Bagaimana tips memilih lip plumper?

Lip plumper

Lip plumper adalah kosmetik yang bisa berupa gel, lipstik, lipgloss , tint , atau balsem mengandung bahan tertentu untuk mempertebal dan memerahkan bibir agar tampak penuh menggoda.

Bagaimana tips memilih lip plumper?

Bibir penuh ala Kylie Jenner makin banyak disukai di kalangan wanita. Jangan khawatir, Anda juga dapat memiliki bibir sexy tersebut dengan cara instan dan lebih aman. Lip plumper adalah jawaban untuk bibir lebih cepat sexy dengan risiko yang minim. Hasil akhirnya pun glossy menggoda.

Berbagai produk lip plumper dapat Anda temui di pasaran, seperti Dior, Revlon, GlamGlow, dan BarryM. Namun, mungkin Anda kebingungan memilih produk yang tepat.

Lip plumper, bikin bibir lebih penuh dalam waktu singkat


Lip plumper, bikin bibir lebih penuh dalam waktu singkat

Bibir yang penuh dan berwarna merah menjadi impian sebagian wanita. Namun, operasi plastik dan filler bibir dianggap memiliki risiko yang tinggi. Produk lip plumper hadir untuk memberikan efek yang lebih instan, serta minim risiko.

Lip plumper memiliki berbagai bentuk, mulai dari lipstik, lip gloss, hingga lip balm. Produk ini bekerja dengan cara meningkatkan aliran darah pada bibir. Di samping itu, ada juga beberapa produk yang cara kerjanya adalah dengan mengiritasi bibir agar tampak lebih tebal. Bahan yang biasa digunakan dalam lip plumper adalah kayu manis, menthol, dan capsaicin.

Beberapa produk akan memberikan efek gatal. Rasanya memang tidak nyaman, tetapi hal ini merupakan tanda bahwa formulanya sedang bekerja. Lip plumper biasanya memberikan hasil akhir glossy untuk menonjolkan tebalnya bibir.

Melihat efeknya yang bekerja dengan cara mengiritasi bibir, tentu lip plumper tidak aman untuk digunakan setiap hari. Bibir Anda tidak akan dapat beregenerasi jika menggunakan produk ini secara terus menerus setiap hari. Akibatnya, bibir bisa menjadi kering. Menggunakannya setiap hari juga membuat efektivitas produk berkurang. Karena itu, gunakanlah pada saat tertentu saja agar bibir tetap terawat dan efeknya tetap bekerja.

Penggunaannya cukup mudah. Hanya dengan dioleskan dan didiamkan beberapa saat, bibir pun jadi tampak merah dan menebal. Menurut dokter kulit Patricia Farris, MD, dari Fakultas Kedokteran Universitas Tulane di Amerika Serikat, setelah plumper dioleskan, aliran darah akan meningkat menuju bibir.

Aliran darah ekstra inilah yang membuat bibir Anda akan tampak bengkak dan kemerahan, sehingga efeknya sama seperti setelah makan makanan pedas. Efek glossy yang dihasilkan plumper jenis gloss atau tint juga bisa mempertegas tebalnya “bibir baru” Anda.

Hal terpenting yang harus Anda ingat, hentikan penggunaan jika terjadi reaksi alergi. Jangan sampai bibir Anda dan kulit di sekitarnya menjadi rusak demi mendapatkan bibir yang sexy.

Untuk mendapatkan bibir yang terlihat berisi, Anda perlu memperhatikan berbagai hal saat memilih lip plumper. Agar tidak salah memilih, kami akan merangkum tipsnya untuk Anda dalam poin berikut ini.

Perhatikan kandungan bahan aktifnya


Anda tentu menginginkan hasil yang maksimal ketika menggunakan lip plumper. Bahan-bahan alami, seperti cinnamon, capsaicin, caffeine, jahe, menthol, dapat membuat bibir terlihat lebih penuh dengan cara mengiritasinya. Sementara itu, niacin digunakan untuk meningkatkan aliran darah pada bibir.

