Bagaimana tips memilih oil tint?

memilih oil tint

Kecantikan merupakan hal yang sangat dekat dengan kaum hawa. salah satu produk yang dapat menambah kecantikan adalah oil tint.

Bagaimana tips memilih oil tint?

Apakah Anda familier dengan penggunaan oil tint pada bibir? Kosmetik yang satu ini memiliki keunggulan mampu menjaga kesehatan bibir seperti halnya lip balm dan menawarkan efek pewarnaan yang indah seperti lipstik.

Namun, tahukah Anda cara memilih produk yang tepat? Kondisi dan warna bibir setiap orang yang cenderung berbeda, memiliki kebutuhan oil tint yang tidak sama. Untuk itu, kami akan menjabarkan beberapa poin dalam memilih oil tint yang tepat dan sesuai, serta yang bagus untuk Anda pilih.

Apa itu oil tint?


Apa itu oil tint?

Oil tint merupakan salah satu jenis lip tint yang mengandung minyak di dalamnya sehingga memiliki kemampuan melembapkan yang tinggi dan tahan lama menempel di bibir meski setelah Anda makan atau minum. Dibandingkan dengan lip gloss, produk yang popularitasnya mulai meningkat ini sangat cocok untuk digunakan ketika Anda tidak bisa terlalu sering mengoleskan ulang riasan wajah.

Sekarang kami ingin menjelaskan poin-poin dalam memilih oil tint. Meskipun sesama oil tint, setiap produk bisa memiliki efek yang berbeda. Jadi, silakan gunakan artikel ini sebagai referensi dalam memilih oil tint yang paling tepat untuk Anda.

Pilih berdasarkan manfaat minyak yang terkandung


Pilih berdasarkan manfaat minyak yang terkandung

Sesuai namanya, oil tint merupakan produk dengan campuran minyak. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa jenis minyak yang digunakan bervariasi tergantung pada produknya. Ada banyak jenis minyak dengan manfaat yang berbeda, seperti minyak zaitun, minyak jojoba, minyak shea butter, minyak argan, minyak biji anggur, minyak kelapa, minyak aprikot, dan sebagainya.

Beberapa minyak memiliki efek pelembap yang sangat tinggi, sementara yang lain memiliki sifat mudah diserap kulit, dan ada juga yang memiliki efek melembutkan kulit. Silakan pilih produk yang mengandung campuran minyak dengan efek yang Anda inginkan.

Pilih berdasarkan teksturnya


Pilih berdasarkan teksturnya

Tekstur oil tint adalah poin penting yang perlu diperhatikan karena berkaitan dengan kenyamanan saat dipakai. Pada dasarnya, oil tint memiliki tekstur yang ringan dan tidak lengket. Namun, akan ada sensasi berbeda yang dirasakan untuk masing-masing produk ketika digunakan.

Apakah Anda menyukai sensasi yang berat atau ringan? Tekstur yang mulus atau terasa tebal di bibir? Tidak peduli sebagus apa dan sesuka apa Anda akan warna yang dihasilkan, Anda mungkin tidak akan meneruskan penggunaan lip tint tertentu jika produk tersebut tidak nyaman dipakai. Jadi sebaiknya cobalah mengoleskan testernya terlebih dahulu sebelum membeli.

Pilih berdasarkan bentuknya


Pilih berdasarkan bentuknya

Ada juga metode untuk memilih oil tint berdasarkan bentuknya sebagai kosmetik untuk poin pertimbangan. Oil tint umumnya tersedia dalam stick, tube, dan tipe bottle. Tipe stick berbentuk seperti lipstik atau lip cream yang dapat dioleskan langsung ke bibir dan diratakan dengan bantuan kuas bibir atau jari. Tipe tube adalah bentuk yang sering kita lihat pada lip gloss. Anda dapat mengoleskannya langsung ke bibir dan dapat diratakan dengan mudah.

Sementara itu, tipe bottle adalah jenis yang dapat dioleskan ke bibir dengan bantuan kuas, spatula, dan lainnya yang terpasang pada tutupnya. Tipe ini sering digunakan untuk lip gloss atau rouge cair. Anda bisa memilih tipe oil tint berdasarkan bentuk yang dirasa paling mudah digunakan.

Pilih berdasarkan pigmentasi warna


Pilih berdasarkan pigmentasi warna

Pigmentasi warna juga merupakan poin penting dalam memilih oil tint. Ada beberapa jenis oil tint yang memiliki pigmentasi warna yang kuat sehingga dapat digunakan sebagai pengganti lipstik. Ada juga jenis produk yang warnanya bening dan alami.

Jika Anda mengoleskan riasan bibir dengan oil tint saja, pilihlah jenis yang memiliki pigmentasi warna yang baik dan kuat. Sedangkan jika Anda menggunakan oil tint sebagai finishing setelah memoleskan lipstik atau lip gloss sebagai dasarnya, sebaiknya Anda memilih jenis yang memiliki warna lembut dan bening.

Untuk bibir sensitif, periksa kandungan bahannya dengan teliti


Untuk bibir sensitif, periksa kandungan bahannya dengan teliti

Memeriksa bahan kandungan suatu produk merupakan poin penting yang harus Anda lakukan sebelum membeli oil tint. Pastikan apakah produk yang Anda pilih mengandung bahan seperti etanol, paraben, aroma, penyerap ultraviolet, dan lainnya atau tidak. Bagi Anda yang memiliki bibir sensitif dan rentan mengalami iritasi, disarankan untuk selalu memeriksa keterangan kandungan bahan pada kemasannya sebelum membeli suatu produk.