Bagaimana Tips Minum Antibiotik yang Benar?

Antibiotik adalah obat yang efektif digunakan untuk menangani infeksi akibat bakteri. Penggunaan yang salah bisa menyebabkan bakteri tidak lagi peka pada antibiotik sehingga penyakit semakin sulit ditangani. Bagaimana Tips Minum Antibiotik yang Benar?

Sama seperti obat lainnya, antibiotik perlu dikonsumsi dengan benar. Apalagi mengingat fakta bahwa penggunaan obat ini selama satu minggu saja bisa mengubah susunan mikrobiota usus hingga 1 tahun.

Oleh karena itu, berikut sedikit panduan penggunaan antibiotik yang perlu kamu pahami:

Ikuti Saran Dokter
Antibiotik hanya bisa didapat lewat resep dokter. Jadi, patuhi resep tersebut mulai dari dosis, durasi, juga kapan obat perlu dikonsumsi.

Pasalnya, tidak semua antibiotik sama. Beberapa perlu diminum sebelum makan tetapi yang lain butuh dikonsumsi setelah makan. Tak hanya itu, sebagian obat juga perlu diminum pada jam yang sama setiap harinya.

Perhatikan Dosis Pemakaian
Kamu perlu mengonsumsi obat sesuai dosis yang diberikan. Jangan lebih atau kurang. Berhenti minum antibiotik sebelum waktu yang ditentukan meski telah merasa sehat bisa berbahaya.

Pasalnya, bakteri mungkin belum diatasi dengan sempurna sehingga dapat ‘kebal’ pada penyakit tersebut atau resisten. Hal yang sama juga berlaku saat konsumsi lebih dari dosis yang diberikan.

Hindari Penggunaan Bersama Orang Lain
Kamu tidak boleh menggunakan antibiotik orang lain ataupun memberikan antibiotikmu pada orang lain. Ingat bahwa antibiotik diresepkan khusus untuk satu pasien tertentu.

Antibiotik orang lain mungkin tidak cocok untukmu. Pasalnya, berbeda infeksi tentu berbeda penanganannya.

Antibiotik Sisa? Buang Saja!
Bila ada tablet sisa, sebaiknya dibuang atau dikembalikan ke apotek. Pasalnya, kamu tidak boleh menggunakan sisa obat di kemudian hari karena resep hanya berlaku untuk infeksi pada saat itu saja.

Jangan membuang obat di toilet atau selokan ya. Cara ini bisa memicu resistensi bakteri dan mengotori lingkungan.