Bagaimana tips mengambil Foto Group?

foto group

Saat memegang kamera kita pasti akan berurusan dengan banyak orang, baik fotografer dadakan atau pehobi kadang mengalami kesulitan menangani keberagaman orang-orang tersebut. Baik dalam acara pernikahan, pesta ulang tahun, acara formal atau ngumpul bareng temen.

Bagaimana tips mengambil Foto Group ?

2 Likes

Berikut adalah tips dari Jim Richardson (fotografer National Geographic) dalam menangani foto group:

  1. Ambil perintah
    Meskipun kita takut tetap ambil kendali dan menunjukkan wajah yang percaya diri dengan kata-kata yang jelas namun harus tetap sopan. Dibutuhkan perintah seseorang untuk mengatur kerumunan orang, kadang mereka juga ingin mendapatkan perintah agar semua dapat berjalan dengan lancar.

  2. Atur posisi tubuh
    Fikirkan sebelumnya posisi tubuh bagaimana yang anda mau. Kemudian berikan perintah dengan efisien untuk mengatur posisi dan postur tubuh. Beberapa fotografer membawa kapur untuk membuat garis tempat subjek berdiri dan pengaturan akan menjadi lebih mudah dan tentunya sesuai dengan komposisi yang kita perlukan. Kita bisa meminta orang yang pertama datang untuk memenuhi area paling depan dan yang terakhir datang dibelakang, kemudian menyesuaikan ketinggian dan postur, namun jika tempat tidak cukup anda bisa meminta “anak-anak” muda yang sigap untuk jongkok didepan.

  3. Tersenyum
    Belajarlah untuk tersenyum didepan banyak orang yang mungkin awalnya akan sangat sulit karena salah satu cara untuk membuat subjek tersenyum adalah melempar senyum ke mereka. Hal ini memang alami dan berlaku untuk semua orang, apalagi kita bisa melemparkan sedikit joke untuk mencairkan suasana.

  4. Gunakan tripod
    Ada banyak sekali alasan mengapa kita harus menggunakan tripod. Dengan membawa tripod kita akan nampak sebagai fotografer yang lebih professional sehingga bisa mendapatkan perhatian lebih. Kedua adalah memegang kamera sehingga kita lebih bebas mengatur posisi subjek dan berkomunikasi lebih baik.

  5. Titik lebih tinggi untuk banyak orang
    Akan menyita banyak waktu mengurusi banyak orang dengan tinggi berbeda sehingg kita perlu mengurutkannya, dan salah satu trik sederhana adalah menggunakan tangga atau memanfaatkan benda lain seperti meja untuk mendapatkan titik lebih tinggi. Dengan cara ini subjek berjumlah lebih banyak akan muat dalam satu frame dan kita tidak perlu bergerak mundur sehingga detail wajah dan tubuh akan tetap nampak.

  6. Gunakan flash
    Cahaya merupakan faktor utama untuk menghasilkan gambar yang baik. Jika group berjumlah sedikit, flash eksternal bisa digunakan dan dengan mengatur jarak yang pendek agar efek bermanfaat terutama bila sumber cahaya alami (matahari berada dibelakang subjek). Berbeda dengan banyak orang, kita akan membutuhkan sumber cahaya lebih kuat seperti sinar matahari. Jika posisi matahari cukup rendah usahakan agar posisi matahari tidak tepat dibelakang fotografer atau kita akan mendapatkan subjek dengan mata “sipit” atau bahkan berkedit karena sinar matahari langsung.

  7. Atur Pose
    Secara natural setiap individu akan melakukan pose, atau kita aka mengatur yang tinggi disamping dan yang lebih pendek di tengah. Namun ada beberapa trik sederhana yang bisa kita lakukan :

    • Dalam kasus tertentu seperti pernikahan kita bisa meletakkan mempelai sebagai center fokus dan melengkapi dengan tamu lain
    • Untuk group foto formal, terdapat dua pilihan yakni menempatkan orang tertinggi belakang dan pinggir (seperti biasa) atau ditengah dengan orang terpendek pinggir.
    • Atur agar baris depan dan belakang tidak berjauhan, atau sedekat mungkin. Hal ini akan sangat bermanfaat saat kita menggunakan Depth of field sempit agar setiap orang tetap nampak fokus dan tajam.
  8. Tunjuk titik dengan jelas
    Perintahkan dengan jelas batasan barisan dan tunjuk satu titik misal orang dengan pakaian merah merupakan paling ujung dan tidak ada lagi orang disampingnya. Seringkali dalam kerumunan mereka membuat barisan yang sangat lebar sehingga komposisi kurang menarik.

