Bagaimana ukuran terrarium yang baik untuk bearded dragon?

Bagaimana ukuran terrarium yang baik untuk bearded dragon?

image

Meskipun ukurannya tidak terlalu besar (sekitar 30-50cm maksimum), BD perlu ruang yg luas untuk tempat tinggalnya. BD dewasa senang memakan hewan-hewan kecil apa saja yg bergerak, BD bayi harus dipisahkan dari yang ABG (remaja) dan dewasa. BD jantan bersifat teritorial, minimum ukuran tank yg diperlukan utk 1 jantan adalah ukuran 75 gallon. Jumlah BD yg terlalu banyak di satu terarium akan membuta BD menjadi mudah strees, gak mau makan,suka ngumpet dan berantem hingga jari-jari dan kukunya kan putus.
Ukuran vivarium harus seimbang antara tinggi dan lebar, BD bias bergerak sangat cepat saat memanjat ataupun berlari keliling kandang, jadi sebaiknya vivarium memiliki bukaan atas,supaya jangktrik juga tidak mudah loncat keluar kandang. Tempat tinggal BD harus nyaman, dengan ventilasi udara yg bagus, tapi tetap hangat. Bagian atas dari kandang sebaiknya terbuat dari bahan yg berlubang-ubang kecil seperti kawat kasa.Pastikan bagian atas kuat menahan lampu buatan yg biasanya lumayan berat. Sebaiknya di sebuah vivarium terbagi dengan daerah berpasir, batu besar dan kolam, tapi apabila susah bisa diganti dengan alas koran dan karpet. Ranting yg kuat untuk mereka memanjat juga sangat penting, karena BD senang sekali meanjat dan nongkrong sambil berjemur. Jangan sekali-kali menggunakan pasir untuk kucing atau cat litter, serbuk kayu dan potongan batang jagung. Pasir lebih baik dicuci dahulu, supaya bebas bakteri dan kuman.

Bearded dragon memiliki metabolisme tinggi, jadi kandang harus mudah dibersihkan. Kalau menggunkan pasir bisa di sekop tiap kali mereka buang hajat. BD memiliki bau kotoran yg menurut saya loh…paling bau diantara semua jenis kadal kecil. BERSIHKAN KANDANG SECARA MENYELURUH SEBULAN SEKALI, TERMASUK PENCUCIAN DAN PENJEMURAN PASIR! Biasanya 3 bulan sekali pasir diganti, apabila memiliki lebih dari satu BD lebih baik pasir diganti sebulan sekali, kalo pake koran harus di ganti tiap pagi.