86,8 x 1024 kg. Uranus memiliki kerapatan 1,270 kg/m3. Suhu maksimum permukaan mencapai −200 derajat Celcius. Planet ini memiliki bentuk mirip dengan Satelit alam. Jika dilihat menggunakan teleskop, Uranus akan tampak berwarna biru kehijauan dan tidak ada tanda-tanda kehidupan di sana.

Uranus mempunyai diameter empat kali lebih besar dari diameter Bumi. Uranus memiliki massa 15 kali lebih besar dari massa Bumi. Uranus 19 kali lebih jauh dari Matahari daripada Bumi.

Sumber: