Bagaimana tips memilih sunscreen/sunblock untuk kulit berjerawat?

memilih sunscreen/sunblock untuk kulit berjerawat

Sunscreen adalah lotion pelindung dari sinar matahari yang bisa menyerap ke dalam lapisan teratas kulit untuk menyerap sinar matahari yang sudah masuk ke dalam kulit. Sunscreen biasanya melindungi kulit dari sinar UVB saja.

Bagaimana tips memilih sunscreen/sunblock untuk kulit berjerawat?

Kulit berjerawat memerlukan sunblock atau sunscreen khusus agar masalah jerawat tidak bertambah parah. Sekarang ini, telah banyak produk tabir surya yang tepat digunakan untuk kulit berjerawat. Merek-merek terkenal Neutrogena, La Roche-Posay, Avene, dan lainnya telah menyediakan varian khusus yang ramah bagi kulit berjerawat Anda.

Ketika memilih produk tabir surya untuk kulit berjerawat, hal penting yang perlu diperhatikan adalah memilih produk yang ramah di kulit dan dapat mencegah jerawat muncul kembali. Dengan begitu, kondisi kulit Anda tidak akan memburuk sekaligus tetap terlindungi dari sinar UV (ultraviolet).

Pastikan terdapat keterangan “tidak menimbulkan jerawat”


Di samping memilih produk yang rendah iritan, Anda pun perlu memilih produk yang memiliki keterangan tidak menimbulkan breakout atau menjamin tidak akan memperparah jerawat.

1. Pilihlah produk oil-free agar jerawat tidak bertambah parah

Pilihlah produk oil-free agar jerawat tidak bertambah parah

Bakteri penyebab jerawat akan semakin subur dengan adanya sebum berlebih di kulit. Selain sebum alami kulit, kandungan minyak di dalam produk tabir surya pun dapat memicu pembentukan jerawat. Jadi, pilihlah produk yang oil-free. Tipe ini tidak akan menyumbat pori-pori sehingga tidak akan memperparah jerawat di kulit Anda.

Saat ini pun cukup banyak oil-free sunblock/sunscreen yang dapat Anda temukan di pasaran. Apabila tidak dapat menemukan produk oil-free yang tepat untuk Anda, Anda dapat memilih produk dengan kandungan minyak yang sesedikit mungkin.

2. Pilihlah produk non-comedogenic untuk mencegah pembentukan jerawat

Pilihlah produk non-comedogenic untuk mencegah pembentukan jerawat

Sebagian produk tabir surya memiliki formula non-comedogenic. Formula tersebut mampu mencegah terbentuknya komedo yang merupakan tahap awal dari jerawat. Hal tersebut juga dapat Anda jadikan acuan dalam memilih produk tabir surya untuk kulit berjerawat.

Meskipun suatu produk telah berlabel non-comedogenic, bukan berarti jerawat akan benar-benar menghilang atau tidak akan muncul kembali jika Anda menggunakannya. Produk non-comedogenic bekerja dengan menghambat pembentukan jerawat. Namun, jerawat dapat terjadi karena berbagai faktor. Memilih produk perawatan kulit yang tepat hanyalah salah satu cara untuk mencegah jerawat bertambah parah.

Pilihlah sunscreen/sunblock dengan bahan yang ramah di kulit


Hal pertama dan yang paling penting adalah memilih produk yang ramah di kulit. Kulit yang berjerawat biasanya lebih sensitif dibandingkan kulit normal sehingga kandungannya pun harus diperhatikan.

1. Pakailah produk non-chemical tanpa kandungan UV absorber

Pakailah produk non-chemical tanpa kandungan UV absorber

Terdapat agen UV absorber dan UV reflector sebagai bahan yang dapat mencegah sunburn atau terbakarnya kulit akibat paparan sinar matahari. UV absorber dapat dengan kuat menangkal sinar UV, tetapi umumnya juga menjadi iritan bagi kulit. Di sisi lain, agen UV reflector memiliki efek perlindungan terhadap UV yang tak terlalu kuat, tetapi memiliki tingkat iritan yang rendah sehingga lebih cocok digunakan untuk kulit berjerawat.

Sebagai panduan saat memilih, pastikan produk yang Anda pilih merupakan jenis non-chemical atau disertai dengan agen UV reflector.

