Bagaimana tips memilih parfum wanita dengan harga terjangkau?

tips memilih parfum wanita dengan harga terjangkau

Bagaimana tips memilih parfum wanita dengan harga terjangkau?

Tidak dipungkiri, parfum menjadi salah satu must have items bagi para wanita. Selain fungsi utamanya yaitu memberi keharuman, parfum juga dapat meningkatkan rasa percaya diri. Akan tetapi, harga jual parfum sangat bervariasi. Jadi, apa saja hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih parfum wanita dengan harga terjangkau?

Untuk membantu Anda menentukan parfum yang tepat dan harganya terjangkau, di bawah ini akan dibahas beberapa poin penting sebagai acuan dalam memilih. Anda dapat membaca penjelasan lebih detail mengenai berbagai aroma parfum, tingkat konsentrasi, dan rentang harga yang dapat dijadikan pilihan. Mari kita mulai!

Pilih aroma yang sesuai dengan kepribadian Anda


Di pasaran, Anda dapat menemukan berbagai produk parfum dengan aroma yang juga beragam. Pilihlah aroma yang menggambarkan karakter diri Anda sehingga wangi parfum tersebut dapat menjadi salah satu ciri khas Anda.

1. Aroma floral: menghadirkan wangi yang elegan

Aroma floral: menghadirkan wangi yang elegan

Parfum dengan aroma floral, seperti rose, violet, jasmine, atau aroma bunga lainnya identik dengan sisi feminin dari seorang wanita. Aroma tersebut begitu lembut sehingga akan memberikan kesan elegan dan anggun pada penggunanya. Parfum beraroma floral ini juga dapat digunakan pada berbagai kegiatan dan tempat karena wanginya tidak menyengat.

2. Aroma oriental: aroma khas orang dewasa

Aroma oriental: aroma khas orang dewasa

Parfum dengan aroma oriental ini umumnya tercium lebih kuat dibandingkan varian aroma lainnya. Wanginya akan menonjolkan sisi hangat dan dewasa dari diri Anda. Biasanya, parfum-parfum beraroma oriental dapat digunakan oleh wanita dan pria karena termasuk dalam kategori aroma yang unisex. Untuk menikmati wangi oriental, Anda dapat memilih parfum dengan aroma musk, bergamot, dan amber.

3. Aroma segar: meningkatkan mood dan semangat saat beraktivitas

Aroma segar: meningkatkan mood dan semangat saat beraktivitas

Berbeda dengan aroma oriental, parfum beraroma segar akan memberi kesan muda dan aktif. Jenis parfum ini akan menampilkan karakter ceria bagi penggunanya. Jika Anda memiliki aktivitas yang padat dan menginginkan parfum yang dapat meningkatkan semangat, aroma ini mungkin tepat untuk Anda. Biasanya, parfum-parfum beraroma segar didominasi wangi buah-buahan atau botanical. Oleh karena itu, wanginya cenderung lebih ringan.

Sesuaikan konsentrasi parfum berdasarkan ketahanan aromanya


Berikutnya, akan dibahas tiga konsentrasi parfum yang dapat Anda temukan pada produk dengan harga terjangkau. Anda dapat memilih sesuai kebutuhan agar mendapatkan parfum yang tepat.

1. Eau de parfum, aromanya kuat dan tahan lama

Eau de parfum, aromanya kuat dan tahan lama

Eau de parfum memiliki konsentrasi satu tingkat di bawah parfum. Jadi, Anda bisa mendapatkannya dengan harga yang tidak semahal parfum. Eau de parfum menawarkan wangi yang dapat bertahan antara 4-6 jam. Oleh karena itu, jenis ini dapat Anda gunakan saat menghadiri acara-acara formal yang berlangsung cukup lama.

2. Eau de toilette, ideal untuk pemakaian sehari-hari

Eau de toilette, ideal untuk pemakaian sehari-hari

Eau de toilette dapat Anda temui dengan harga jual yang lebih bervariasi. Oleh sebab itu, jenis konsentrasi ini menjadi pilihan banyak orang karena dapat disesuaikan dengan budget. Untuk wanginya, eau de toilette dapat bertahan selama 2-4 jam dengan aroma yang tidak sekuat eau de parfum. Anda dapat menggunakannya untuk menjaga keharuman tubuh dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

3. Eau de cologne, mengembalikan kesegaran tubuh setelah beraktivitas

Eau de cologne, mengembalikan kesegaran tubuh setelah beraktivitas

Eau de cologne menawarkan aroma yang paling lembut dibandingkan dua konsentrasi sebelumnya. Jenis konsentrasi ini dapat dipilih untuk Anda yang tidak suka dengan parfum beraroma kuat. Penggunaan eau de cologne ditujukan untuk mengembalikan kesegaran seperti setelah berolahraga atau setelah mandi sepulang bekerja. Daya tahannya juga cenderung lebih rendah yaitu selama 1-2 jam saja.

Perhatikan top notes, middle notes, dan base notes sebelum membeli


Perhatikan top notes, middle notes, dan base notes sebelum membeli

Aroma parfum yang Anda semprotkan bisa saja berubah setelah beberapa waktu. Hal ini dipengaruhi oleh top notes, middle notes, dan base notes dari parfum itu sendiri. Agar lebih yakin bahwa Anda akan tetap menyukai aromanya, cobalah untuk menyemprotkan tester terlebih dahulu dan menunggunya hingga beberapa saat. Namun, jika tidak ada tester, Anda dapat membeli kemasan kecil atau menjadikan review dari pengguna lainnya sebagai acuan.

Aroma parfum yang pertama tercium oleh Anda adalah top notes. Setelah beberapa waktu, akan mulai tercium wewangian lain yaitu middle notes. Sementara, base notes adalah aroma parfum yang akan Anda cium terakhir kali saat parfum telah kering. Aroma inilah yang terus bertahan dan tidak akan berubah lagi. Oleh sebab itu, base notes sering kali disebut dry notes.

Dengan adanya perubahan tersebut, penting bagi Anda untuk memperhatikan top notes, middle notes, dan base notes sebuah parfum sebelum Anda membeli. Selain itu, dipengaruhi oleh kadar keringat dan kondisi kulit, aroma yang dikeluarkan oleh parfum juga akan berbeda-beda pada setiap orang.

Pilih parfum dengan harga di bawah Rp 350.000


Pilih parfum dengan harga di bawah Rp 350.000

Rupanya, ada cukup banyak parfum-parfum yang dijual dengan harga ratusan ribu rupiah tidak kalah harum aromanya dibanding dengan yang harganya jutaan rupiah. Tentu hal ini akan sangat menguntungkan karena Anda dapat berhemat untuk kebutuhan lain. Terlebih lagi, jika Anda termasuk orang yang sering menggunakan parfum, ada baiknya Anda memilih produk yang harganya tidak lebih dari Rp 350.000. Jadi, Anda tidak perlu pusing memikirkan budget saat parfum Anda sudah hampir habis.