Bagaimana upaya pelestarian Laut di Indonesia ?

ekosistem laut

Pelestarian bisa diartikan sebagai upaya atau usaha kita untuk menjaga dan memelihara sesuatu yang masih berkaitan erat dengan lingkungan. Jika arti kata pelestarian kita hubungkan dengan laut, maka memiliki arti upaya manusia dalam memelihara dan menjaga lingkungan laut. Bagaimana upaya pelestarian Laut di Indonesia ? Apa saja yang bisa kita lakukan ?

Berikut ini beberapa bentuk upaya yang dilakukan pemerintah Indonesia untuk pelestarian laut:

  1. Limbah Industri Dilarang Dibuang Di Laut
    Industri merupakan penghasil limbah berbahaya nomor satu bagi lingkungan laut. Pada limbah industri biasanya terkandung berbagai macam zat-zat kimia yang berbahaya dan jika dibuang ke laut maka bisa mengancam kehidupan biota yang ada di laut. Sehingga larangan pembuangan limbah industri ke laut merupakan salah satu upaya pelestarian yang dilakukan pemerintah Indonesia.

  2. Mencegah Polusi Air Laut
    Polusi air laut bisa berupa hasil dari tumpahan minyak dari kapal tanker maupun kapal lain yang sengaja membuang sisa bahan bakar ke laut. Akibat dari kejadian ini, maka banyak biota laut yang akan mati, bahkan tumpahan minyak tersebut juga bisa meracuni burung-burung laut dan biasanya tumpahan minyak bisa menjebak burung sehingga tidak mampu terbang. Tidak hanya itu, ikan pun akan mati akibat kekurangan oksigen terlarut dalam air karena adanya lapisan minyak di permukaan air. Mencegah terjadinya tumpahan minyak merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan sebagai bentuk menjaga lingkungan laut.

  3. Larangan Penangkapan Ikan Menggunakan Bahan Peledak
    Bahan peledak sangat berbahaya bagi lingkungan biota laut jika digunakan untuk penangkapan ikan. Selain itu penggunaan bahan peledak ini dapat membunuh seluruh ikan di area tangkapan baik yang berukuran kecil maupun besar, serta dapat merusak terumbu karang yang menjadi tempat hidup biota laut. Perlu diingat bahwa terumbu karang membutuhkan waktu puluhan tahun untuk tumbuh beberapa centi saja. Jika penangkapan ikan menggunakan bahan peledak diteruskan, maka lingkungan laut tersebut akan rusak dan tak akan ada lagi ikan yang bisa hidup di tempat tersebut. Sehingga pelarangan penggunaan bahan peledak dinilai sangat penting sebagai bentuk upaya pelestarian dari laut Indonesia.

  4. Mengadakan Reboisasi Pantai
    Erosi dan Abrasi laut sering terjadi pada daerah pantai yang gundul. Abrasi sendiri diartikan sebagai pengikisan atau penggerusan daratan yang diakibatkan oleh berbagai macam hal diantaranya gelombang. Salah satu cara mencegah abrasi ini yaitu dengan menanam pohon bakau atau reboisasi, sehingga gelombang yang datang kecepatan dan tenaganya bisa di redam oleh tanaman bakau ini. Tanaman bakau (mangrove) juga merupakan tempat bagi berbagai macam biota yang hidup di laut, sehingga keberadaanya sangat penting bagi pelestarian lingkungan wilayah di pantai dan laut.

Sumber:
https://www.plengdut.com/upaya-pelestarian-laut-di-indonesia/15/