Bagaimana tips memilih produk bleaching?

memilih produk bleaching

Bleaching rambut adalah proses melunturkan warna rambut yang biasanya dilakukan sebelum melakukan pewarnaan rambut. Bleaching rambut umumnya dilakukan pada rambut yang berwarna gelap. Fungsi bleaching rambut adalah agar penyerapan cat rambut lebih maksimal dan warna yang dihasilkan juga sesuai dengan yang diinginkan.

Bagaimana tips memilih produk bleaching?

Ketika ingin mewarnai rambut, Anda bisa menggunakan produk bleaching yang mudah Anda temukan di berbagai online shop. Produk bleaching, seperti Matrix, L’Oreal, Wella, dan sebagainya berbeda tingkat kecerahan satu sama lain. Anda pun akan menemukan produk berbentuk bubuk atau krim yang bisa Anda pilih sesuai preferensi Anda.

Hal yang harus diperhatikan ketika melakukan bleaching


Hal yang harus diperhatikan ketika melakukan bleaching

  1. Untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala, kami akan memberitahu apa saja tindak pencegahan dan pemeliharaan yang harus dilakukan. Setelah melalui proses bleaching, rambut berada dalam kondisi rapuh. Oleh karena itu, jika Anda ingin mewarnai dan mengeriting rambut, lakukanlah sekitar satu minggu setelahnya.

  2. Jika Anda ingin mengubah warna rambut hitam menjadi warna dengan tone yang lebih terang, hampir tidak mungkin dilakukan hanya dengan satu kali proses belaching. Untuk itu, kami sarankan Anda menunggu satu minggu lagi untuk kembali melakukan proses bleaching.

  3. Demikian juga, tahanlah keinginan untuk langsung melakukan pengeritingan dan pelurusan rambut. Setelah proses decolorization, rawatlah rambut Anda untuk mencegah kerusakan pada rambut.

Selanjutnya, kami akan mengenalkan bagaimana cara memilih produk bleaching untuk warna rambut yang Anda inginkan. Kami akan menjelaskan poin-poin dengan contohnya, silakan jadikan artikel kami sebagai acuan dalam membeli produk bleaching.

Pilih tipe dengan keunggulan dan cara penggunaan yang Anda inginkan


Produk bleaching yang dijual di pasaran tersedia dalam beberapa tipe, yaitu tipe krim, foam, spray, dan powder. Pelajarilah masing-masing kelebihan dan kekurangannya, kemudian pilihlah produk yang dapat Anda gunakan dengan mudah.

3. Tipe krim, mudah ditemukan, tetapi kurang cocok bagi pemula karena warnanya cenderung kurang merata

Tipe krim, mudah ditemukan, tetapi kurang cocok bagi pemula karena warnanya cenderung kurang merata

Jenis produk bleaching yang paling umum dijual adalah tipe krim. Tipe ini digunakan dengan mencampurkan 2 macam bahan kimia kemudian diaplikasikan pada rambut sampai teksturnya mengering dan tidak menetes. Anda dapat menghilangkan keseluruhan warna rambut asli dengan mewarnainya secara seragam.

Walaupun demikian, mungkin akan sulit bagi pemula untuk mengatasi cat yang tidak merata atau butuh waktu yang lebih lama untuk mengecat. Warna yang kurang merata biasanya terjadi pada area yang sulit dijangkau atau dilihat, misalnya pada bagian belakang kepala. Akan lebih baik meminta orang lain untuk membantu sampai Anda terbiasa melakukannya sendiri.

4. Tipe foam, mudah untuk pemula dan warna cenderung merata, tetapi perlu cepat diselesaikan

Tipe foam, mudah untuk pemula dan warna cenderung merata, tetapi perlu cepat diselesaikan

Tipe foam adalah produk yang mudah digunakan bahkan untuk pemula. Kemungkinan terjadinya warna yang tidak merata akan lebih kecil dibanding ketika Anda menggunakan tipe krim serta dapat diaplikasikan dengan cepat. Larutannya pun mudah dicampur sehingga jika Anda sudah terbiasa, Anda dapat melakukannya dalam waktu singkat.

Akan tetapi, beberapa waktu setelah proses pencampuran dan pembentukan busa, secara perlahan, tipe ini akan kembali menjadi cairan. Anda harus melakukan proses pewarnaan dengan cepat dan jangan terlalu menghabiskan waktu. Meski demikian, produk ini memang masih sulit ditemukan di pasaran Indonesia.

