Bagaimana upaya pemerintah dalam mengajak masyarakat dan elemen yang terkait dalam bersinergi mencapai ketahanan pangan?

download

Bagaimana menurut Anda uaya pemerintah dalam mengajak masyarakat dan elemen yang terkait dalam bersinergi mencapai ketahanan pangan

Pada dasarnya pembangunan ketahanan pangan merupakan pemberdayaan masyarakat, yang berarti meningkatkan kemandirian dan kapasitas masyarakat untuk berperan aktif dalam mewujudkan ketersediaan, distribusi dan konsumsi pangan dari waktu ke waktu. Dengan banyaknya pihak yang terlibat dalam pengembangan sistem ketahanan pangan, kiranya perlu dibangun kerja sama yang sinergis dan terarah antar institusi dan komponen masyarakat . Program pengembangan ketahanan pangan yang akan dilaksanakan harus direncanakan bersama masyarakat yang mengetahui secara persis akan kebutuhan dan potensi yang ada dilingkungannya. Keberhasilan pemantapan ketahanan pangan akan ditentukan dari keseriusan kinerja dari berbagai pihak yang terlibat didalamnya.

Untuk meningkatkan kemandirian masyarakat dalam pemberdayaan masyarakat dapat ditempuh melalui beberapa pendekatan, antara lain:

  • Pengembangan kapasitas untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing
    Dapat dilakukan melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan serta pengembangan teknologi yang berdasarkan spesifikasi daerah yang mempunyai keunggulan dalam kesesuaian dengan ekosistem setempat dan memanfaatkan input yang tersedia di lokasi serta memperhatikan keseimbangan lingkungan.

  • Penyediaan fasilitas kepada masyarakat
    Penyediaan fasilitas kepada masyarakat tidak terbatas pada pengadaan sarana produksi saja, namun juga sarana pengembangan agribisnis lain yang diperlukan seperti informasi pasar, peningkatan akses terhadap pasar, penyediaan modal usaha dan membuka kerjasama dengan mitra usaha lain. Dengan demikian lebih menjamin bahwa masyarakat tidak hanya memproduksi pangan, namun mendapatkan keuntungan dari usahanya sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan hidupnya.

  • Revitalitasasi kelembagaan dan sistem ketahanan pangan masyarakat
    Revitalitasasi kelembagaan dan sistem ketahanan pangan masyarakat dimaksudkan untuk pengembangan lumbung pangan sebagai upaya untuk menampung hasil dalam jangka waktu tertentu dan pemanfaatan potensi bahan pangan lokal serta peningkatan spesifikasi berdasarkan budaya lokal sesuai dengan perkembangan selera masyarakat yang dinamis.

Referensi

Purwanto, A. B. 2012. Penguatan Kapasitas Masyarakat dalam Ketahanan Pangan di Daerah Tertinggal: Studi Kasus di Distrik Agimuga, Mimika, Papua. Jurnal Sosiokonsepsia . 17(3): 294-317.