Bagaimana tips memilih lip balm untuk pria?

Bagaimana tips memilih lip balm untuk pria?

Bibir merupakan bagian wajah yang paling sering dilupakan perawatannya, apalagi oleh para pria. Hal ini menyebabkan bibir menjadi cepat kering, pecah-pecah, iritasi, serta menghitam.

Bagaimana tips memilih lip balm untuk pria?

Bibir merupakan bagian wajah yang paling sering dilupakan perawatannya, apalagi oleh para pria. Hal ini menyebabkan bibir menjadi cepat kering, pecah-pecah, iritasi, serta menghitam. Anda dapat mengembalikan kelembutan serta kekenyalan bibir Anda menggunakan lip balm.

Mungkin Anda bingung produk lip balm mana yang pas untuk pria. Tenang saja karena kami akan memberikan tips memilih lip balm untuk para pria.

Memilih produk perawatan kulit merupakan hal yang paling jarang dilakukan para pria. Oleh karena itu, kami akan membantu Anda dalam memilih lip balm yang pas. Berikut ini adalah berbagai tips dari kami agar Anda mendapatkan produk yang sesuai.

Perhatikan kandungan dalam lip balm


Lip balm tidak hanya memberikan kelembapan pada bibir, tetapi juga dapat melindungi serta meredakan iritasi. Tentang bahan-bahan tersebut akan kami jelaskan pada poin di bawah ini.

1.Berbagai pelembap yang terdapat dalam lip balm

Berbagai pelembap yang terdapat dalam lip balm

Lip balm memang dirancang untuk memberikan kelembapan pada bibir. Namun, memeriksa kandungan bahannya juga merupakan hal yang cukup penting. Anda tidak boleh kelewatan poin yang satu ini ya.

Shea butter, avocado oil, jojoba oil, almond oil, dan Aloe vera merupakan bahan yang lazim ditemui dalam lip balm. Bahan-bahan alami tersebut memang berkhasiat untuk mengembalikan kelembapan bibir Anda. Selain bahan tersebut, petroleum jelly juga merupakan pilihan yang baik. Petroleum jelly juga cocok digunakan bagi pemilik bibir sensitif.

Jika bibir Anda cenderung sangat kering, pilihlah lip balm yang kaya akan kandungan pelembap. Hal tersebut dapat menolong mengembalikan kelembapan bibir Anda.

2. Kandungan SPF lindungi dari paparan sinar UV

Kandungan SPF lindungi dari paparan sinar UV

Selain bahan-bahan yang melembapkan, Anda dapat mempertimbangkan kandungan SPF dalam lip balm. Paparan sinar UV membuat bibir cepat keriput. Jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya pilihlah lip balm yang mengandung SPF. Di samping SPF, Anda juga dapat memilih lip balm yang mengandung vitamin E. Vitamin E berperan sebagai antioksidan yang melindungi bibir dari paparan radikal bebas.

3. Kandungan yang meredakan iritasi pada bibir

Kandungan yang meredakan iritasi pada bibir

Tidak hanya kering, Anda bisa saja mengalami iritasi pada bibir. Kandungan eucalyptus dalam lip balm dapat membantu menenangkan bibir yang iritasi. Selain eucalyptus, menthol juga dapat membuat bibir sejuk sehingga tidak terasa sakit maupun gatal.

Anda juga dapat memilih kandungan petroleum jelly untuk bibir yang iritasi. Pilihlah kandungan petroleum jelly murni yang bebas dari campuran lainnya agar tidak memperparah iritasi.

Pilih lip balm dengan warna natural


Pilih lip balm dengan warna natural

Sebagai pria, tentu Anda tidak ingin terlihat seperti menggunakan kosmetik. Pilihlah lip balm yang colorless agar Anda tidak tampak menggunakan riasan. Ada banyak lip balm tanpa warna yang dapat Anda temui di pasaran untuk melembapkan bibir Anda.

Namun, jika Anda menginginkan sedikit warna agar tampak lebih segar, pilihlah warna yang natural. Warna coral atau pink dapat Anda pilih untuk bibir tampak lebih sehat dan segar. Pilihan warna ini cocok digunakan jika Anda memiliki warna bibir yang cenderung gelap.

Lip balm yang bermanfaat untuk melembapkan sering kali membuat tampilan bibir lebih berkilau atau glossy. Jika Anda merasa tidak nyaman dengan hasil akhir tersebut, Anda dapat memilih lip balm yang tidak menimbulkan efek glossy. Bibir Anda akan tetap terjaga kelembapannya tanpa efek berkilau.

Pilih bentuk lip balm yang praktis digunakan


Pilih bentuk lip balm yang praktis digunakan

Kepraktisan merupakan hal yang tidak boleh dilupakan ketika memilih lip balm. Pilihlah lip balm dalam bentuk stick agar Anda lebih mudah mengaplikasikannya. Bentuk stick yang berukuran kecil dan ramping juga mudah dibawa kemana saja. Anda dapat memasukkannya ke dalam tas maupun ke dalam saku celana Anda. Lip balm dalam bentuk stick juga lebih higienis karena Anda tidak membutuhkan aplikator untuk menggunakannya.

Selain bentuk stick, Anda dapat menemui lip balm yang dijual dalam kemasan jar. Lip balm dalam bentuk ini tentu isinya lebih banyak. Namun, lip balm bentuk ini kurang praktis untuk digunakan karena Anda harus mengoleskannya menggunakan jari atau aplikator lainnya. Anda dapat menggunakan tipe yang satu ini ketika sedang di rumah.

Perhatikan keamanan produknya


Perhatikan keamanan produknya

Anda tentu tidak ingin membeli produk sembarangan dan berujung dengan bibir yang menjadi rusak. Anda perlu memperhatikan keamanan produk tersebut. Memeriksa bahwa produk tersebut telah terdaftar pada situs BPOM cukup menjamin keamanannya. Produk tersebut sudah teruji aman digunakan dan tidak mengandung bahan yang berbahaya.

Namun, ada beberapa produk impor yang belum terdaftar di BPOM. JIka Anda berniat membeli produk tersebut, pastikan produknya berasal dari produsen yang sudah tepercaya. Bacalah ulasan produk tersebut terlebih dahulu agar Anda terhindar dari bahan yang berbahaya.

Cara menggunakan lip balm agar efeknya lebih maksimal


Cara menggunakan lip balm agar efeknya lebih maksimal

Mungkin Anda berpikir bahwa menggunakan lip balm adalah seperti menggunakan lipstik, yaitu mengoleskannya secara horizontal. Namun, ternyata menggunakan lip balm adalah dengan mengikuti garis bibir Anda secara vertikal. Oleskan secara lembut mengikuti garis bibir dan biarkan formulanya menyerap dengan sempurna.

Jika Anda memiliki bibir yang kering, sebaiknya lakukan eksfoliasi terlebih dahulu agar bibir Anda bersih dari kulit mati. Setelah itu, Anda dapat menggunakan lip balm untuk melembapkan bibir Anda.

Selain menggunakan lip balm, konsumsilah air mineral secara rutin. Kelembapan bibir Anda akan kembali terjaga jika konsumsi air mineral Anda sudah tercukupi dengan baik. Apalagi jika Anda tinggal di daerah yang kering. Hindari pula merokok karena merokok membuat bibir Anda gelap dan tidak sehat.