5. Tipe spray, menghilangkan warna sedikit demi sedikit dan mudah disesuaikan

Tipe spray, menghilangkan warna sedikit demi sedikit dan mudah disesuaikan

Tipe spray ini disarankan untuk Anda yang ingin mengubah warna rambut sedikit demi sedikit dan tidak berlebihan. Tipe ini sangat mudah bagi pemula karena tidak perlu mencampurkan bahan pelarut.

Asalkan tidak Anda gunakan pada rambut dengan warna asli yang sangat terang, Anda juga dapat menggunakan tipe ini untuk membantu menghilangkan kondisi purine, yaitu kondisi ketika akar rambut hitam Anda mulai tumbuh. Sebagai konsekuensinya, kemampuan untuk menghilangkan warnanya pun berkurang. Namun, perlu diingat bahwa tipe ini tidak cocok bila Anda menginginkan hasil pewarnaan yang hasilnya terlihat dengan cepat. Sebab, warna rambut Anda tidak akan langsung berubah menjadi terang meski sudah berulang kali diwarnai. Sayangnya, produk ini pun termasuk masih jarang dijumpai di pasaran.

4. Tipe powder, pilihan para penata rambut profesional dan kurang cocok digunakan sendiri

Tipe powder, pilihan para penata rambut profesional dan kurang cocok digunakan sendiri

Produk bleaching tipe powder biasanya digunakan untuk kepentingan bisnis. Ini adalah tipe yang biasa digunakan oleh profesional di salon kecantikan atau tempat lainnya. Pengaturan jumlah bahan yang harus digunakan juga sangat sulit untuk dilakukan oleh amatir. Maka dari itu, kami tidak akan menyarankan kepada Anda kecuali jika Anda adalah seorang ahli kecantikan. Jadi, bila Anda berniat melakukan pewarnaan rambut sendiri, kami sarankan untuk membeli produk bleaching yang digunakan untuk umum.

Minimalisir kerusakan rambut dengan adanya treatment tambahan


Minimalisir kerusakan rambut dengan adanya treatment tambahan

Produk bleaching dibuat untuk menghilangkan warna dengan membuka kutikula rambut. Meski demikian, cukup jarang produk bleaching yang menyediakan bahan tambahan untuk menutup kembali kutikula rambut. Karena itu, sangat penting untuk merawat rambut Anda setelah melakukan proses bleaching, seperti menggunakan kondisioner.

Beberapa produk menyediakan bahan perawatan rambut, tetapi jika tidak disediakan, akan lebih baik bila Anda menyiapkannya sendiri dengan hati-hati.

Periksa waktu yang dibutuhkan agar durasi pengerjaan tidak berlebihan


Periksa waktu yang dibutuhkan agar durasi pengerjaan tidak berlebihan

Waktu untuk menunggu produk bekerja dimulai setelah Anda selesai mengaplikasikan produk bleaching. Kerusakan pada rambut semakin bertambah jika proses pelapisan terlalu lama. Maka, sangat penting untuk memeriksa waktu yang dibutuhkan sehingga proses dapat diselesaikan tepat waktu.

Beberapa produk membutuhkan waktu yang cukup pendek, sekitar 20 menit setelah pengaplikasian. Akan tetapi, jika Anda tidak terbiasa, jangka waktu tersebut akan terlewat selagi Anda menunggu. Jadi, alangkah baiknya bila sejak awal Anda memilih produk yang membutuhkan waktu cukup panjang.

Kecepatan proses bleaching juga tergantung pada kondisi dan ketebalan rambut. Untuk Anda yang ingin mengubah warna rambut menjadi cukup terang atau memiliki rambut hitam, disarankan untuk menggunakan warna yang lebih terang agar hasil akhir sesuai dengan harapan. Sebaliknya, bagi Anda yang memiliki rambut berwarna terang, pilih produk dengan layer warna lebih rendah untuk mendapatkan hasil akhir yang lebih mendekati keinginan Anda.

Periksa kelengkapan sarung tangan dan perlengkapan lainnya


Periksa kelengkapan sarung tangan dan perlengkapan lainnya

Semua peralatan biasanya sudah tersedia dalam satu paket sehingga Anda dapat langsung melakukan proses bleaching setelah membeli produk. Meskipun terlihat sederhana, banyak produk yang sudah satu paket dengan sisir dan sarung tangan. Namun, biasanya handuk untuk melindungi leher dan jubah untuk melindungi kulit dari cairan lengket tidak termasuk dalam paket sehingga Anda perlu menyiapkannya sendiri.

Jika Anda ingin menggunakannya langsung setelah membeli, bacalah terlebih dahulu penjelasan yang tertera di belakang kemasan produk dan periksa peralatan yang harus disiapkan.