Bagaimana tips memilih pelembap wajah untuk pria?

tips memilih pelembap wajah untuk pria

Agar kelembapan wajah selalu terjaga, penting bagi pria untuk rutin menggunakan pelembap wajah.

Bagaimana tips memilih pelembap wajah untuk pria?

Bagi pria yang sering beraktivitas di luar ruangan, kelembapan wajah sangat penting untuk diperhatikan. Kulit yang kehilangan kelembapannya dapat menyebabkan permasalahan kulit, seperti kusam, kering, dan jerawat. Untuk itu, penting bagi Anda untuk menggunakan pelembap wajah khusus pria setiap hari.

Banyak merek ternama, seperti Vaseline dan Nivea, yang mengeluarkan pelembap wajah pria berkualitas. Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih pelembap wajah yang baik

Apa pentingnya pelembap wajah untuk pria?


Apa pentingnya pelembap wajah untuk pria?

Tanpa kita sadari, kelembapan alami pada wajah dapat hilang atau rusak. Penyebabnya bisa bervariasi seperti sinar UV, polusi, stres,atau kurang tidur. Selain itu, kebiasaan mencuci muka terlalu sering atau menggosok wajah terlalu kuat juga dapat merusak kelembapan alami kulit. Sayangnya masih banyak orang yang tidak menyadari hal ini.

Agar kelembapan wajah selalu terjaga, penting bagi pria untuk rutin menggunakan pelembap wajah. Pelembap wajah ini mengandung bahan-bahan yang dapat mengunci atau menambah kadar air di wajah. Penggunaan pelembap wajah secara rutin juga dapat membuat kulit lebih sehat dan halus.

Saat ini ada banyak jenis pelembap wajah yang dapat mengatasi berbagai masalah kulit. Selain dapat melembapkan kulit, ada juga yang dapat mengatasi jerawat, mencerahkan wajah, atau berfungsi sebagai tabir surya. Produk pelembap wajah ini ada yang berbentuk cream atau gel. Selain itu, bahan dasar pembuatnya ada yang berupa air, minyak, maupun campuran dari keduanya.

Memilih pelembap wajah tidak boleh asal karena penggunaan produk yang tidak cocok di kulit justru dapat menimbulkan masalah kulit lainnya. Sebelum membeli, baca dengan saksama cara memilih pelembap wajah berikut ini.

Pilih yang mengandung bahan pelembap


Pilih yang mengandung bahan pelembap

Fungsi utama dari pelembap wajah adalah untuk menjaga kelembapan alami wajah. Jadi, usahakan memilih pelembap dengan kandungan bahan aktif yang melembapkan kulit. Bahan pelembap yang biasa digunakan dalam pelembap wajah antara lain glycerin dan hyarulonic acid. Bahan pelembap jenis ini bekerja dengan menangkap air dan mengikatnya dalam kulit sehingga kulit akan terjaga kelembapannya.

Pilih berdasarkan kondisi kulit wajah Anda


Setiap pria memiliki kondisi kulit wajah yang berbeda-beda yang mana juga membutuhkan treatment masing-masing. Jadi, lebih aman jika Anda memilih produk yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.

1. Untuk kulit rentan berjerawat, pilih yang bersifat non-comedogenic

Untuk kulit rentan berjerawat, pilih yang bersifat non-comedogenic

Setiap produk pelembap wajah memiliki comedogenic rating yang menunjukkan kemungkinan bahan dalam produk tersebut membuat kulit Anda berjerawat. Semakin tinggi angkanya, bahan dalam produk tersebut tergolong bersifat comedogenic dan berpotensi menyumbat pori-pori kulit. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih produk yang bersifat non-comedogenic agar terhindar dari masalah komedo dan jerawat.

Produk untuk kulit berjerawat biasanya memiliki bahan aktif berupa salicylic acid, citric acid, dan retinol. Bahan aktif tersebut terkenal ampuh untuk mencegah munculnya jerawat dan meredakan jerawat yang meradang.

2. Untuk kulit sensitif, pilih yang bersifat hypoallergenic

Untuk kulit sensitif, pilih yang bersifat hypoallergenic

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif dan khawatir akan efek alergi yang mungkin timbul dari produk skincare, pilihlah yang berlabel hypoallergenic. Produk yang bersifat hypoallergenic biasanya sudah lolos uji klinis tidak menimbulkan alergi pada kulit.

