Bagaimana Tips Mengatasi Rambut Keriting?

rambut keriting

Punya rambut keriting memiliki tantangannya tersendiri. Rambut keriting memang membuat penampilan Anda terlihat beda dan menonjol.

  1. Gunakan krim atau produk rambut yang mengandung susu (hair milk). Tuangkan produk tersebut ke telapak tangan, lalu usapkan ke rambut. Gunakan jemari untuk menyisir rambut agar produknya tersebar merata. Fokuskan pemakaiannya pada ujung-ujung dan bagian luar rambut, karena bagian tersebut adalah yang paling kering. Saat memilih produk, beli yang tidak mengandung sulfat dan silikon.

  2. Jaga agar rambut kering Anda selalu lembab dengan kondisioner. Campurkan kondisioner dengan sedikit air, lalu usapkan ke rambut untuk mengatasi rambut mengembang dan melembabkan keriting Anda. Usap lembut ke helai-helai rambut, fokus pada ujungnya dan jangan gunakan terlalu banyak di bagian kulit kepala. Memang ini tidak bisa mengatasi rambut kering untuk jangka waktu lama, tapi cukup untuk melembabkan sampai waktu keramas selanjutya.

  3. Licinkan rambut Anda dengan tambahan minyak Argan Maroko. Harganya mungkin sedikit mahal, tapi hasilnya sangat bagus untuk rambut. Gunakan minyak Argan yang 100% murni, bukannya produk yang hanya mengandung minyak Argan (apalagi produk yang juga malah mengandung silikon dan sulfat). Minyak ini tidak hanya melembabkan rambut, tapi juga menutrisi sehingga membuatnya terlihat lebih halus. Ini cocok untuk rambut keriting kecil-kecil yang mengembang. Cara memakainya, cukup tuangkan minyak Argan seukuran kacang polong ke tiap bagian kecil rambut.

  4. Urai kekusutan rambut dengan sisir basah bergigi jarang atau cukup dengan jemari Anda saja. Menyisir rambut dengan cara biasa hanya akan membuat rambut Anda semakin mengembang. Jadi, jika rambut keriting Anda mulai mengembang berantakan di siang hari, gunakan sisir bergigi lebar dan jarang yang sudah dibasahi, atau jari-jari yang basah, untuk mengaturnya. Coba untuk mengatur kembali rambut keriting Anda dengan melilitkan keritingnya ke jari, lalu tarik dan urai perlahan.

  5. Tata rambut Anda untuk menyembunyikan bagian-bagian yang kaku. Terkadang, rambut keriting bisa sangat keras kepala dan tidak mempan diapa-apakan. Jika Anda tidak punya waktu untuk keramas dan rambut tidak bisa diatur, tarik ke belakang dan bentuk ekor kuda, kepang, atau gaya rambut lain. Menata seperti ini tidak bisa menghilangkan kaku dan mengembangnya rambut, tapi setidaknya bisa menyembunyikannya.

Referensi

3 Cara untuk Menjinakkan Rambut Keriting Secara Alami - wikiHow

Menaklukkan Rambut Keriting untuk Jangka Panjang dilansir dari web wikihow.

  1. Anda bisa menggunakan masker rambut, minyak rambut, atau perawatan jangka panjang lainnya. Terkadang, Anda harus rela merogoh kocek guna menaklukkan rambut keriting, karena metode-metode perawatan yang memakai masker rambut dan minyak rambut akan memberi hasil yang tahan lama. Berikut adalah beberapa resep dasar untuk menggunakan masker dan minyak rambut guna menghasilkan rambut yang lembut dan bersinar.

  2. Gunakan minyak kelapa sebagai masker rambut atau kondisioner tanpa bilas. Minyak kelapa tidak hanya berbau sedap, tapi juga sangat bagus untuk rambut. Selain mengempiskan rambut yang mengembang, minyak kelapa juga melembabkan dan membuat rambut bercahaya. Anda bisa menggunakan minyak ini sebagai masker rambut atau kondisioner tanpa bilas.

  3. Campurkan madu dan minyak zaitun untuk mengembalikan kelembaban alami rambut. Ini cocok untuk rambut kering. Anda butuh 1/2 cangkir madu dan 1/4 cangkir minyak zaitun. Campur kedua bahan tersebut dan hangatkan sebentar di atas kompor atau microwave, lalu oleskan ke rambut. Mengoleskannya tidak boleh sekaligus, tapi per bagian kecil. Setelahnya, tutupi rambut dengan topi mandi. Biarkan selama 30 menit

  4. Buat masker yang lebih simpel lagi dengan menggunakan minyak zaitun saja.

  5. Bilas rambut dengan cuka. Cuka mungkin berbau menyengat, tapi jika dilarutkan dengan air, cuka bisa membuat rambut Anda terlihat lembut dan bercahaya

  6. Buat campuran dari beberapa jenis produk rambut Anda. Campurkan sampo, kondisioner,dan minyak rambut dengan perbandingan masing-masing 1:1. Simpan di dalam sebuah botol kosong dan kocok dengan kuat sampai semua bahan tercampur merata. Gunakan campuran ini saat keramas. Jangan lupa dibilas.

  7. Pertimbangkan untuk merapikan rambut