Bagaimana tips untuk menahan marah menurut psikologi?

marah

Emosi sebenarnya memiliki peranan yang cukup penting di dalam kehidupan seseorang. Emosi merupakan bagian di dalam gen individu serta memiliki kesamaan atara orang ke orang lainnya. Emosi bersifat fisik serta didasarkan dari insting manusia. Namun meskipun begitu, jika emosi yang dirasa terlalu berlebihan tentu saja menyebabkan kerugian pada diri anda bahkan pada orang lain di sekitar anda.

Bagaimana tips untuk menahan marah menurut psikologi ?

Berikut ini ada beberapa tips menahan emosi yang bisa dilakukan :

  1. Mencoba Diam

  2. Menenangkan Diri

  3. Mencoba Untuk Berempati

  4. Cobalah Untuk Tersenyum

  5. Ceritakan Masalah Pada Orang Lain Terpercaya

  6. Introspeksi Diri

  7. Alihkan Pikiran Anda

  8. Berpikir Logis dan Tidak Emosional

  9. Lakukan Meditasi

  10. Belajar Mengenai Emosi Marah

  11. Coba Memikirkan Solusi Singkat

  12. Ungkapkan Marah Secara Asertif

  13. Ingat Dampak Negatif Yang Bisa Terjadi

  14. Memaafkan dan Melupakan

  15. Berolahraga

  16. Membaca

  17. Biarkan Semua Berlalu

  18. Fokus Pada Hal Yang Bisa Anda Kontrol

Bagi anda yang sulit mengendalikan emosi, anda bisa menerapkan tips berikut ini :

  1. Pikirkan Perasaan Orang Lain
    Ketika anda marah maka anda tidak bisa berpikir jernih dan menyebabkan siapapun akan terkena dampaknya. Namun jika anda melakukan hal tersebut maka anda melakukan hal yang sama dengan orang yang membuat anda “merasa emosi/marah”. Layaknya anda pernah merasa disakiti, maka anda juga seharusnya bisa memperhatikan perasaan orang lain terutama mereka yang sebenarnya memperhatikan dan memahami anda selama ini.

  2. Hari Ini Hari Terakhir Anda Hidup
    Bagaimana ternyata jika hari ini adalah hari terakhir anda hidup? apakah anda merasa bahwa anda akan menyesal karena membuat permasalahan atau membawa rasa bersalah dalam kehidupan anda. Hal ini cukup ampuh untuk mereka yang sulit untuk mengontrol emosi. Anda bisa menganggap hari dimana anda marah atau emosi sebagai hari terakhir Anda hidup. Nantinya emosi Anda akan mereda dengan sendirinya karena Anda ingin pergi dengan keadaan yang lebih baik bukan dengan keadaan marah atau dengan emosi yang menggebu.

  3. Cari Hiburan
    Mencari hiburan merupakan hal yang wajar ketika anda mencoba untuk mencairkan suasana emosi atau suasana kesal. Sehingga anda tidak perlu capek atau lelah untuk mengendalikan emosi anda. Terutama untuk anda yang mudah terhibur akan hal-hal kecil.

  4. Catat atau Tuliskan
    Mencatat atau menuliskan rasa kesal yang anda miliki akan berbuah manis dan bisa membantu anda mengendalikan emosi. Mencatat atau menceritakan dengan menulis juga akan mengurangi rasa kesal anda dan mengurangi pembicaraan seperti menceritakan aib orang lain dari anda. Sehingga kesal hilang rahasiapun tersimpan dengan baik.

  5. Tenangkan Diri
    Menenangkan diri bisa dengan cara apa saja dan bagaimana saja tergantung masing-masing orang. Ada yang justru menjauhi keramaian karena semakin emosi atau marah. Ada juga yang sengaja mencari teman. Apapun caranya sebaiknya anda tenangkan diri anda dengan baik.

  6. Ceritakan Pada Orang Lain
    Menceritakan kekesalan anda pada orang lain akan membuka pemikiran atau pandangan anda tentang masalah yang sedang dihadapi. Dimana anda bisa memahami apakah masalah tersebut memang memberatkan anda atau tidak. Karena orang lain tidak terlibat maka mereka bisa berpikir lebih jernih dan bisa memberikan pendapat.

  7. Memaafkan
    Terkadang anda yang merasa emosi disebabkan oleh perasaan yang berlebihan. Padahal faktanya adalah seseorang yang memang memiliki permasalahan atau membuat anda emosi tidak separahnya. Nah cara yang paling ampuh tentu adalah memaafkan rasa marah yang ada. Sulit memang namun seperti melepaskan hal mengganjal yang tidak anda inginkan dengan sukarela memang tidak mudah. Cobalah untuk memaafkan mereka yang membuat masalah dan rasa emosi itu terus ada.

Beberapa cara untuk menahan marah antara lain :

  • Selalu berfikir positif terhadap segala sesuatu
  • Menganalisis terlebih dahulu setiap ada permasalahan yang akan memicu Anda untuk emosi
  • Jangan mencoba untuk mengeluarkan amarah terlebih dahulu
  • Memikirkan dampak negatif dari emosi yang akan Anda keluarkan
  • Walaupun bersabar ada batasnya, namun mencoba untuk selalu bersabar adalah cara yang tepat untuk Anda lakukan
  • Selesaikan masalah dengan musyawarah
  • Lakukan pernafasan secara rileks jika emosi Anda akan keluar
  • Usahakan untuk melakukan terapi atau meditasi untuk melatih Anda dalam menghilangkan emosi negatif pada diri Anda.