Bagaimana tips memilih suplemen penumbuh rambut?

memilih suplemen penumbuh rambut

Bagaimana tips memilih suplemen penumbuh rambut?

Kerontokan rambut sering menjadi permasalahan bagi segala usia. Perbaikan pola makan sering kali tidak cukup membantu pertumbuhan rambut sehingga Anda perlu mengonsumsi suplemen penumbuh rambut. Ada berbagai merek suplemen penumbuh rambut dengan beragam kandungan di dalamnya, mulai dari Hairfinity, Hair Maxis, Foligain, dan sebagainya. Kali ini akan membahas tentang cara memilih suplemen penumbuh rambut.

Mungkin Anda merasa sedikit kesulitan dalam memilih suplemen penumbuh rambut. Berikut beberapa tips dari kami untuk memilih suplemen penumbuh rambut yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih bahan yang sesuai dengan kebutuhan


Saat memilih suplemen penumbuh rambut, perhatikanlah bahan-bahan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pemilihan suplemen untuk pria dan wanita akan berbeda karena penyebab kebotakannya juga berbeda. Seperti apa bahan-bahan yang perlu diperhatikan? Simak terus pembahasan selanjutnya.

1. Saw palmetto untuk kondisi androgenetic alopecia (AGA)

Saw palmetto untuk kondisi androgenetic alopecia (AGA)

Androgenetic alopecia (AGA) merupakan bentuk kebotakan yang dapat terjadi pada pria maupun wanita. Pada pria, kondisi ini juga dikenal dengan male pattern baldness yang disebabkan oleh faktor genetik dan lingkungan. Bahan-bahan seperti finasteride dan saw palmetto sangat efektif mengatasi masalah kebotakan pada pria.

Kebanyakan penyebab kebotakan pada pria di atas usia 30 tahun adalah akibat hormon androgen, yakni dihydrotestoeterone (DHT). Perubahan hormon ini akan mempengaruhi siklus pertumbuhan rambut. Suplemen yang dapat menghambat hormon androgen seperti beta-sitosterol juga dapat Anda pilih.

2. Equol dan maca untuk menyeimbangkan hormon pada wanita

Equol dan maca untuk menyeimbangkan hormon pada wanita

Umumnya, kebotakan pada wanita sering kali disebabkan oleh hormon yang tidak seimbang. Meskipun Anda dapat menggunakan suplemen pertumbuhan rambut untuk pria, sangat direkomendasikan agar Anda memilih suplemen dengan bahan seperti equol atau maca untuk menyeimbangkan hormon. Sayangnya, kandungan ini masih cukup sulit ditemukan pada produk suplemen rambut yang beredar di Indonesia.

3. Ekstrak rumput laut dan capsaicin untuk memperlancar peredaran darah

Ekstrak rumput laut dan capsaicin untuk memperlancar peredaran darah

Salah satu penyebab kebotakan atau penipisan rambut adalah sirkulasi kulit kepala yang buruk. Agar tidak menghalangi pertumbuhan rambut, pilihlah bahan-bahan yang dapat memperlancar peredaran darah.

Beberapa nutrisi yang dapat memperlancar peredaran darah antara lain adalah minoxidil, ekstrak rumput laut, capsaicin, serta ginseng. Temukanlah bahan-bahan tersebut dalam produk yang Anda cari.

4. Seng dan asam amino untuk mempercepat pertumbuhan rambut

Seng dan asam amino untuk mempercepat pertumbuhan rambut

Keratin yang merupakan struktur penyusun rambut, terdiri dari asam amino. Asam amino dapat Anda peroleh dari makanan yang kaya protein. Untuk itu, konsumsilah makanan seperti daging, ikan, telur, dan produk olahan susu agar dapat membantu pertumbuhan rambut Anda.

Di sisi lain, seng merupakan bahan yang sangat penting dalam mengubah asam amino menjadi rambut. Seng banyak terdapat dalam tiram dan hati hewan yang mungkin tidak semua orang suka memakannya. Jika Anda tidak menyukai makanan tersebut, konsumsilah suplemen yang mengandung seng.

5. Biotin untuk menghasilkan rambut yang lebih tebal

Biotin untuk menghasilkan rambut yang lebih tebal

Biotin atau biasa dikenal dengan vitamin H juga sangat penting untuk pertumbuhan rambut. Biotin terdapat di dalam makanan, seperti kuning telur, kacang-kacangan, bayam, jamur, dan keju. Untuk membantu pertumbuhan rambut, konsumsilah suplemen yang mengandung biotin.

Selain membantu pertumbuhan rambut, biotin juga membantu menghasilkan rambut yang lebih tebal. Untuk mencukupi kebutuhan biotin setiap hari, Anda membutuhkan biotin sebesar 30-100 mcg. Sementara itu, Anda dapat mengonsumsi biotin sebesar 5.000 mcg per hari untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Berhubung biotin ini termasuk vitamin yang larut dalam air, konsumsi melebihi batas dikatakan minim efek samping. Namun, bila Anda tidak yakin mengenai jumlah biotin yang harus Anda konsumsi, Anda bisa mendiskusikannya dengan dokter kepercayaan Anda.

Pilih suplemen yang ekonomis dan mudah dikonsumsi


Pilih suplemen yang ekonomis dan mudah dikonsumsi

Hal yang paling penting dalam mengonsumsi suplemen adalah konsumsi berkelanjutan. Hal itu disebabkan suplemen penumbuh rambut adalah suplemen yang tidak langsung berefek. Bahkan, pada sebagian orang mungkin tidak akan terasa efeknya bila tidak dikonsumsi dalam jangka panjang.

