Bagaimana Tips Menabung untuk Mahasiswa?

Sebagai mahasiswa apalagi bagi mereka yang sedang merantau atau jauh dari orang tua tentu saja dihadapkan dengan permasalahan bagaimana mengatur keuangan agar tidak kekurangan khususnya di akhir bulan. Bagaimana tips-tips yang bisa dilakukan mahasiswa agar bisa menabung?
image

a. Cobalah Kebiasaan 1%
Ada sebuah kebiasaan baik yang bisa menjadi penyebab seseorang bisa memiliki tabungan dengan nominal besar. Salah satunya adalah dengan mengawalinya melalui hal mudah dan terlihat sepele namun jika dilakukan untuk terus-menerus akan bisa menjadikan kebiasaan yang bagus. Salah satunya adalah dengan membiasakan untuk meningkatkan jumlah tabungan menjadi lebih besar dari waktu ke waktu tanpa terasa.

Cara yang bisa dicoba adalah dengan menambah nominal uang tabungan setiap bulan penambahan yang yang dilakukan tidak perlu banyak-banyak. Menambah sebesar 1% untuk setiap bulannya merupakan hal yang tidak akan terasa.

Akan tetapi jika dilakukan secara terus menerus maka akan memberikan dampak peningkatan yang banyak.

image

b. Analisis Pengeluaran
Untuk seseorang yang ingin memiliki tabungan dengan jumlah cukup banyak salah satu caranya dengan memperhatikan seberapa pengeluarannya. Buatlah skala prioritas kebutuhan, dimulai dari yang mutlak atau harus dipenuhi seperti makan dan minum, hingga pengeluaran berupa jajan.
Skala prioritas yang telah dibuat bisa dijadikan sebagai dasar untuk menghitung seberapa banyak uang bisa ditabung dalam satu bulan. Analisis pengeluaran dengan memilah-milah kebutuhan akan membuat seseorang bisa mengeliminasi hal-hal yang dianggap tidak begitu penting.

Adanya pengelompokan pengeluaran ini akan membuat seseorang semakin bisa mengontrol keuangan miliknya sehingga bisa dipilih mana yang dikorbankan untuk dapat mempunyai tabungan dengan jumlah cukup. Hal ini tentunya akan sangat penting untuk meningkatkan tabungan seseorang. Karena pemasukan keuangan tiap bulan akan disisihkan sebagian jika telah digunakan untuk konsumsi.

Maka dari itu seseorang harus menyiapkan konsumsi untuk apa yang bisa ditekan agar meningkatkan tabungan.

c. Prioritaskan Kebutuhan di Masa Depan
Alasan lain untuk menabung adalah melihat bahwa kebutuhan seseorang bukan hanya tentang mana yang penting dan juga bukan.

Ada hal-hal lain yang juga akan menjadi pertimbangan dalam mengatur keuangan diantaranya adalah kebutuhan seseorang dibedakan berdasarkan waktunya. Seseorang harus mempersiapkan mana yang harus dipenuhi untuk saat ini juga, serta keperluan untuk masa depannya. Seseorang tidak boleh terlena dengan sudah terpenuhinya kebutuhan untuk saat ini.

Referensi

https://www.finansialku.com/5-tips-menabung-untuk-mahasiswa/