Bibir yang terlihat lebih berisi juga dapat dicapai jika produksi kolagen meningkat. Bahan seperti palmitoyl oligopeptides berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen dan elastin sehingga bibir terlihat lebih padat dan segar.

Ada juga molekul kecil bernama microspeheres yang memberikan efek plumping dengan cara menyerap air dari tubuh Anda, lalu dialihkan pada bibir Microsphere didapatkan dari molekul marine collagen yang dikeringkan.

Lip plumper juga mengandung hyaluronic acid yang berfungsi untuk menarik air dari udara sehingga bibir Anda terlihat lebih lembap. Sama seperti palmitoyl oligopeptides, hyaluronic acid merangsang produksi kolagen sehingga bibir lebih elastis.

Periksa kandungan bahan yang dapat melembapkan


Periksa kandungan bahan yang dapat melembapkan

Anda akan merasakan sensasi tergelitik atau tertusuk-tusuk ketika menggunakan lip plumper. Efek tersebut memang efek yang biasa terjadi karena bahan aktifnya sedang bekerja mengiritasi kulit.

Agar bibir Anda tetap sehat setelah menggunakan lip plumper, perhatikan kandungan bahan yang bisa menutrisi sekaligus melembapkan bibir. Kandungan jojoba oil, avocado oil, dan coconut oil membantu melembapkan dan menutrisi bibir Anda ketika proses plumping sedang berlangsung. Vitamin E juga menjaga agar bibir Anda tidak pecah-pecah setelah menggunakan lip plumper.

Berbagai bentuk lip plumper


Berbagai bentuk lip plumper

Lip plumper dapat berbentuk lip gloss, lip balm, dan lipstik. Bentuk lip balm dan lipstik lebih mudah untuk dibawa ke mana saja karena ukurannya lebih kecil. Mengaplikasikan lip plumper dalam bentuk lip balm dan lipstik juga lebih mudah karena tidak memerlukan applicator.

Anda juga dapat menggunakan bentuk lip gloss. Bentuk ini merupakan lip plumper yang paling banyak Anda temui di pasaran. Bentuk applicator-nya yang ramping membantu Anda menjangkau sudut bibir agar seluruh bibir dapat merasakan efek yang merata. Pilih bentuk yang paling nyaman untuk Anda gunakan, ya.

Pilih warna yang Anda sukai


Pilih warna yang Anda sukai

Ada 2 jenis lip plumper, tanpa warna atau dengan tambahan warna. Lip plumper tanpa warna akan lebih menunjukkan warna alami bibir Anda.

Jika Anda ingin sekaligus mendapat efek menggunakan riasan bibir, pilihlah lip plumper dengan berbagai pilihan warna. Anda akan mendapatkan efek menggunakan riasan bibir dengan bentuk bibir yang lebih penuh.

Pilihlah warna yang cocok dengan warna kulit Anda. Bagi Anda yang memiliki kulit terang, Anda dapat memilih warna apa saja sesuai dengan mood atau outfit Anda. Namun, hindari memilih warna-warna nude karena akan membuat kulit Anda tampak pucat.

Apabila kulit Anda cenderung gelap, pilihan warna yang bold agar kulit Anda terlihat lebih cerah. Anda juga dapat memilih warna nude.

Pastikan keamanan produknya


Pastikan keamanan produknya

Memilih kosmetik tentu harus berhati-hati. Jangan sampai lip plumper pilihan Anda membuat bibir menjadi alergi. Sebelum memilih, pastikan terlebih dahulu keamanan produk tersebut. Salah satu caranya adalah dengan mengecek sertifikasi BPOM-nya. Produk yang terdaftar di BPOM tentu telah dipastikan tidak mengandung bahan yang berbahaya untuk digunakan.

Kebanyakan produk lip plumper datang dari luar negeri. Jika produk yang ingin Anda beli tidak terdaftar di BPOM, cari tahu keamanan produk melalui ulasan pembeli. Pastikan produk tersebut bermanfaat, serta tidak memberikan efek buruk bagi bibir.