Bagaimana Tips Menggunakan Warna Dalam Fotografi?

warna dalam fotografi
Objek yang sama bisa memiliki kesan yang berbeda salah satunya dengan adanya warna. Sehingga warna menjadi elemen penting dalam fotografi. Bagaimana Tips Menggunakan Warna Dalam Fotografi ?

1 Like

8 Tips Menggunakan Warna Dalam Fotografi :

  1. Teori Warna dan Roda Warna. Fotografi dengan menggunakan teori warna akan menciptakan citra warna yang harmonis dan seimbang.
    • Fotografi warna pelengkap
    Pemilihan warna komplemen (pelengkap) adalah dengan memilih dua warna dari sisi berlawanan dari roda warna untuk memamerkan warna-warna cerah. Seperti ungu dan kuning. Hal ini juga akan menggetarkan objek yang sedang dibuat (difoto).
    • Warna analog dalalm fotografi
    Skema warna analog menampilkan tiga warna yang berdampingan pada roda warna. Ini adalah pengaturan yang ideal untuk digunakan dalam fotografi lanskap dan alam untuk mengungkapkan perbedaan halus dalam nada dan rona.
    Tanpa kontras yang kuat dari skema pelengkap, warna analog sering menenangkan untuk dilihat.
    • Warna triadik dalam fotografi
    Skema warna triadik menggunakan tiga warna yang ditempatkan secara merata di sekitar roda warna. Gambar-gambar ini seringkali cukup jelas karena penggunaan tiga warna yang kontras.

    Mulailah dengan tiga sistem ini, kemudian riset skema split-komplementer, kuadrat, dan tetradik. Memahami prinsip-prinsip roda warna membantu untuk menentukan gaya fotografi dan bereksperimen dengan warna dalam fotografi.

  2. Bangun emosi. Warna memberikan suasana hati, perasa. Gunakan nada warna dan suhu sebagai bagian dari kerangka kerja untuk cerita foto. Rumah sakit terlantar yang menakutkan dan dihantui akan terlihat kurang meyakinkan jika bermandikan sinar matahari yang hangat dan lembut di jam emas.
    • Merah - energi, kegembiraan, gairah, kemarahan.
    • Oranye - kehangatan, kebahagiaan, antusiasme.
    • Kuning - keceriaan, keramahan, kreativitas.
    • Hijau - tenang, alami, keseimbangan, pertumbuhan.
    • Biru - ketenangan, dingin, kesedihan, kepercayaan.
    • Ungu - spiritualitas, misteri, kemewahan.
    • Magenta - inovasi, transformasi, ketidaksesuaian.

  3. Jadikan Semuanya Tentang Warna. Teknik yang bisa digunakan untuk melihat apa yang paling cocok baik dari gaya foto, lingkungan, maupun warna dengan pribadimu sendiri:
    • Isi bingkai dengan dua atau tiga rona dalam komposisi abstrak. Gunakan lensa makro atau zoom untuk mendekat dan memastikan bahwa cahaya konsisten di permukaan.
    • Memotret warna di lokasi yang tak terduga untuk minat visual - kemeja hijau bermotif bunga di lautan jas hitam pengacara membuat pernyataan.
    • Memotret dengan warna yang sama dalam pengaturan dan tema yang berbeda seperti alam, arsitektur, lansekap, perkotaan, dan potret.
    • Buat titik fokus dengan menangkap warna favorit yang dikelilingi oleh warna netral.
    • Venturei untuk melihat bagaimana foto-foto berwarna ketika artifisial menyala.

  4. Pilih Waktu dan Cuaca. Ada saat-saat hitam dan putih adalah satu-satunya pilihan Anda - terutama jika Anda memotret di tengah hari yang cerah atau di pagi abu-abu yang suram. Tetapi untuk masa keemasan - saat ajaib ketika matahari terbit atau terbenam - warna adalah temanmu yang mulia yang suka pamer. Selama waktu ini, dunia diterangi dengan cahaya lembut dan tidak langsung. Warna bekerja secara kohesif tanpa harus bersaing, dan diperlukan sedikit penyesuaian pasca-produksi. Jika lingkungan Anda mengalami awan tinggi dan angin kencang, pola cuaca ini bertindak seperti kotak lunak raksasa untuk apa pun yang Anda foto setiap saat. Ketahui bagaimana cuaca memengaruhi cahaya pada waktu yang berbeda sepanjang hari di daerah Anda.

  5. Monokromatik, Pastel, dan Split Toning. Foto berwarna yang terencana dengan baik tidak harus menyertakan warna yang berani atau kontras yang hidup. Pertimbangkan untuk menggunakan skema warna monokromatik yang didasarkan pada nada dan corak warna yang berbeda. Mungkin Anda penggemar warna-warna kopi yang netral dan netral, atau pastel lembut dengan efek yang sangat menyakitkan. Banyak foto hitam putih memiliki warna yang ditambahkan pasca produksi dengan penggunaan toning split.

  6. Tips Pasca Produksi. Bisa memilih aplikasi yang cocok digunakan untuk pengeditan gambar. Kemudian diatur komposisi warnanya.

  7. Tools of the trade for color photography. Selain menggunakan kamera fotografi bisa dilakukan dengan kemara ponsel yang Anda miliki. Jika Anda memiliki perlengkapan kamera Anda, selalu potret dalam RAW. Ini akan memberi Anda informasi maksimum di setiap foto sehingga Anda memiliki kontrol lebih besar atas warna dalam proses pasca produksi.

  8. Gunakan komposisi. Jika Anda masih tidak yakin tentang cara menggunakan warna dalam fotografi, mulailah dengan dasar-dasar komposisi. Gambarkan ke dalam warna foto Anda dengan menggunakan garis depan, pola berulang, dan aturan pertiga. Gunakan komposisi langsung dengan ruang negatif untuk merayakan warna - subjek tidak harus mewah atau tidak biasa.

Sumber: