Bagaimana tips mengambil Foto Panorama yang menarik?

foto panorama

Gambar panorama memang menawarkan sensasi keindahan tersendiri namun kadangkala ada beberapa keterbatasan dan kendala saat kita ingin mengabadikan gambar panorama. Jadi apa saja tips-tips untuk mengambil foto panorama yang menarik?

Arti dari panorama itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa gambar yang dirangkai menjadi satu untuk menonjolkan kesan luas ataupun menangkap detail. Jadi untuk anda yang tidak memiliki lensa sudut lebar namun ingin mengabadikan landscape bersudut lebar, foto panorama bisa menjadi solusi jitu. Bukan hanya keunggulan masalah resolusi karena dengan foto panorama kita dapat mengabadikan pemandangan dengan sudut 360 derajat. Untuk mendapatkan gambar panorama yang menarik tentunya membutuhkan point of interest dan segala jenis aturan komposisi masih berlaku. Berikut adalah beberapa tips askthephotographer untuk mendapatkan foto panorama yang menarik:

  • Gunakan komposisi yang simple/sederhana.
    Tempatkan point of interest pada off center dengan mengacu pada rule of third. Ingat untuk selalu menyertakan foreground, middle dan background untuk memperkuat sense of scale dan sense of depth. Bila anda ingin menghasilkan gambar yang aman dan mudah dirangkai gunakan bukaan aperture sempit yakni pada kisaran f/16.

  • Gunakan head panorama dan level
    Ada beberapa peralatan tambahan yang mungkinkan sangat dibutuhkan untuk mencegah blur sekaligus mendapatkan gambar yang runtut, yakni head panorama dan level. Head panorama akan mempermudah menggesar kamera agar kamera tidak bergerak naik/turun, karena faktor kestabilan sangat dibutuhkan disini. Foto panorama bisa juga disamakan dengan puzzle karena kita akan merangkai beberapa gambar sekaligus. level merupakan aksesori yang sangat bermanfaat untuk menjaga garis horizontal objek agar tetap lurus. ISO speed disarankan pada angka terendah agar tetap tajam dan bebas dari noise.

  • Gunakan kabel shutter release
    Jika cahaya yang masuk dirasa masih kurang kita bisa menggunakan setting shutter speed lambat tentunya dengan mempertimbangkan berbagai pergerakan objek. Kabel shutter release adalah aksesori yang juga dibutuhkan, namun jika tidak ada anda bisa menggunakan self timer untuk mencegah blur akibat pencetan tangan.

  • Gunakan format RAW
    File RAW akan sangat bermanfaat karena akan lebih menangkap detail dan memberikan kita kontrol lebih terhadap exposure, kontras dan warna saat melakukan editing atau post processing.

  • Proses editing menggunakan adobe photoshop
    Pada photoshop CS5 ke atas sudah tersedia fitur photomerge panorama. Caranya adalah klik new file, pilih photomerge panorama, pilih beberapa gambar yang ingin anda gabungkan serta pilih metode penggabungganyya apakah auto, perspektif, interactive layout dan lain-lain. File yang dihasilkan dari beberapa gambar tersebut akan nampak kasar dengan tepian yang tidak rata, dan untuk finishing anda dapat memilih layer kemudian flatter image serta lakukan cropping seuai dengan keinginan.