Bagaimana tips memilih vitamin untuk rambut rontok?

vitamin untuk rambut rontok

Kerontokan dapat menjadi salah satu penanda kondisi serius pada tubuh Anda, seperti stres fisik atau psikis, anemia, bahkan hipotiroid. Selain itu, konsumsi obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan kerontokan rambut, salah satunya adalah konsumsi vitamin A secara berlebih.

Bagaimana tips memilih vitamin untuk rambut rontok?

Rambut rontok merupakan hal yang tidak disukai oleh semua orang karena bisa mengarah pada kebotakan jika rontoknya parah. Vitamin rambut dapat menjadi salah satu solusi untuk mengurangi kerontokan pada rambut Anda. Namun, bagaimana cara memilih vitamin rambut terbaik untuk rambut rontok?

Berbagai merek vitamin rambut, seperti Ellips, Makarizo, Natur, dan Neril sudah banyak Anda temui di pasaran. Masing-masing merek memiliki kandungan nutrisi yang beragam. Agar Anda tidak salah memilih, dibawah ini akan memberikan tips memilih vitamin rambut yang sesuai

Rambut rontok, apa penyebabnya?


Rambut rontok, apa penyebabnya?

Merupakan hal yang normal jika rambut Anda rontok sekitar 50-100 helai per harinya. Hal tersebut dikarenakan adanya siklus pergantian sel lama dengan yang baru. Untuk rambut yang rontok secara alami, ada 3 fase yang terjadi, yaitu anagen, katagen, dan telogen.

Fase anagen adalah fase di mana rambut bertumbuh secara maksimal, sekitar 1 cm per per bulan. Fase ini umumnya berlangsung selama 2-6 tahun. Berikutnya adalah fase katagen. Katagen adalah fase transisi yang terjadi selama 2-3 minggu. Pada fase ini, rambut berhenti bertumbuh dan akar rambut mulai menyusut. Dari keseluruhan rambut Anda, biasanya hanya sekitar 3% yang berada dalam fase ini secara berbarengan. Terakhir adalah fase telogen atau fase istirahat. Pada fase ini, terjadi kerontokan sekitar 6-8% dari jumlah rambut Anda. Folikel kulit kepala akan tidak aktif sampai kurang lebih 3 bulan. Setelah itu, rambut memasuki fase anagen kembali.

Namun, rambut Anda bisa saja mengalami kerontokan yang lebih parah. Untuk mengetahuinya, Anda dapat memeriksanya ketika baru bangun tidur. Jika Anda sangat jarang mendapati helaian rambut pada bantal, hanya sekitar 8-10 helai saja, hal tersebut adalah wajar. Sebaliknya, apabila Anda mendapati lebih banyak helaian rambut pada bantal, bisa jadi Anda sudah mengalami kerontokan yang parah. Begitu pula jika ada banyak rambut yang rontok ketika disisir dengan tangan.

Wanita yang baru saja melahirkan juga biasanya mengalami rambut rontok. Penyebabnya adalah menurunnya kadar hormon estrogen sehingga rambut memasuki fase telogen. Bila Anda mengalaminya, tak perlu khawatir. Rambut Anda akan tumbuh kembali dalam waktu 6 bulan setelah melahirkan. Namun, jika dalam waktu 12 bulan rambut tidak kunjung tumbuh, segera periksakan ke dokter.

Kerontokan dapat menjadi salah satu penanda kondisi serius pada tubuh Anda, seperti stres fisik atau psikis, anemia, bahkan hipotiroid. Selain itu, konsumsi obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan kerontokan rambut, salah satunya adalah konsumsi vitamin A secara berlebih.

Hair styling, serta faktor keturunan juga dapat menjadi penyebab kerontokan rambut yang parah, bahkan mengarah pada kebotakan. Agar tidak makin parah, Anda dapat menggunakan vitamin rambut. Vitamin rambut bermanfaat untuk menguatkan akar rambut dan setiap helai rambut Anda.

Banyak produk yang menawarkan vitamin untuk rambut rontok. Simak tips kami untuk memilih produk yang tepat bagi Anda.

Kandungan bahan alami untuk kebaikan rambut


Hampir setiap produk perawatan rambut menggunakan bahan-bahan alami dalam formulanya. Bahan alami memang sudah terbukti dapat membantu menjaga rambut Anda dari kerontokan, juga mempercepat pertumbuhan rambut. Berikut ini adalah bahan-bahan alami yang terkandung dalam produk perawatan rambut yang terbukti bisa menjaga rambut dari kerontokan.

1. Aloe vera, kaya akan vitamin penting

Aloe vera, kaya akan vitamin penting

Aloe vera atau lidah buaya sudah lama dipercaya dapat mempercepat pertumbuhan rambut sekaligus membuat rambut tumbuh lebat. Jika ingin menggunakannya secara langsung, Anda dapat mengoleskannya pada kulit kepala dan batang rambut.

Bahan ini kaya akan vitamin A, C, D, E, dan zat besi yang berperan dalam pergantian dan pertumbuhan sel, termasuk sel-sel rambut. Kandungan vitamin B12 dan asam folat di dalam lidah buaya dapat membantu mencegah kerontokan rambut.

Lidah buaya juga mengandung enzim proteolitik untuk memperbaiki sel-sel mati pada kulit kepala sehingga bisa terus beregenerasi. Dengan demikian, rambut akan tumbuh dengan lebih cepat.