2. Pilihlah yang berkadar SPF 20 hingga SPF 30 dan PA ++

Pilihlah yang berkadar SPF 20 hingga SPF 30 dan PA ++

Makin tinggi kadar SPF dan PA, makin tinggi pula tingkat iritan sebuah produk tabir surya di kulit Anda. Untuk itu, pilihlah produk ber-SPF 20 hingga SPF 30 dan PA ++ saja karena tingkat iritannya relatif kecil. Anda pun dapat menggunakannya tanpa khawatir jerawat makin memburuk. Kadar ini sangat tepat untuk penggunaan sehari-hari sebagai pelindung kulit dari sinar UV.

3. Untuk kulit berjerawat yang sensitif, gunakan sunscreen/sunblock khusus bayi atau organik

Untuk kulit berjerawat yang sensitif, gunakan sunscreen/sunblock khusus bayi atau organik

Bagi Anda yang rentan mengalami kulit kasar ataupun jerawat, produk organik atau sunblock dan sunscreen untuk bayi juga disarankan. Biasanya, produk organik bebas dari bahan aditif yang tidak diperlukan. Produknya pun lebih rendah iritan dibandingkan produk biasa.

Bahan pengawet, mineral oil, surfaktan, ataupun bahan tambahan lain juga tidak digunakan dalam pembuatan produk organik sehingga cocok untuk Anda yang memiliki kulit sensitif. Pastikan Anda memilih produk dengan spesifikasi tersebut jika Anda memiliki kulit sensitif yang berjerawat.

Carilah yang teksturnya ringan agar tidak memperparah jerawat


Carilah yang teksturnya ringan agar tidak memperparah jerawat

Sunblock atau sunscreen memiliki berbagai jenis tekstur, seperti krim, lotion, gel, dan sebagainya. Namun, tekstur yang paling direkomendasikan untuk kulit berjerawat adalah tekstur encer seperti lotion dan milky. Anda dapat mengaplikasikannya dengan mudah dan lembut agar tidak memicu iritasi pada jerawat. Untuk pengaplikasian pada jerawat yang meradang, Anda dapat mengoleskannya dengan lembut dan perlahan menggunakan ujung jari.

Apabila Anda telanjur memilih produk bertekstur krim, Anda dapat memadukannya dengan face lotion atau produk perawatan wajah lain yang bertekstur milky untuk mengencerkannya. Dengan begitu, produk akan lebih mudah dibaurkan ke kulit.

Cek apakah produk mudah dibersihkan


Cek apakah produk mudah dibersihkan

Untuk merawat kulit berjerawat Anda, janganlah membiarkan produk tabir surya melekat terlalu lama di kulit. Meskipun Anda menggunakan produk yang rendah iritan, produk tersebut akan berpengaruh negatif apabila terlalu lama menempel di kulit.

Tidak hanya itu, proses pembersihan pun tak boleh luput dari perhatian. Membersihkan sisa produk dari kulit dengan gosokan yang terlalu kuat pun akan membuat kulit iritasi. Untuk itu, pilihlah produk yang mudah dibersihkan, bahkan tanpa harus menggunakan cleanser.

Sebisa mungkin, hindari juga produk berfitur waterproof, meskipun akibatnya Anda harus mengulangi pengaplikasian produk setiap beberapa jam. Perlu Anda ketahui, produk waterproof tidak akan mudah luruh, kecuali Anda menggunakan cleanser untuk membersihkannya. Agar lebih aman, pilihlah produk yang mudah dibersihkan meski hanya menggunakan sabun wajah biasa.

Tahukah Anda jika perlindungan tabir surya tetap diperlukan, bahkan saat cuaca dingin?


Tahukah Anda jika perlindungan tabir surya tetap diperlukan, bahkan saat cuaca dingin?

Matahari memancarkan sinarnya sepanjang tahun, bahkan saat musim penghujan atau ketika cuaca dingin. Untuk kulit berjerawat, sinar matahari merupakan musuh karena sinar UV mampu menyuburkan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, noda bekas jerawat pun akan menghitam jika terus terpapar sinar matahari. Untuk itu, tetap lindungi kulit Anda sepanjang tahun dengan sunblock atau sunscreen, termasuk pada saat musim hujan.

Sebagai tambahan, perlindungan menyeluruh memang penting, tetapi produk tabir surya yang masih tersisa di kulit akan menjadi masalah jika tidak dibersihkan dengan sempurna. Setelah berkegiatan di luar, segeralah bersihkan produk tabir surya agar jerawat Anda tidak makin parah.