Untuk mengurangi risiko efeknya tidak terasa, pilihlah suplemen dengan harga yang paling ekonomis. Di samping itu, pilihlah suplemen dengan jumlah konsumsi harian sesedikit mungkin untuk mempermudah Anda dalam mengonsumsinya.

Hal yang harus diperhatikan saat mengonsumsi suplemen penumbuh rambut


Untuk meningkatkan efektivitas suplemen penumbuh rambut, perhatikan hal-hal berikut saat mengonsumsinya.

1. Konsumsi sesuai dosis untuk menghindari efek samping

Konsumsi sesuai dosis untuk menghindari efek samping

Dibandingkan dengan obat-obatan dan quasi drugs, suplemen merupakan produk dengan efek samping yang relatif rendah. Namun, perhatikan jumlah konsumsinya agar Anda tidak sampai kelebihan dalam mengonsumsinya.

Meskipun nutrisi tersebut sangant penting, kelebihan mengonsumsinya mungkin akan menyebabkan beberapa efek samping. Untuk itu, konsumsilah sesuai dengan dosis yang disarankan pada label suplemen. Lalu, hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah Anda harus memperhatikan alergi Anda terhadap bahan-bahan tertentu yang terkandung di dalam suplemen.

2. Konsumsi dengan air hangat untuk mengoptimalkan efek suplemen

Konsumsi dengan air hangat untuk mengoptimalkan efek suplemen

Secara umum, 30 menit setelah makan merupakan waktu yang tepat untuk mengonsumsi suplemen penumbuh rambut. Lalu, konsumsi per hari dapat dibagi menjadi pagi, siang, dan malam agar lebih efisien. Jadi, cobalah mengonsumsinya secara rutin sebisa mungkin.

Ada juga teori yang mengatakan bahwa penyerapan bahan-bahan suplemen akan berkurang jika Anda mengonsumsinya bersama kopi atau teh. Karena itu, hindarilah mengonsumsi suplemen dengan minuman lain selain air hangat. Bila Anda sulit mendapatkan air hangat, konsumsilah dengan air biasa ketimbang minuman lainnya.

Di seluruh dunia, ada 21 juta wanita dan 35 juta pria yang menderita kerontokan rambut. Pada saat pria mencapai usia 35, hampir setengah dari mereka akan mengalami kerontokan rambut. Di sisi lain, 80% wanita akan mengalami kerontokan rambut yang cukup besar ketika mereka berusia 60 tahun.

Kebanyakan orang akan setuju bahwa rambut yang sehat adalah sumber kepercayaan dan kebahagiaan. Jadi, kehilangan satu rambut dapat menyebabkan stres dan kesedihan mental, belum lagi penurunan harga diri. Untungnya, alam memiliki jawaban untuk menjaga rambut di tempat yang seharusnya. Anda harus memilih suplemen rambut terbaik yang tidak hanya mencegah rambut rontok tetapi juga memelihara kunci dari dalam.

Suplemen ini, jika dikonsumsi secara teratur, dapat mengurangi kekurangan vitamin dalam tubuh. Ini dapat memberikan jumlah nutrisi yang dibutuhkan untuk mempertahankan dan menumbuhkan rambut yang sehat. Untuk membantu Anda menemukan solusi terbaik untuk kerontokan rambut atau meningkatkan nutrisi rambut, perhatikan tips berikut tentang cara memilih suplemen pertumbuhan rambut terbaik.

  1. Diformulasikan oleh Para Ahli
    Tidak ada yang mengalahkan keahlian profesional medis seperti dokter kulit, ahli bedah plastik, dan ilmuwan anti-penuaan dalam mengetahui apa yang akan membuat rambut sehat. Mereka telah menjalani pelatihan intensif dan melakukan beberapa percobaan dan percobaan untuk merumuskan suplemen terbaik untuk pertumbuhan rambut.

    Saat memilih suplemen, cari tahu siapa yang memformulasikannya. Periksa latar belakang online. Jika perusahaan tidak mengungkapkan informasi ini, maka akan lebih bijaksana untuk beralih ke opsi lain. Ingatlah bahwa Anda akan mengonsumsi suplemen ini, sehingga harus diformulasikan dengan mempertimbangkan keselamatan dan kesehatan Anda.

  2. Dibuat dengan dengan bahan Alami tanpa Bahan Sintetis
    Warna dan perasa buatan berbahaya bagi tubuh dengan konsumsi yang lama. Ini akan menjadi keputusan yang sangat baik untuk memilih suplemen yang tidak mengandung bahan-bahan ini. Selain itu, hindari produk pertumbuhan rambut oral yang mengandung aditif sintetik, agen bulking, dan gelatin. Bahan-bahan ini tidak menambah sesuatu yang bernilai bagi sistem Anda dan mungkin memperlambat penyerapan nutrisi-nutrisi penting Anda.

    Tubuh Anda pantas mendapatkan bahan terbersih dan paling alami. Alam berniat untuk menyembuhkan dan memelihara sementara ilmu pengetahuan memungkinkan. Gunakan produk yang mematuhi prinsip-prinsip ini.

  3. Memiliki Banyak Ulasan dan Rekomendasi Positif
    Internet adalah harta karun ulasan dan rekomendasi produk. Anda perlu mencari platform yang tepat untuk menemukan yang paling jujur dan realistis. Jangan hanya mengandalkan ulasan situs web produk. Situs dan forum media sosial juga merupakan tempat yang sangat baik di mana Anda dapat membaca berbagai umpan balik.

  4. Memiliki Formulasi Satu Ukuran Untuk Semua
    Pilih suplemen pertumbuhan rambut yang dapat digunakan oleh pria dan wanita. Anda tidak perlu menunggu formulasi khusus gender tersedia. Ini juga akan memungkinkan Anda untuk berbagi produk dengan pasangan atau anggota keluarga lain.