Bagaimana traveloka dapat meyakinkan masyarakat menggunakan aplikasinya untuk pemesanan tiket dan booking online?

Traveloka adalah perusahaan travel online Asia Tenggara terkemuka yang menyediakan beragam kebutuhan travel dalam satu platform. Perusahaan ini telah menjalin kemitraan dengan lebih dari 100 maskapai domestik dan internasional, yang melayani lebih dari 200.000 rute di seluruh dunia. Traveloka juga memiliki persediaan akomodasi yang bervariasi dari hotel, apartemen, wisma tamu, homestay, hingga vila dan resor. Traveloka menyediakan lebih dari 40 pilihan pembayaran untuk konsumen di Indonesia, Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura dan Filipina, dengan bantuan 24/7 dari layanan pelanggan lokal dalam bahasa ibu mereka. Selain itu, aplikasi mobile-nya telah diunduh lebih dari 30 juta kali, menjadikannya aplikasi pemesanan perjalanan paling populer di wilayah ini.

Ditengah kesibukan masyarakat yang cukup banyak menyita waktu, membuat masyarakat yang ingin atau hendak berlibur dan bepergian ke luar kota bahkan luar negeri tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan pembelian tiket atau pemesanan hotel secara konvensional. Dengan adanya hal tersebut, perkembangan dan pertumbuhan Traveloka bisa dikatakan sangat cepat, dikarenakan beberapa faktor, seperti:

1. Educational background
Latar pendidikan dari pendiri traveloka yang terus berinovasi untuk mengembangkan aplikasi traveloka semakin baik dalam memuaskan konsumen.

2. Timing
Kemunculan aplikasi traveloka tepat saat internet di Indonesia sedang berkembang. Dengan dikembangkannya transaksi online pada aplikasi traveloka, diharapkan bisa menjadikan proses pemesanan tiket dan booking hotel menjadi lebih mudah dan praktis. Sehingga masyarakat yang pada saat itu masih menggunakan metode konvensional bisa beralih ke transaksi online.

3. Mudah
Kemudahan transaksi ditawarkan traveloka dalam pemesanan tiket dan booking hotel juga menjadi salah satu faktor masyarakat beralih menggunakan traveloka, karena prosesnya yang mudah, cepat, dan tidak memerlukan banyak waktu dan tenaga.

4. Metode pembayaran yang beragam
Beragamnya metode pembayaran yang ditawarkan traveloka seperti melalui ATM dari berbagai bank, Kartu Kredit, Mandiri eCash, dan lain-lain sangat memudahkan konsumen dalam melakukan transaksi.

5. Harga termurah
Traveloka juga memberikan tawaran harga yang lebih murah dibandingkan dengan agen penjualan tiket online lainnya. Hal tersebut juga menjadi salah satu faktor masyarakat yakin dan beralih menggunakan aplikasi traveloka.

6. Inventori hotel
Traveloka menyediakan banyak daftar hotel beserta harganya baik di Indonesia maupun di luar negeri. Sehingga hal tersebut sangat memudahkan konsumen dalam memilih dan melihat daftar hotel yang akan dipesan.

7. Siap 24/7
Traveloka juga memberikan pelayanan selama 24 jam jika konsumen mengalami kesulitan dalam proses transaksi dan lainnya.

References

https://www.viva.co.id/gaya-hidup/travel/533425-7-hal-yang-membuat-traveloka-menjadi-top-travel-company

  • Traveloka menyediakan beberapa fitur pemesanan online, seperti Tiket Pesawat, Kereta, booking Hotel, Tempat Rekreasi, dll. Setiap fitur memiliki kelebihan masing-masing bagi masyarakat. Dalam fitur pemesanan tiket hiburan/rekreasi, Sedikitnya ada 6 keuntungan yang membuat masyarakat memilih untuk beralih memesan tiket wahana rekreasi dan hiburan melalui Traveloka:

  • 1. Hemat Waktu


    Penghematan waktu, karena Anda tidak perlu mengantre ataupun mencetak e-voucher. Anda cukup membawa smartphone dan menunjukkan e-voucher yang telah dipesan lewat Traveloka App.

  • 2. E-Voucher Instant

    Traveloka juga menawarkan penerbitan e-voucher instan untuk beragam atraksi populer yang ditandai dengan logo berwarna biru dan ikon kilat. Khusus untuk pilihan tersebut, e-voucher akan terbit hanya dalam beberapa menit setelah Anda selesai melakukan pembayaran.

  • 3. Banyak Promo

    Harga yang ditawarkan oleh Traveloka sangat kompetitif. Tak jarang terdapat promo-promo menarik untuk tiket pesawat, kereta, penginapan dan tentu saja hiburan rekreasi. Jika ada promo yang berlangsung, kamu bisa langsung menggunakan kupon yang tersedia. Tapi ingat, untuk bisa mendapatkan potongan harga khusus, harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku di setiap promo terlebih dahulu.