  9. Bangun komposisi
    Membuat mereka berjajar dengan natural tentu akan kurang menarik. Tempatkanlah orang-orang tersebut misal nenek dan kakek dibagian tengah kemudian tentukan siapa yang berada disamping mereka terus sampai dengan terbentuk barisan.

  10. Coba beberapa sudut
    Mencoba sudut seperti memanjat ke tempat lebih tinggi merupakan cara jitu untuk menghasilkan gambar yang lebih bervariasi. Seringkali dagu menjadi area yang perlu dihindari karena disana terdapat tumpukan lemak yang justru akan membuat individe terlihat lebih gemuk.

  11. Lakukan dengan cepat
    Lakukan dengan cepat sesi pemotretan, karena mereka pasti tidak ingin membuang waktu. Setting kamera maupun lighting harus siap terlebih dahulu, lakukan hal yang telah direncanakan. Bisa jadi mereka akan bad mood jika kita tidak fokus dan perintah kita harus berkelanjutan untuk tetap mendapat perhatian dari mereka.

  12. Terus berkomunikasi
    Teruslah membangun komunikasi dengan mereka karena perhatian akan terus tertuju pada anda. Jika kita berhenti berbicara maka mereka akan melakukan percakapan kecil dan kemudian pecahlah tawa dan kegaduhan. Jagalah dengan obrolan kecil dan tetap pegang kendali.

  1. Persiapan
    Orang-orang tidak suka menunggu, jadi pikirkan beberapa aspek berikut dari foto grup Anda:

    • Keluarkan lokasi bidikan Anda sebelumnya
    • Pikirkan terlebih dahulu bagaimana Anda akan memposekan orang dan membingkai potret Anda
    • Salah satu kepala kelompok bersembunyi di belakang orang lain
    • Pastikan semua orang yang Anda inginkan dalam bidikan tahu bahwa Anda menginginkan pose mereka beberapa menit sebelumnya
    • Pastikan kamera aktif dan baterai terisi daya
  2. Lokasi
    Lokasi yang Anda gunakan untuk menggabungkan orang-orang penting untuk diperhatikan sebelum memotret. Alasan lain mengapa memilih lokasi dengan hati-hati adalah penting karena itu bisa menimbulkan gangguan di dalamnya.

    Pilih posisi dimana sekelompok orang akan cocok, dimana ada cukup cahaya untuk pemotretan dan dimana tidak ada gangguan di latar belakang. Juga hindari mengatur pemotretan grup langsung di depan jendela dimana cahaya dari flash Anda mungkin memantulkan kembali dengan cara yang menghancurkan pemotretan Anda.

  3. Ambil Banyak Bidikan
    Salah satu cara terbaik untuk menghindari masalah tidak semua orang yang melihat dengan benar dalam bidikan adalah mengambil banyak foto dengan cepat. Rowse dalam artikel digital photography mengungkapkan sering mengalihkan kamera ke mode pemotretan bersambungan saat memotret grup dan memotret dalam semburan singkat. Ia menemukan bahwa bidikan pertama sering kali tidak baik tetapi yang satu atau dua langsung setelah itu sering memberikan grup yang terlihat sedikit kurang berpose dan lebih santai.

    Demikian pula - memotret beberapa frame sebelum semua orang siap - kadang-kadang hasilnya bisa sangat lucu dengan orang-orang mengatakan satu sama lain ke mana harus pergi dan berdesak-desakan untuk posisi mereka.

  4. Dapatkan Kedekatan
    Cobalah untuk sedekat mungkin dengan grup yang Anda foto (tentu saja tanpa memotong beberapa anggota). Semakin dekat Anda bisa mendapatkan lebih banyak detail yang Anda miliki di wajah mereka.

    Jika grup Anda lebih kecil, langsung saja mendekatinya dan ambil bidikan kepala dan bahu. Salah satu teknik yang efektif untuk ini adalah membuat kelompok kecil Anda semua bersandar dekat agar Anda dapat lebih dekat. Cara lain untuk lebih dekat adalah memindahkan orang keluar dari formasi satu baris dan membuat mereka sempoyongan tetapi menempatkan beberapa orang di depan dan belakang.

