Bagaimana Tips Perawatan Mata Panda yang Tepat?

mata panda

Menurut dr. Dewi Hasanah, SpKK menyatakan bahwa hitam (di bawah mata) itu bukan pigmentasi, tapi pembuluh darah yang melebar. Jadi, mau dikasih pencerah sebanyak apa juga enggak akan berefek. Oleh karenanya hal ini dapat kita lakukan dengan berupaya agar mata panda tidak semakin parah. Bagaimanakah tips perawatan mata panda dengan tepat?

1 Like

Perawatan di rumah dan pola hidup sehat dapat menjadi solusi tepat menghilangkan kantung mata, di antaranya:

  1. Kompres mata Anda dengan lap bersih yang telah dibasahi dengan air dingin. Kompres mata selama beberapa menit dengan sedikit memberi tekanan pada mata Anda. Anda bisa memanfaatkan kantung berisi teh hijau atau potongan mentimun sebagai kompres. Atau Anda bisa menggunakan masker gel mata yang kini banyak dijual di pasaran.

  2. Perbaiki jam tidur Anda dengan waktu yang cukup yakni 7 hingga 8 jam sehari.

  3. Posisi tidur dengan kepala sedikit terangkat akan membantu mengatasi masalah kantung mata Anda. Tidurlah dengan bantal tambahan untuk menopang kepala. Cara menghilangkan kantung mata ini membantu mencegah cairan menumpuk di sekitar mata saat Anda tidur.

  4. Hindari minuman beralkohol dan berkafein, karena dapat menyebabkan dehidrasi ringan, mengganggu jam tidur, dan membuat kantung mata serta lingkaran hitam nampak lebih jelas.

  5. Asupan cairan yang cukup dapat menghindarkan Anda dari dehidrasi dan membantu mencegah kantung mata. Agar terhindar dari retensi cairan, Anda dapat mengurangi asupan makanan olahan asin atau yang mengandung banyak garam.

  6. Pastikan Anda banyak minum air putih, setidaknya 8 gelas setiap hari, agar kulit Anda tetap sehat dan lembap.

Referensi

https://www.alodokter.com/mengatasi-lingkaran-hitam-dan-kantong-mata

Salah satu perawatan mata panda dapat memanfaatkan buah mentimun. Kandungan zat astringent dalam mentimun memang sangat efektif untuk menghilangkan mata panda dan membuat matamu tampak lebih cerah. Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan membersihkan sebutir mentimun ukuran sedang kemudian potong membentuk lingkaran dan gunakan untuk menutupi kedua matamu selama 15 menit kemudian bilas dengan menggunakan air bersih. Untuk hasil maksimal, lakukan perawatan ini 2 kali dalam sehari, yaitu saat akan tidur siang dan malam.