  • 4. Ribuan Wahana Wisata Domestik

    Untuk kawasan domestik, saat ini Traveloka menyediakan ribuan pilihan aktivitas dan rekreasi di lebih dari 100 kota di 27 provinsi se-Indonesia. Beberapa tempat populer seperti Taman Impian Jaya Ancol, Trans Studio Bandung, Kidzania Jakarta, Jungleland Bogor, Waterbom Bali, Martha Tilaar Spa, De Tones Karaoke, dan tur harian seperti Tur Orang Utan Bukit Lawang, sudah tersedia dan dapat dipesan di Traveloka.

  • 5. Atraksi Menarik di Luar Negeri

    Traveloka juga menawarkan pilihan atraksi di kawasan internasional seperti Universal Studios Singapore, Hong Kong Disneyland, Legoland Malaysia, bahkan tiket F1 Singapore Grand Prix 2017 yang akan dihelat pada 15 September 2017 kemarin.

  • 6. Metode pembayaran yang beragam

    Traveloka memiliki beragam metode pembayaran untuk memudahkan masyarakat bertransaksi online. Seperti melalui kartu kredit, ATM, SMS dan Internet Banking, Direct Debit (CIMB Click, Mandiri Clickpay, Mandiri Debit, dan BCA Klikpay) bahkan pembayaran sudah bisa dilakukan melalui minimarket terdekat seperti Indomaret dan Alfamart.

  • 7. Akses dari satu Aplikasi

    Setelah bisa memesan tiket pesawat atau kereta api, hotel dan beli pulsa untuk internet dari satu aplikasi namanya Traveloka App, kini Anda juga bisa mengakses tiket masuk ke wahana dan rekreasi yang dituju di aplikasi yang sama. Masyarakat tak perlu buka tutup aplikasi, cukup dari Traveloka App Anda sudah dapatkan tiket-tiket yang dibutuhkan untuk liburan.

  • Transaksi Online yang Aman


  • Keamanan tentu menjadi salah satu faktor yang penting dalam menarik minat masyarakat bertransaksi online. Sistem Traveloka telah menggunakan teknologi SSL dari RapidSSL untuk menjamin keamanan proses transaksi online yang kita lakukan. Konfirmasi instan mengenai tiket dan pembayaran yang kita lakukan akan dikirim secara privasi melalui email. Jadinya, saat check in pesawat kita tinggal menunjukkan e-ticket saja
  • Referensi :

    Sumber gambar :

  • Segelintir orang pasti bermimpi berkeliling dunia, tapi beberapa dari mereka takut melakukannya karena menurut mereka traveling akan memakan biaya yang tidak sedikit. Apalagi kita hidup di zaman dimana travelling sudah menjadi sebuah gaya hidup. Banyak solusi tentunya untuk memperlancar kegiatan travelling kita, salah satunya menggunakan bantuan aplikasi-aplikasi pendukung travelling, seperti Traveloka. Namun apa yang membuat Traveloka seolah menjadi aplikasi pilihan utama traveler, terutama di Indonesia? Berikut adalah alasannya:

    1. Penerbangan murah sepanjang tahun
    Traveloka selalu menyediakan pilihan penerbangan yang anda butuhkan dengan harga yang terjangkau sepanjang tahunnya.

    2. Banyak pilihan hotel
    Setelah Anda memesan penerbangan, tentunya perlu akomodasi. Di traveloka tersedia pilihan hotel termurah sampai yang paling mewah.

    Ada banyak hotel bagus yang dapat ditemukan di Traveloka. Tentu saja Anda tidak akan tahu seberapa bagus sebuah hotel sampai Anda mencobanya sendiri. Tapi Anda bisa menilai sebuah hotel berdasarkan ulasan yang diberikan oleh orang lain.

    Traveloka selalu mendorong penggunanya untuk meninggalkan umpan balik mereka tentang hotel yang baru saja mereka kunjungi. Umpan balik baik mereka akan membantu wisatawan lain membuat keputusan yang lebih baik mengenai pilihan hotel mereka.

    3. Memberi banyak diskon
    Traveloka memberikan banyak diskon . Tentunya diskon berjangka waktu. Terdapat banyak diskon penerbangan dan hotel.

    4. Promosi yang berarti
    Pengguna pada umumnya ingin menghemat uang. Jadi ketika pengguna membeli sesuatu, seharusnya tidak hanya murah, tapi juga pengguna tersebut nilai tambah. Yang terpenting, harus memenuhi kebutuhan pengguna. Tentunya Traveloka selalu berusaha memenuhi kebutuhan pengguna.

