Bagaimana tips menghemat baterai kamera?


Bagaimana tips menghemat baterai kamera ?

1. Hindari penggunaan menu “auto focus” ya! Karena fitur ini bikin boros baterai

Memilih manual focus saat mengambil gambar memang agak sulit, tapi kamu justru bisa sekalian belajar dan hemat bateraimu.

Jujur saja, ketika saya menggunakan autofocus, daya tahan baterai kamera hanya bertahan seperempat kali lipat ketika saya menggunakan manual focus.

2. Jangan gunakan flash internal, usahakan atur ISO nya saja

Kamu hanya akan membuat hasil fotomu menjadi kurang bagus jika menggunakan flas di ruang yang bisa kamu siasati dengan pengaturan ISO. Selain itu, flash ini juga menyedot banyak daya baterai di setiap penggunaannya.

3. Jangan sering melihat hasil fotomu, karena itu berbahaya bagi kelangsungan hidup baterai kameramu

Kebanyakan para fotografer profesional memang sering melihat hasil jepretannya usai memotret. Kalau kamu ingin hemat baterai sih saran paling jitu ya hidari melihat hasil foto. Kalau kamu nggak bisa menahan hasrat melihat hasil jepretan, ya nggak apa-apa sih… Asal tahu konsekuensinya.

4. Matikan sistem pratinjau di pengaturan kameramu

Biasanya, kebanyakan kamera memperlihatkan hasil jepretan secara otomatis. Sistem ini sedikit banyak menyumbang penggunaan daya baterai kamera yang cukup banyak. Kamu bisa mereset ulang pengaturan difault ini biar bateraimu awet.

5. Jangan sering menggunakan live view karena bateraimu akan cepat kritis

Mending kamu gunakan cara biasa saja. Meskipun kamu akan terbantu dengan mode ini, bateraimu akan cepat kritis.

6. Memotretlah di momen-momen penting saja

Hal ini paling efektif mengawetkan baterai kameramu. Nggak usah jadi anak alay yang suka mengambil foto setiap kaki melangkah. hehe

7. Segera matikan kamera usai memotret

Jangan terbiasa lalai, ya! Mematikan kamera usai memotret akan membantumu menghemat baterai. Biasanya, para fotografer profesional memang membiarkan kamera tetap hidup atau idle, tapi mereka membiarkannya karena dalam keadaan standby. Kalau kamu sudah tidak menggunakan kamera, mending matikan saja, deh…

8. Matikan image stabilizer/vibration reduction jika sedang tidak memerlukannya

Menggunakan IS/VR memang menguntungkan. Karena kamu tetap akan mendapatkan hasil jepretan yang bagus saat shutter speed rendah.

Tapi kalau baterai kamu sedang kritis, sistem ini akan membuat bateraimu cepat sekarat karena sistem IS/VR cukup banyak membutuhkan energi untuk menggerakkan elemen lensa.

9. Mematikan sensor cleaning dalam pengaturan kameramu

Sensor cleaning memang tidak dimiliki oleh semua kamera, namun jika sistem ini ada di kameramu, sebaiknya kamu mematikannya karena sistem ini lumayan mempercepat konsumsi baterai.

Meskipun fungsi sensor cleaning berada antara penting dan nggak penting, namun demi menghemat baterai kamera, kamu wajib menonaktifkan fitur ini.

Ringkasan

https://phinemo.com/cara-menghemat-baterai-kamera-digital-agar-tetap-bisa-eksis-saat-traveling/