Bagaimana tips menghilangkan stress setelah liburan?

Liburan panjang di akhir tahun tentunya disambut dengan suka cita bagi para pekerja, pengusaha, hingga anak-anak. Tapi tak jarang orang yang mengalami stress pasca liburan, atau biasa disebut dengan post-holiday blues sehari sebelum bekerja, atau ketika masuk kantor di hari pertama.

1. Jaga Stamina

Bagaimana Anda bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan semangat kalau fisik tidak fit? Satu atau dua hari sebelum kembali bekerja, pastikan Anda tidur berkualitas dan makan serta minum dengan porsi yang cukup (tidak kurang atau berlebihan). Satu lagi yang terpenting, fitnes atau latihan fisik seperti jogging membantu sekali untuk mengubah mood Anda ketika mengalamai post-holiday blues.

2. Buat Rencana & Jadwal Aktivitas

Merencanakan dan menjadwalkan kegiatan untuk beberapa minggu atau bulan ke depan akan membuat Anda tidak “kaget” ketika Anda harus kembali lagi dengan kesibukan di kantor. Siapkan tugas-tugas apa yang akan Anda kerjakan untuk jangka pendek (sehari atau dua hari setelah masuk kerja) dan cek kembali apakah ada pekerjaan yang belum diselesaikan.

3. Buat Kenangan Selama Liburan

Mengabadikan saat-saat selama liburan bisa menghindarkan Anda dari stres pasca liburan. Bisa dengan meng-upload foto di berbagai social media, atau membuat scrapbook, yang berisi lembaran foto, membuat tulisan tentang perjalanan selama liburan dan sebagainya.

4. Jalan-jalan Keluar

Pergi ke mall, pusat perbelanjaan atau sekadar jalan-jalan ke taman kota untuk menyegarkan pikiran sehari sebelum masuk kerja dapat membantu Anda merilekskan diri. Selain itu bisa juga dengan makan di luar, nonton di bioskop atau sekadar hang out bersama teman-teman.

Sumber:
https://www.goldenrama.com/goldenstories/detail/tips-menghilangkan-stress-setelah-liburan