Bagaimana tips memilih masker wajah untuk kulit berminyak?

Bagaimana tips memilih masker wajah untuk kulit berminyak?

Untuk yang memiliki kulit berminyak membutuhkan rangkaian perawatan kulit agar produksi minyak di wajah tidak berlebih. Salah satu skincare yang bisa membantu adalah masker.

Bagaimana tips memilih masker wajah untuk kulit berminyak?

Wajah yang penuh dengan kilap minyak memang kurang elok untuk dilihat. Untuk itu, Anda membutuhkan rangkaian perawatan kulit agar produksi minyak di wajah tidak berlebih. Salah satu skincare yang bisa membantu adalah masker. Namun, masker seperti apa yang cocok untuk pemilik kulit wajah berminyak?

Di bawah ini karena kami akan memberikan tips memilih masker yang pas untuk kulit berminyak agar Anda lebih mudah dalam memilih.

Jangan sampai salah memilih masker agar tidak membuat kulit wajah Anda makin berminyak. Berikut ini adalah tips memilih masker wajah untuk kulit berminyak. Silakan disimak hingga tuntas.

Pilih jenis masker yang sesuai untuk kulit berminyak


Tidak semua masker dirancang untuk kulit berminyak. Ada 2 jenis masker yang dapat Anda pilih untuk kulit berminyak, clay mask dan peel off mask. Seperti apa karakteristik kedua masker tersebut? Simak penjelasan kami selanjutnya.

1. Clay mask, ampuh serap minyak berlebih

Clay mask, ampuh serap minyak berlebih

Clay mask terbuat dari abu vulkanik atau endapan mineral. Kandungannya kaya akan mineral sehingga dapat membantu membersihkan pori-pori wajah.

Masker ini bersifat sebagai drying agent sehingga mampu menyerap minyak berlebih. Jika Anda memiliki permasalahan kulit berminyak, clay mask merupakan jenis masker yang paling tepat.

Anda cukup mengoleskan clay mask secara tipis-tipis pada wajah, lalu tunggu sampai mengering. Hindari menunggu hingga overdried karena akan membuat kulit terasa tidak nyaman dan menjadi sangat kering. Terakhir, bilas masker sampai bersih dan tidak ada yang sisa-sisa tertinggal.

Akan tetapi, penggunaannya tidak boleh terlalu sering karena dapat membuat kulit Anda menjadi sangat kering. Cukup gunakan 1-2 kali dalam seminggu agar kulit Anda tetap terjaga kelembapannya.

2. Peel off mask, membersihkan pori secara mendalam

Peel off mask, membersihkan pori secara mendalam

Peel off mask adalah jenis masker yang cara membersihkannya bukan dengan menggunakan air. Untuk membersihkannya, Anda hanya perlu mengelupas lapisan masker yang sebelumnya telah dioleskan dan telah menjadi kenyal. Masker ini bermanfaat untuk mengangkat kotoran pada pori-pori sekaligus mengurangi produksi minyak berlebih.

Sama seperti penggunaan clay mask, Anda tidak boleh terlalu sering menggunakan peel off mask. Penggunaan yang terlalu sering dapat membuat kulit Anda mengalami iritasi.

Perhatikan kandungan bahan yang dapat serap minyak berlebih


Perhatikan kandungan bahan yang dapat serap minyak berlebih

Bahan utama dari clay mask adalah kaolin yang bermanfaat untuk mengontrol minyak berlebih dan membersihkan kotoran. Namun, selain itu masih ada bahan lainnya yang dapat membantu menyerap minyak berlebih. Salah satunya adalah charcoal yang banyak digunakan dalam produk kecantikan. Charcoal juga dapat menyerap minyak berlebih, serta mengangkat kotoran pada pori-pori. Di samping itu, ada kandungan sulfur yang bermanfaat untuk menyerap minyak berlebih pada wajah Anda.

Anda juga dapat memilih masker yang mengandung tea tree oil. Tea tree oil didapatkan dari daun Melaleuca alternifolia. Ekstrak ini bermanfaat untuk mengontrol produksi minyak pada kulit wajah Anda.

Ingatlah untuk menghindari bahan yang dapat membuat kulit Anda makin berminyak. Masker yang mengandung mineral oil atau minyak lainnya, seperti sunflower oil dan canola oil, dapat menyumbat pori-pori sehingga bisa membuat kulit wajah makin berminyak.

Periksa kandungan untuk permasalahan kulit lainnya


Periksa kandungan untuk permasalahan kulit lainnya

Kulit berminyak membuat penumpukan kotoran di pori-pori jadi makin banyak. Kondisi ini dapat membuat kulit Anda menjadi berjerawat. Untuk itu, Anda dapat memilih masker yang mengandung tea tree oil, witch hazel, salicylic acid, dan lemon. Bahan-bahan tersebut dapat membantu mengurangi inflamasi karena jerawat, serta mencegah jerawat datang kembali.

Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak sekaligus sensitif, perhatikan bahan-bahan di dalamnya. Pastikan produk tersebut bebas paraben, mineral oil, pewangi, dan pewarna tambahan. Bahan-bahan tersebut mungkin saja membuat kulit Anda makin teriritasi. Pilihlah masker yang terbuat dari bahan alami agar tidak menimbulkan alergi.

Pastikan keamanan produk pilihan Anda


Pastikan keamanan produk pilihan Anda

Dalam menentukan produk perawatan wajah, sebisa mungkin pilihlah yang terbukti aman. Anda dapat memeriksa keamanan produk dengan mengecek sertifikasi dari BPOM. Produk yang telah tersertifikasi tentu telah terjamin tidak berbahaya untuk kulit Anda.

Namun, ada beberapa produk impor yang belum mendapatkan sertifikasi BPOM. Sebelum membeli produk tersebut, ada baiknya Anda membaca ulasan produk. Dengan begitu, Anda bisa lebih mengetahui kualitas dan keamanan produk saat digunakan.