Bagaimana tips teknik melatih mental Murai Batu ?

murai batu mental bagus

Bagaimana tips teknik melatih mental Murai Batu ?

Tips teknik melatih mental Murai Batu antara lain :

  1. Siapkan 2 ekor Murai dalam sangkar masing-masing, sedangkan siapkan juga
    Murai Anda dengan keadaan sangkar yang dikredong. Setelah itu gantung sangkar Murai Anda, dan biarkan Murai lain dilantai dengan rentang jarak sekitar 4-5 meter antara satu sangkar dengan yang lainnya.

  2. Setelah itu biarkan Murai yang dibawah saling sahut-sahutan dan gacor.

  3. Setelah itu Anda harus perhatikan Murai Anda yang berada di dalam sangkar, apakah ikut berkicau atau tidak? jika iya, maka tunggulah sampai Murai Anda antusias dalam berkicau.

  4. Setelah dirasa antusias, bukalah kredong yang menutupi sangkar sampai setengah bagian. Setelah itu tunggulah beberapa saat.

  5. Jika Murai sudah mengintip dari celah kredong, maka bukalah kredong tersebut selama 5 menit dan biarkan Murai-Murai tersebut berada kicauan. Setelah 5 menit berlalu, barulah Anda tutup kembali.

  6. Untuk menghasilkan kesempurnaan dalam hasil, Anda bisa melakukan teknik melatih mental Murai Batu ini selama 2 kali putaran.

  7. Jika sudah 2 kali putaran, Anda bisa pisahkan Murai Anda dari Murai-Murai yang lain. caranya dengan menggantangkan burung ini ke tempat yang lebih sepi dan biarkan Ia berkicau sendirian.

  8. Bila perlu berikan vitamin alami OrBird untuk membuat kondisi fisik dan psikis nya menjadi lebih stabil.

Burung murai batu walaupun dikenal dengan karakter petarung tetapi pada beberapa kejadian burung murai batu drop. Nah kondisi drop murai batu biasanya ditandai dengan kondisi burung males, baik itu males bunyi dan malas bergerak seperti biasanya. Kondisi murai batu yang ngedrop tentu sangat membuat pemilik menjadi khawatir .

Kondisi drop murai batu bisa dikarenakan beberapa penyebab. Penyebab utamanya adalah karena tekanan psikis atau mentalnya, bisa dikarenakan perawatan yang asal-asalan, prilaku kasar dari pemilik, trauma terhadap hewan sekitar (kucing anjing dll), akibat perjalanan yang panjang tanpa kondisi yang bagus, atau bisa juga karena kalah dalam bertarung.

Kondisi drop ini lebih sering terjadi pada murai batu yang masih muda, karena belum matangnya mental dan umur. Murai batu yang sudah mempunyai umur yang cukup dan mental yang matang biasanya lebih cepat mengembalikan mentalnya pada kondisi semula. Jika murai batu belum matang atau masih muda biasanya memerlukan waktu yang agak lama kesabaran dari pemiliknya.

Mengatasi Murai Batu Ketika Mengalami Drop Mental

  1. Berikan suasana yang tenang pada murai batu, dan kerondong sangkar secara full, temapatkan di tempat yang tidak berisik.

  2. Usahakan jangan biarkan murai batu mendengar suara kicau atau melihat murai batu lainnya.

  3. Tingkatkan pemberian makanan yang disukai murai batu, misal suka jangkrik maka berikan jangkrik lebih banyak bisa memberikan jangkrik menjadi 10 ekor. 5 ekor Pagi dan 5 ekor Sore. Atau jika murai anda menyukai ulat beri ulat atau yang lainnya.

  4. Sesering mungkin melakukan pengembunan dan penjemuran pada murai batu yang sedang drop. Terlebih dahulu hindari memandikan murai batu, karena bisa menambah tingkat stresnya.

  5. Beri vitamin dan suplemen yang anda percaya sebagai penjaga kesehatannya.

  6. Jika rawatan bagus dalam waktu seminggu murai sudah terlihat agresif lagi dan mental akan berangsur kembali menjadi normal.