  5. Pose grup
    Dalam kebanyakan kasus, grup Anda akan berpose cantik secara alami. Orang jangkung akan berada di belakang, orang pendek di depan. Tetapi ada hal-hal lain yang dapat Anda lakukan untuk menambah komposisi foto:

    • Jika acara foto tersebut berpusat di sekitar satu atau dua orang (seperti pernikahan atau ulang tahun) menjadikan mereka titik fokus utama dengan meletakkannya tepat di tengah-tengah grup (Anda dapat menambahkan variasi pada bidikan Anda dengan mengajak beberapa orang melihat gambar kamera dan kemudian semua orang melihat orang / pasangan).
    • Untuk foto grup formal, letakkan anggota yang lebih tinggi di dalam grup, tidak hanya di bagian belakang grup, tetapi juga berpusat pada orang yang lebih pendek di tepi grup.
    • Cobalah untuk tidak membuat grup terlalu ‘dalam’ (yaitu menjaga jarak antara garis depan orang dan garis belakang sekecil mungkin). Ini akan membantu menjaga semua orang tetap fokus. Jika grup ini ‘dalam’ gunakan bukaan yang lebih sempit.
    • Beri tahu semua orang untuk sedikit menaikkan dagu mereka.
  6. Mengatur Waktu Memotret dengan Baik
    Pilih momen untuk pemotretan dengan hati-hati. Cobalah untuk memilih waktu yang sesuai dengan apa yang terjadi pada pertemuan yang Anda ikuti. Rowse menemukan cara terbaik untuk melakukan potretan grup ketika grup sudah dekat jika memungkinkan dan ketika ada jeda dalam proses.

    Juga menjelang dimulainya acara bisa menjadi saat yang tepat karena semua orang bersama-sama, mereka semua terlihat terbaik.

  7. Pikirkan tentang Cahaya
    Untuk mendapatkan detail yang cukup dalam, Anda harus memiliki cahaya yang cukup. Cara Anda mendapatkan ini bervariasi dari satu situasi ke situasi lain, tetapi pertimbangkan untuk menggunakan lampu kilat jika grup cukup kecil dan Anda cukup dekat untuk dapat digunakan - terutama jika sumber cahaya utama berasal dari belakang grup.

    Jika hari cerah dan matahari rendah di langit, cobalah untuk tidak memposisikannya tepat di belakang Anda atau Anda akan berakhir dengan kumpulan wajah menyipit dalam bidikan Anda.

  8. Kendalikan
    Rowse telah berada di sejumlah foto grup dimana fotografer hampir kehilangan kendali atas subjeknya karena tidak cukup cepat tetapi juga tidak berkomunikasi dengan baik dengan kelompok subjek mereka. Penting untuk terus berbicara dengan kelompok, beri tahu mereka apa yang Anda ingin mereka lakukan, memotivasi mereka untuk tersenyum, memberi tahu mereka bahwa mereka terlihat hebat dan berkomunikasi berapa lama lagi Anda membutuhkannya.

  9. Untuk kelompok besar
    Sekelompok besar orang bisa sangat sulit untuk difoto. Salah satu solusi untuk ini adalah menemukan cara untuk mengangkat diri Anda sebagai fotografer. Jika Rowse memotret sebuah pernikahan dan pasangan menginginkan satu tembakan kelompok besar, saya akan mengatur agar tangga ada (saya bahkan naik ke atap gereja) untuk mengambil gambar sambil memandang ke bawah pada kelompok. Dengan melakukan ini, Anda dapat memasukkan lebih banyak orang ke dalam foto dan masih cukup dekat dengan grup (Anda berakhir dengan suntikan banyak wajah dalam fokus dan lebih sedikit tubuh). Ini juga memberikan perspektif yang menarik untuk bidikan Anda - terutama jika Anda memiliki panjang fokus lebar yang bagus.

  10. Gunakan Tripod
    Ada sejumlah alasan mengapa menggunakan tripod saat mengambil foto kelompok dapat bermanfaat. Pertama-tama, tripod berkomunikasi bahwa Anda serius tentang apa yang Anda lakukan dan dapat membantu Anda mendapatkan perhatian mereka (sungguh menakjubkan apa yang dapat dilakukan oleh seorang profesional dengan pengaturan yang dilakukan orang). Kedua, memberi Anda lebih banyak kebebasan sebagai fotografer untuk terlibat dalam penciptaan pose subjek Anda.

Referensi

Rowse, Darren. How to Take Great Group Photos. https://digital-photography-school.com/how-to-take-great-group-photos/. Diakses pada 2 Juni 2020.