Produk dengan sifat hypoallergenic ini biasanya memiliki kandungan utama yang bersifat ringan dan ramah di kulit. Contohnya adalah ekstrak Aloe vera, green tea, dan ekstrak tanaman lainnya. Bahan seperti fragrance, alkohol, dan sulfur biasanya tidak ditambahkan karena dapat memicu timbulnya alergi seperti iritasi atau gatal.

3. Pilih yang bersifat mencerahkan untuk kulit wajah kusam

Pilih yang bersifat mencerahkan untuk kulit wajah kusam

Hilangnya kelembapan alami kulit tidak hanya membuat kulit kering, tetapi juga membuat kulit tampak kusam. Apalagi jika Anda sering terkena sinar matahari dan polusi. Kulit wajah yang kusam akan terlihat gelap dan tentunya mengganggu penampilan Anda.

Untuk mengatasi masalah kulit kusam ini sebaiknya Anda memilih produk yang mengandung pencerah atau whitening. Produk yang mengandung whitening ini tidak hanya membuat wajah tampak lebih cerah, tetapi juga mencegah pigmentasi kulit. Bahan yang biasanya digunakan sebagai whitening ini antara lain arbutin, vitamin C, dan vitamin E.

Pilih berdasarkan jenis kulit


Secara umum, kulit wajah terbagi dalam kategori jenis kulit berminyak, kering, dan normal. Masing-masing jenis kulit memiliki karakter yang unik sehingga perlu untuk memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

1. Kulit berminyak, pilih yang dapat mengontrol produksi minyak di wajah

Kulit berminyak, pilih yang dapat mengontrol produksi minyak di wajah

Jenis kulit yang berminyak memang membutuhkan treatment khusus karena rentan timbul jerawat. Bagi Anda yang memiliki jenis kulit rentan berjerawat sebaiknya memilih pelembap yang bersifat non-comedogenic. Terutama pilihlah produk yang dapat membantu mengontrol produksi minyak di wajah. Untuk itu, sebaiknya memilih produk yang mengandung salicylic acid atau benzoyl peroxide. Kedua bahan tersebut selain bisa mengontrol produksi minyak di wajah, juga bisa mengatasi masalah jerawat.

2. Kulit kering, pilih yang menghidrasi kulit dalam waktu lama

Kulit kering, pilih yang menghidrasi kulit dalam waktu lama

Kulit wajah tipe kering biasanya memproduksi lebih sedikit kelenjar minyak. Alhasil, kulit terasa kering dan pada beberapa kasus mudah timbul iritasi atau pengelupasan kulit. Bagi Anda yang memiliki kulit wajah yang kering, pilih produk yang mengandung ekstra pelembap dan dapat menghidrasi kulit dalam jangka waktu yang lama.

Jenis kulit ini juga rentan terhadap paparan sinar UV sehingga sebaiknya Anda menggunakan pelembap yang mengandung tabir surya. Agar lebih aman, pilihlah produk dengan kandungan yang bersifat hypoallergenic. Hindari juga produk yang mengandung alkohol dan benzoyl peroxide karena dapat membuat kulit menjadi lebih kering.

3. Kulit normal, pilih yang bersifat ringan

Kulit normal, pilih yang bersifat ringan

Pria dengan jenis kulit normal ini biasanya jarang mengalami masalah wajah seperti jenis kulit wajah lainnya. Biasanya, kulit jenis normal ini tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak. Namun, bukan berarti jenis kulit ini tidak membutuhkan pelembap. Terlebih lagi jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan dan terkena polusi.

Untuk jenis kulit ini, sebaiknya menggunakan jenis pelembap yang sifatnya ringan. Apabila membutuhkan pelembap yang mengandung tabir surya, hindari penggunaan SPF yang terlalu tinggi. Tujuannya agar keseimbangan alami pada kulit wajah tidak terganggu. Anda juga dapat memilih produk yang mengandung vitamin atau whitening yang dapat menambah vitalitas kulit.

Pilih yang mengandung tabir surya jika sering berada di luar ruangan


Pilih yang mengandung tabir surya jika sering berada di luar ruangan

Sinar matahari mengandung sinar UV yang dapat merusak kelembapan alami kulit. Akibatnya kulit dapat menjadi kering, kusam, dan kemerahan. Tidak hanya itu, dampak buruk dari sinar UV dapat menyebabkan bintik hitam dan flek di wajah. Jadi, bagi Anda yang sering melakukan kegiatan outdoor sebaiknya memilih produk yang mengandung tabir surya seperti SPF dan PA.