    Di Malaysia, setiap hari Jumat terdapat promo TGIF, dimana pengguna dapat menikmati hingga 73% dari beberapa hotel terpilih di beberapa lokasi populer.

    5. Traveloka selalu memberitahu pengguna penawaran terbaru
    Traveloka selalu memastikan bahwa semua pelanggan mereka dapat menikmati jenis keuntungan yang sama, yaitu mendapatkan penghematan sebanyak mungkin untuk penerbangan dan hotel.

    Jika Anda berlangganan newsletter mereka, Anda akan mendapatkan akses khusus ke promosi spesial mereka. Jadi setiap kali Traveloka tampil dengan promosi baru, Anda akan menjadi orang pertama yang tahu.

    6. Traveloka menghargai loyalitas dan dukungan pengguna
    Sebagai konsumen, tentunya kita ingin ada feedback dari layanan yang kita gunakan. Setelah Anda membeli penerbangan atau hotel di Traveloka, Anda berhak atas imbalan perjalanan mereka. Apa sebenarnya imbalan ini? Jawabannya adalah diskon.

    7. Layanan pelanggan yang responsif
    Meskipun kita tidak bisa selalu menghindari masalah, setidaknya kita bisa mengelolanya. And bahkan tidak perlu menghubungi kantor mereka untuk mendapatkan bantuan. Yang harus Anda lakukan adalah pergi ke Pusat Bantuan mereka . Sudah banyak pertanyaan yang sering diajukan ditampilkan di sana. Tanyakan dan dapatkan informasi yang Anda butuhkan tentang pengembalian uang, pembatalan, perubahan, informasi hotel dan penerbangan, dan banyak lagi.

    Anda juga bisa memulai live chat dengan bagian layanan pelanggan. Ini mungkin pilihan yang lebih baik daripada menghubungi mereka melalui email atau telepon. Anda juga bisa menghubungi mereka melalui Facebook, Google dan Twitter.

    8. Pemesanan online yang aman
    Dengan begitu banyak kecurangan di dunia digital saat ini, wajar untuk mewaspadai transaksi online terutama saat Anda melakukan pembelian besar dengan menggunakan kartu kredit Anda.

    Jangan khawatir tentang melakukan pembelian di portal pemesanan Traveloka karena situs ini dilindungi oleh teknologi resmi RapidSSL. Anda bisa tenang bahwa data dan privasi Anda selalu aman.

    Setelah Anda memesan penerbangan atau hotel Anda, voucher e-ticket atau hotel Anda kemudian akan dikirim ke email Anda.

    Referensi:
    https://blog.traveloka.com/en/travel-guides-and-tips/top-10-reasons-why-you-should-travel-with-traveloka/

    Sumber gambar:
    http://blog.traveloka.com/en/wp-content/uploads/sites/3/2016/09/shutterstock_367853279.jpg

    image

    Traveloka adalah perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia. Traveloka memiliki basis operasional di Jakarta. Perusahaan didirikan pada tahun 2012 oleh Ferry Unardy Derianto Kusuma dan Albert. Pada Maret 2012, Ferry bersama 2 orang rekannya, Derianto Kusuma dan Albert yang juga berprofesi sebagai engineer memutuskan untuk mulai membangun konsep dan core business untuk menjalankan Traveloka. Melalui sistem pengembangan konsep e-commerce dan segala hal berupa kebutuhan teknis secara mandiri, akhirnya Traveloka berhasil dirilis dalam versi beta pada periode Oktober 2012.

    Pelayanan dan inovasi yang berkualitas dan tersistematis menjadi salah satu kunci kesuksesan Traveloka dalam meyakinkan masyarakat untuk memakai aplikasi Traveloka. Tidak hanya itu, Traveloka juga telah berekspansi dengan meluaskan core bisnis dalam boking hotel penjualan voucher hotel dengan berbagai pilihan serta diskon menarik.

    Sistem traveloka kian maju, hal ini mungkin tidak lepas dari diluncurkannya aplikasi mobile traveloka yang mana kita semua bisa memesan tiket dan hotel hanya lewat gadget dan smartphone, tidak hanya itu, sistem Traveloka juga memungkinkan kita untuk me-refund (menunda atau membatalkan) tiket yang sudah kita pesan, kita juga dapat membadingkan harga hotel maupun tiket transportasi, jelas hal ini adalah sebuah inovasi yang membuat nama Traveloka semakin besar dan populer karena segala kemudahan yang ditawarkannya khususnya dalam industri transportasi.

    Referensi : http://www.teknokreatipreneur.com/2017/08/startup-traveloka.html