Bagaimana tips memilih masker wajah untuk pria?

memilih masker wajah untuk pria

Bagaimana tips memilih masker wajah untuk pria?

Masker wajah merupakan salah satu jenis skincare yang banyak digemari oleh banyak orang. Tidak hanya wanita, kaum pria pun banyak yang memakai masker wajah untuk menjaga penampilan. Oleh karena itu, saat ini ada banyak produk masker wajah yang khusus diformulasikan untuk kulit wajah pria.

Memilih masker wajah tidak boleh asal. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan cara tepat memilih masker wajah untuk pria.

Mengapa pria juga perlu menggunakan masker wajah?


Mengapa pria juga perlu menggunakan masker wajah?

Polusi, debu, dan sinar UV merupakan faktor yang dapat merusak kulit wajah. Oleh karena itu penting juga bagi pria untuk selalu merawat dan menjaga kesehatan wajah. Wajah yang tidak terawat sangat rentan timbul masalah kulit seperti jerawat, kulit kusam, bintik hitam, dan keriput. Apalagi jika Anda tergolong pria yang aktif melakukan kegiatan outdoor, tentunya Anda memerlukan perawatan ekstra.

Salah satu cara mudah untuk merawat dan mengatasi berbagai masalah di kulit wajah tersebut adalah dengan rutin menggunakan masker wajah. Saat ini ada berbagai jenis masker wajah khusus pria dengan kualitas dan manfaat yang sangat baik.

Masker wajah juga terbukti dapat memberikan manfaat bagi wajah seperti menghilangkan jerawat, mencerahkan wajah, hingga melawan tanda-tanda penuaan. Cara penggunaannya yang praktis dan harganya yang cukup terjangkau membuat produk skin care ini layak untuk Anda coba.

Banyaknya masker wajah dengan berbagai keunikan tentunya membuat Anda bingung saat memilih. Untuk itu, berikut ini kami akan menjelaskan poin-poin yang dapat Anda jadikan acuan dalam memilih masker wajah untuk pria. Jadi, bacalah ulasan berikut dengan saksama!

Pilih berdasarkan fungsinya


Saat memilih masker wajah, sebaiknya cek terlebih dahulu fungsi dari masker tersebut. Dengan demikian, efek yang Anda harapkan dapat lebih optimal.

1. Untuk mengatasi jerawat dan komedo, pilih yang mengandung anti-acne

Untuk mengatasi jerawat dan komedo, pilih yang mengandung anti-acne

Jerawat dan komedo merupakan masalah yang paling sering muncul pada kulit wajah, tidak terkecuali pada pria. Apalagi jika Anda memiliki kulit wajah berminyak, risiko munculnya jerawat akan semakin besar. Jika Anda termasuk salah satunya, sebaiknya pilih masker wajah yang mengandung anti-acne.

Kandungan anti-acne seperti salicylic acid dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi minyak berlebih. Ada juga produk dengan kandungan alami yang efektif mengatasi jerawat seperti witch hazel, tea tree oil, dan ekstrak bambu. Bahan-bahan alami tersebut memiliki sifat yang ringan sehingga aman untuk Anda yang memiliki kulit sensitif.

2. Untuk mengatasi kulit kering, pilih yang mengandung moisturizer

Untuk mengatasi kulit kering, pilih yang mengandung moisturizer

Kulit wajah yang kering memiliki permukaan yang cenderung kasar. Tidak sedikit pula kulit wajah yang kering sering mengalami iritasi bahkan terjadi pengelupasan. Untuk itu, kami sarankan untuk memilih produk yang mengandung moisturizer. Kandungan moisturizer ini sangat baik untuk mengunci kadar air pada kulit. Alhasil, kulit akan bebas dari dehidrasi.

Permukaan kulit yang terasa kasar juga merupakan salah satu ciri-ciri kulit wajah yang kering. Kandungan moisturizer ini juga dapat berperan untuk menghaluskan permukaan kulit wajah. Adapun kandungan moisturizer yang sering terkandung pada masker wajah antara lain glycerin, vitamin E, dan sodium hyaluronate.

3. Untuk mengatasi tanda-tanda penuaan dini, pilih yang mengandung anti-aging

Untuk mengatasi tanda-tanda penuaan dini, pilih yang mengandung anti-aging

Apakah Anda memiliki garis-garis halus atau bintik hitam di wajah Anda? Hal tersebut bisa jadi merupakan tanda-tanda penuaan dini. Untuk itu, sebaiknya pilih masker dengan kandungan anti-aging. Kandungan anti-aging ini dapat menunjang regenerasi sel kulit sehingga tanda-tanda penuaan dini dapat teratasi.

Untuk melawan tanda-tanda penuaan dini, Anda dapat memilih masker dengan kandungan anti-aging yang sudah terkenal ampuh seperti collagen dan ceramide. Kedua bahan tersebut sangat efektif dalam meremajakan kulit sehingga kulit menjadi lebih halus, kenyal, dan segar.

4. Untuk mencerahkan wajah, pilih yang mengandung whitening

Untuk mencerahkan wajah, pilih yang mengandung whitening

Warna kulit wajah tidak merata, kusam, dan gelap bisa jadi diakibatkan oleh paparan sinar UV dan polusi. Apabila Anda mengalami problem tersebut, sebaiknya pilih masker dengan kandungan whitening. Anda dapat memilih produk dengan kandungan whitening seperti licorice, ekstrak teh hijau, dan ekstrak bambu. Kandungan-kandungan tersebut memiliki efek mencerahkan kulit yang baik dan dapat mencegah pigmentasi penyebab kulit gelap.

Pilih berdasarkan jenisnya


Setiap jenis masker memiliki keunggulan tersendiri. Pada poin berikut ini kami akan membagi jenis masker ke dalam dua ketegori umum yaitu sheet mask dan masker krim.

1. Sheet mask, untuk perawatan wajah yang cepat dan praktis

Sheet mask, untuk perawatan wajah yang cepat dan praktis

Masker jenis sheet mask ini terbuat dari kain berpori yang bentuknya disesuaikan dengan kontur wajah. Masker jenis ini juga kaya akan essence yang mengandung berbagai bahan aktif. Selain itu, waktu penggunaan masker jenis ini juga relatif singkat yaitu sekitar sepuluh hingga dua puluh menit saja.

Terbuat dari bahan kain yang lembut serta memiliki kandungan yang relatif ringan, masker jenis ini ramah untuk hampir semua jenis kulit. Selain itu, kemasannya yang praktis, sekali pakai, dan tanpa bilas, membuatnya sesuai untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk perawatan wajah.

2. Masker krim, untuk perawatan wajah yang intensif

Masker krim, untuk perawatan wajah yang intensif

Apabila Anda sering menggunakan masker wajah dan ingin rutin melakukan perawatan wajah, masker jenis krim adalah yang paling sesuai. Masker jenis ini biasanya memiliki kemasan dan isi yang dapat digunakan secara berulang-ulang. Selain itu, masker jenis ini memiliki berbagai jenis varian, mulai dari yang perlu dibilas hingga yang tidak perlu dibilas setelah dioles ke wajah.

Sekarang juga sudah banyak dijual masker krim jenis peel off yang setelah mengering dapat dikupas seperti karet. Jenis masker ini biasanya baik untuk mengangkat kotoran secara maksimal. Ada juga masker jenis krim khusus untuk malam hari atau sleeping mask. Sleeping mask ini memiliki tekstur yang ringan dan tidak perlu dibilas sehingga tidak akan mengganggu tidur Anda.