Bagaimana tips mudah agar Foundation tahan lama seharian?

Penggunaan foundation yang tidak tepat dapat membuatnya cepat luntur bahkan kurang dari 3 jam. Bagaiamanakah tips agar foundation dapat bertahan lama?

Aplikasikan Es Batu ke Wajah Sebelum Mengaplikasikan Primer
Mengaplikasikan es batu ke seluruh wajah yang telah dibersihkan merupakan cara efektif yang sudah diwariskan sejak generasi ibu, atau nenek kita untuk membuat foundation lebih tahan lama, khususnya pada kulit berminyak. Efek dingin es batu diketahui dapat mengencangkan pori-pori wajah serta merangsang kelenjar sebum untuk mengurangi produksi minyak. Dengan begitu, foundation pun akan tampak lebih awet, mudah menempel, serta bebas luntur karena wajah tak mudah berminyak.

Rutin Lakukan Deep Cleansing
Siapa sangka jika rutin melakukan deep cleansing dapat membuat foundation lebih tahan lama pada kulit yang berminyak? Deep cleansing sendiri merupakan metode membersihkan wajah hingga ke pori-pori. Ada beberapa tahapan deep cleansing yang perlu diketahui, salah satunya exfoliating yang bertujuan untuk membersihkan kotoran hingga ke dalam lapisan kulit terbawah. Mengeksfoliasi wajah dengan menggunakan exfoliating toner dapat kamu lakukan sebelum memakai foundation. Tapi, jangan lupa gunakan hydrating toner juga agar wajah terasa lebih lembap dan tidak mengalami kekeringan, ya!

Gunakan Mattifying Foundation
Hal yang harus dihindari oleh pemilik kulit berminyak adalah menggunakan foundation yang memiliki hasil akhir satin, shimmery, atau efek lainnya yang membuat tampilan kulit wajah jadi berkilau. Menggunakan foundation dengan efek tersebut pada kulit yang berminyak justru hanya akan membuat tampilan kulit kurang enak dipandang karena makin tampak seperti kilang minyak. Oleh karena itu, pilihlah foundation yang matte. Namun, tetap pastikan foundation yang kamu gunakan memiliki formula khusus yang dapat melembapkan kulit agar tekstur foundation tidak mudah terlihat “pecah”.

Gunakan Translucent Powder
Translucent powder adalah salah satu kunci agar foundation jadi lebih mudah set dan tahan lama. Dalam memilih loose powder, ada baiknya kamu menghindari mineral powder karena sifatnya dapat memberikan kilau pada wajah. Translucent powder merupakan sahabat terbaik bagi kulit berminyak karena dapat menyerap minyak sekaligus mengunci foundation di kulit.

Semprotkan Setting Spray
Setelah mengaplikasikan translucent powder, menyemprotkan setting spray ke seluruh wajah dapat menjadi cara terbaik lainnya yang dapat dilakukan agar foundation tetap stay di kulit. Setting spray sendiri terdiri atas dua jenis, yakni yang bersifat mattifying dan dewy. Pastikan kamu menggunakan yang berjenis mattifying agar hasil matte yang diinginkan lebih maksimal.

Sumber:
https://www.vemale.com/cantik/110538-5-tips-mudah-agar-foundation-tak-mudah-luntur-untuk-kulit-berminyak.html