2. Ginseng, memperkuat akan rambut

Ginseng, memperkuat akan rambut

Tidak hanya untuk meningkatkan stamina, herba asal Korea ini juga dapat menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala Anda. Penelitian menyatakan bahwa kandungan ginsenoside pada ginseng terlibat dalam siklus pertumbuhan rambut. Kandungan tersebut akan menginduksi fase anagen dan menunda fase katagen.

Ginseng juga berperan sebagai antioksidan yang menjaga agar sel-sel kulit kepala tetap menjadi baru. Dengan demikian, siklus sel tetap berjalan dengan normal. Selain mempercepat pertumbuhan rambut, ginseng dapat membuat akar rambut menjadi lebih kuat.

3. Minyak kemiri dan minyak kelapa, penuhi kebutuhan asam amino

Minyak kemiri dan minyak kelapa, penuhi kebutuhan asam amino

Minyak kemiri, dikenal juga dengan nama candlenut atau kukuinut oil, dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Tanaman ini kaya akan asam lemak dan asam amino yang dapat membantu menutrisi kulit kepala agar kebutuhannya terpenuhi. Nutrisi yang terpenuhi membuat sel-sel rambut dapat kembali beregenerasi sehingga rambut cepat tumbuh.

Minyak kemiri juga dipercaya dapat membuat rambut menjadi lebih halus dan hitam. Linoleic acid di dalam minyak kemiri dapat melapisi rambut, serta memperbaiki rambut yang bercabang.

Sementara itu, minyak kelapa mengandung banyak protein dan asam lemak yang juga bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi rambut. Minyak kelapa juga sanggup masuk ke dalam helai rambut dan memperbaiki strukturnya. Hasilnya, setiap helai rambut akan menjadi lebih tebal.

Pilih kemasan yang mudah digunakan


Pilih kemasan yang mudah digunakan

Vitamin untuk rambut hadir dalam berbagai bentuk. Anda dapat menemui vitamin rambut yang dikemas dalam bentuk kapsul bulat. Bentuk ini sangat praktis dibawa karena ukurannya yang kecil. Selain itu, Anda tidak perlu repot menakar ukuran yang pas. Anda hanya perlu membaca instruksi pemakaiannya untuk mengetahui berapa kapsul yang harus digunakan dalam setiap pemakaian.

Selain itu, ada vitamin rambut yang dikemas dalam bentuk spray. Botol spray yang berukuran besar terkadang dirasa memberatkan jika dibawa ke luar rumah. Namun, penggunaannya lebih efisien. Anda cukup menyemprotkan dari jarak 10-15 cm, kemudian meratakannya pada kulit kepala atau helaian rambut Anda.

Di samping kedua kemasan tersebut, ada juga kemasan botol tetes atau botol biasa dengan lubang kecil. Ukuran botol biasanya cukup besar. Untuk menggunakannya, Anda harus meneteskannya ke kulit kepala, kemudian menggosok atau memijatnya.

Perhatikan cara penggunaannya


Perhatikan cara penggunaannya

Penjelasan mengenai cara penggunaan sering kali dilewatkan oleh pembeli. Padahal, cara pengunaan vitamin untuk rambut berbeda-beda. Ada vitamin yang cukup dioleskan pada batang rambut, ada juga yang harus dioleskan pada kulit kepala dan diberi sedikit pijatan agar meresap.

Anda perlu membaca cara penggunaannya agar efeknya lebih maksimal. Waktu penggunaannya pun juga menjadi penting. Perhatikanlah, apakah sebelum menggunakannya Anda perlu keramas terlebih dahulu atau tidak? Selain itu, akan lebih baik jika Anda menggunakan rangkaian produk perawatan dari merek yang sama.

Jangan hanya dari luar, cukupkan kebutuhan nutrisi rambut dari dalam juga


Jangan hanya dari luar, cukupkan kebutuhan nutrisi rambut dari dalam juga

Selain menggunakan vitamin rambut, asupan nutrisi menjadi hal penting untuk menjaga kesehatan rambut Anda. Jangan sampai Anda kekurangan nutrisi sehingga rambut menjadi makin rontok dan tidak terawat.

Protein merupakan nutrisi terpenting untuk proses pertumbuhan rambut, serta menjaga struktur helai rambut. Agar kerontokan segera berhenti dan pertumbuhan cepat berlangsung, konsumsilah asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 membuat kulit kepala lebih sehat dan rambut lebih berkilau.

Metil sulfonyl metana atau MSM, zat yang terkandung di dalam susu, tomat, dan jagung, membantu memproduksi keratin rambut. Anda akan merasakan manfaatnya dalam jangka waktu 6 bulan. Manfaat tersebut antara lain berkurangnya kerontokan dan menebalnya rambut. MSM juga tersedia dalam bentuk suplemen agar Anda lebih mudah mengonsumsinya.

Vitamin B kompleks, C, E, dan zat besi juga merupakan nutrisi penting untuk mencegah kerontokan rambut. Vitamin dan zat besi membantu meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala, meningkatkan kolagen dan keratin, serta mencegah rambut patah.

Selain dari sayur, buah, daging, telur, dan susu, Anda dapat mengonsumsi nutrisi tersebut dari suplemen. Apabila Anda ingin mengonsumsi suplemen, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar Anda mendapatkan manfaat yang maksimal.